Rapid Test COVID-19 Mungkin Beracun, Bahaya Terpapar Si Kecil

Ilustrasi virus corona/COVID-19.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Di tengah pandemi COVID-19, rupanya ada bahaya lain yang mengintai tanpa disadari. Salah satunya, dengan adanya alat tes COVID-19 yang bisa menjadi sumber zat kimia berbahaya apabila terpapar pada si kecil.

Salat Id di Masjid Agung Al-Azhar, JK Ngaku Senang Lebaran Kali Ini Ramai

Dikutip dari laman The Health Site, Jumat, 11 Februari 2022, protein virus (antigen) yang terkait dengan virus COVID-19 dapat dideteksi menggunakan tes diagnostik cepat (RDT) dengan sampel saluran pernapasan seseorang. Ini memastikan diagnosis yang cepat dan akurat, dan CDC telah menyetujui penggunaannya. 

Dalam beberapa alat tes cepat COVID-19, botol kecil cairan "reagen" mengandung natrium azida. Itu adalah racun kuat yang sangat berbahaya bagi anak kecil dan para ahli memperingatkan para orangtua untuk waspada. Bahkan ada peringatan dari FDA dalam sebuah dokumen mengenai efek berbahaya natrium azida pada alat tes cepat COVID. 

2 Keuntungan Bisa Didapat Konsumen dari Konsep Ini

"Reagen mengandung natrium azida, yang berbahaya jika terhirup, tertelan, atau terkena kulit. Kontak dengan asam menghasilkan gas yang sangat beracun. Jika terjadi kontak dengan kulit, segera cuci dengan banyak air. Natrium azida dapat bereaksi dengan timbal dan pipa tembaga untuk membentuk azida logam yang sangat eksplosif," tulis peringatan itu.

Apa Itu Natrium Azida?

Restrukturisasi Kredit Berakhir, Bank Mandiri: Kondisi Debitur Terdampak COVID-19 Kembali Normal

Ilustrasi virus corona/COVID-19.

Photo :
  • Freepik/freepik

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, natrium azida adalah padatan putih tidak berbau yang memiliki bahan kimia yang bekerja cepat dan mungkin mematikan. Ketika dicampur dengan air atau asam, natrium azida berubah dengan cepat menjadi gas beracun dengan bau yang menyengat (tajam).

Ia juga berubah menjadi gas beracun (asam hidrazoat) ketika bersentuhan dengan logam padat (misalnya, ketika itu dituangkan ke dalam pipa pembuangan yang mengandung timbal atau tembaga).

Gejala yang Harus Diwaspadai

Ilustrasi COVID-19/virus corona

Photo :
  • Freepik

Dr Kelly Johnson-Arbor, Co-Medical Director dari National Capital Poison Center di Washington, D.C., mencatat bahkan dosis kecil dapat dengan cepat menyebabkan tekanan darah rendah yang berbahaya, pusing, pingsan, atau bahkan serangan jantung atau stroke pada orang dewasa.

Para peneliti melaporkan dalam The American Journal of Emergency Medicine bahwa jumlah yang lebih tinggi dapat mematikan. Kadar natrium azida dalam alat tes cepat Covid-19 tidak selalu cukup tinggi untuk menyebabkan tekanan darah rendah pada orang dewasa, dan alat uji iHealth pemerintah tidak mengandung natrium azida apa pun.

"Namun, karena anak-anak biasanya jauh lebih kecil daripada orang dewasa, mereka berisiko lebih tinggi mengalami efek beracun setelah menelan berapa pun jumlahnya," katanya.

Paparan yang tidak disengaja terhadap cairan reagen telah dilaporkan ke pusat kendali racun.

"Beberapa orang telah menelan larutan tersebut, beberapa telah menumpahkannya ke kulit mereka, dan yang lain menaruhnya di mata mereka," salah mengira botol itu sebagai obat tetes mata, kata Johnson-Arbor. 

"Jika Anda atau orang yang Anda cintai menelan cairan reagen atau mendapatkan cairan di mata atau kulit mereka, hubungi Poison Control segera."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya