Kemenkes: Kasus Positif COVID-19 Anak Naik, Angka Perawatan RS Rendah

Anak memakai masker
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Kasus positif COVID-19 di Indonesia mengalami peningkatan pada Selasa 15 Februari 2022. Tercatat ada  57.049 kasus terkonfirmasi dilaporkan. Dari peningkatan kasus terkonfirmasi COVID-19 di Indonesia, kasus COVID-19 pada anak-anak juga mengalami peningkatan.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

"Kasus anak secara absolut terjadi peningkatan karena kasus jumlah meningkat," kata Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi, dalam virtual conference Rabu 16 Februari 2022.

Lebih lanjut diungkap Nadia, kasus konfirmasi COVID-19 pada anak di Indonesia memang mengalami peningkatan. Namun kata dia kasus perawatan anak yang terpapar COVID-19 di rumah sakit sangat kecil.

Pakar Kesehatan Mental Soroti Kondisi Sandra Dewi: Pasti Kena Mentalnya

"Angka perawatan di rumah sakit sangat kecil kurang dari 2 persen dari kasus anak sebesar 14 persen," kata Nadia.

Virus corona

Photo :
  • Times of India
Salat Id di Masjid Agung Al-Azhar, JK Ngaku Senang Lebaran Kali Ini Ramai

Menurut Nadia, kasus positif COVID-19 pada anak sendiri terjadi di lingkungan keluarga. Di mana anak banyak terpapar dari orang tua mereka yang terkonfirmasi positif COVID-19 gejala ringan atau bahkan tidak bergejala.

"Kita melihat juga beberapa anak banyak terpapar karena penularan di dalam keluarga, positif ortu yang karena tidak bergejala atau gejala ringan seperti flu biasa tidak dirasakan gejala covid," tutur Nadia.

Nadia melanjutkan, kebiasaan tidak menggunakan masker di rumah juga menjadi salah satu penyebab terjadinya kasus positif di lingkungan keluarga.

"Kita tau di rumah keluarga jarang menggunakan masker sehingga penularan kepada anak menjadi besar," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya