4 Tips Dampingi Anak Belajar, Bikin Semangat dan Gak Cepat Bosan

Ilustrasi anak belajar.
Sumber :
  • Freepik/bristekjegor

VIVA – Meski pembelajaran tatap muka sudah kembali dilaksanakan, tapi peran orangtua dalam mendampingi anak belajar di rumah tidak serta merta hilang.

Heboh Uang Jajan Anak Artis, Arie Untung dan Fenita Arie Terapkan Kesederhanaan

Karenanya, orangtua perlu memfasilitasi anak dalam belajar agar tetap optimal dalam memahami pelajaran. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam mendukung anak belajar di rumah dilansir Times of India.

Rencanakan rutinitas anak

Bingung Cari Sekolah Terbaik? Wujudkan Masa Depan Cerah Buah Hati di Kinderfield - Highfield School

Menjadi teratur dan membangun rutinitas adalah hal penting dalam belajar. Seimbangkan antara belajar akademik dan keterampilan, dan buat susana belajar yang menyenangkan.

Buat ruang belajar khusus

Catatan Pencapaian Program Merdeka Belajar dalam Pendidikan di Indonesia

Tanpa ruang belajar, akan sulit bagi anak untuk fokus dan berkonsentrasi. Penting bahwa anak-anak punya tempat yang disediakan khusus di mana mereka bisa mengerjakan tugas atau PR dari guru.

Dorong anak untuk bertanya dan mengekspresikan

Untuk meningkatkan belajar anak, Anda juga harus membiarkan mereka bertanya. Mungkin saja anak Anda punya banyak pertanyaan dan tanggapan terhadap situasi saat ini. Melakukan hal itu akan menstimulasi rasa penasaran mereka yang pada akhirnya bisa membantu proses belajar mereka.

Beri waktu istirahat

Jangan paksakan anak untuk terus menerus belajar. Hal itu akan membuat mereka tidak tertarik dan mempengaruhi belajar mereka seterusnya. Biarkan mereka beristirahat dan berikan mereka camilan kesukaan.

Danone SN Indonesia melalui SGM Eksplor dari generasi ke generasi terus melakukan berbagai inisiatif dalam mendukung semua anak di Indonesia dapat memiliki akses untuk menjadi Anak Generasi Maju. Guna mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul, infrastruktur sekolah merupakan salah satu penunjang proses pendidikan dan pembelajaran yang harus diperhatikan. Terutama di masa pandemi ini, dukungan akses pendidikan sangat penting untuk menjadi perhatian bersama.

Karenanya, SGM Eksplor bekerja sama dengan Indomaret menyalurkan dukungan pendidikan berupa renovasi sekolah dan beasiswa bagi anak-anak di 8 kabupaten. Program  kolaborasi SGM Eksplor bersama Indomaret merupakan rangkaian gerakan sosial “#AyoTunjukTangan”.

Bantuan pendidikan dari donasi konsumen yang membeli  produk SGM Eksplor pada 18 Agustus hingga 15 September 2021 di  gerai Indomaret dan aplikasi Klik Indomaret disalurkan untuk renovasi 8 gedung sekolah dan bantuan  dana pendidikan 800 siswa di 8 kabupaten. Kedelapan kabupaten  yaitu  Lampung Utara, Kapuas Timur, Buleleng, Serang,  Kutai Barat, Deli Serdang, Labuhan Batu dan Kolaka.

Selain itu, disalurkan 5.500 Modul Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Luring Tingkat SD untuk beberapa kabupaten/kota yang tergolong terdepan, terluar, dan tertinggal  di Indonesia, yaitu Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur; Kutai Barat, Kalimantan Timur dan  Kepulauan Tanimbar, Maluk, Deli Serdang,  Labuhan Batu dan  Kolaka.

"Kami percaya bahwa setiap anak Indonesia bisa menjadi generasi penerus untuk kemajuan bangsa. Namun, untuk mewujudkan hal tersebut, perlu dukungan agar dapat memastikan setiap anak Indonesia dapat memperoleh akses pendidikan sebagai fondasi untuk mencapai kemajuan dan potensi maksimal mereka,” ujar Sales Director Danone Specialized Nutrition Indonesia, Lee Meng Thoong dalam keterangan tertulisnya.

Kolaborasi dengan SGM Eksplor dalam upaya memberikan dukungan akses pendidikan bagi anak-anak Indonesia disambut baik Marketing Director PT Indomarco Prismatama, Darmawie Alie.  “Penyaluran bantuan untuk daerah yang membutuhkan perhatian diharapkan berdampak positif. Infrastruktur sekolah yang memadai akan memajukan kualitas siswanya,” ujar Darmawie Alie.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya