Tanda-tanda Hamil 1 Minggu yang Sering Tak Disadari

Ilustrasi hamil/ibu hamil/USG.
Ilustrasi hamil/ibu hamil/USG.
Sumber :
  • Freepik/tirachardz

VIVA – Banyak ibu yang mungkin bertanya-tanya, apa saja tanda hamil 1 minggu yang terlihat? Saat hamil, ada perubahan-perubahan yang dirasakan seperti perubahan nafsu makan hingga morning sickness.

Namun, apakah benar gejala itu adalah tanda kehamilan? Tanda pertama kehamilan yang paling umum adalah periode menstruasi yang terlewat atau telat haid. Telat haid ini bisa ditentukan di sekitar minggu keempat kehamilan.

Di periode tersebut, Anda akan merasakan kram perut serta bercak darah, mual atau morning sickness hingga gejala awal kehamilan yang lain.

Karena itu, tanda hamil 1 minggu jarang disadari sebagian perempuan karena tanda-tandanya mirip dengan gejala menstruasi. Pada minggu pertama ini, jika kehamilan benar-benar terjadi, janin juga belum terbentuk dengan wujud pasti, yang jika di-USG sama sekali belum terlihat.

Meski minggu 1 adalah waktu yang terlalu awal untuk menyadari ada tidaknya kehamilan, tapi Anda tetap bisa mengantisipasi tanda-tanda hamil yang mungkin terjadi. Dilansir dari laman Medical News Today, berikut adalah tanda hamil 1 minggu yang bisa dirasakan.

Gejala kehamilan di minggu 1 berbeda pada setiap ibu dan kehamilan. Beberapa perempuan mungkin mengalami gejala seperti munculnya bercak flek darah atau sakit kepala selama minggu pertama kehamilan, namun beberapa perempuan tidak menunjukkan tanda-tanda sama sekali.

Ilustrasi tes kehamilan.

Ilustrasi tes kehamilan.

Photo :
  • U-Report