Cegah COVID-19, Ini Persiapan Si Kecil saat Bepergian

Ilustrasi ibu dan anak/parenting/bayi.
Sumber :
  • Freepik/gpointstudio

VIVA – Banyak negara telah memutuskan hidup berdampingan dengan COVID-19. Begitu juga Indonesia, meski tetap harus melaksanakan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan cuci tangan, serta vaksinasi yang digencarkan.

Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia, Intip Perjalanan Bisnis Mustika Ratu

Sebagai seorang ibu, ketika Anda merencanakan perjalanan bersama si kecil, paling pertama yang harus dilakukan adalah berkonsultasi dengan dokter anak Anda. Ini akan menjadi sumber informasi terbaik Anda. Dia akan memastikan Anda siap untuk merawat bayi Anda jika terjadi keadaan darurat.

Dokter anak Anda kemungkinan akan menyarankan pemeriksaan medis lengkap untuk bayi Anda sebelum mengizinkannya bepergian ke mana pun. Pastikan untuk menjaga mereka dalam lingkaran selama perjalanan Anda sehingga mereka dapat membimbing Anda dan membantu memikirkan ide-ide yang mungkin tidak Anda miliki.

Diduga Terganggu, Komika Usir Ibu Menyusui dan Bayinya saat Pertunjukkan

Banyak orangtua mungkin sudah berkonsultasi dengan mereka tentang perjalanan mereka. Ini berarti mereka sudah menyadari situasi dan memahami bagaimana membantu Anda dan menenangkan kekhawatiran Anda.

Bersihkan jok mobil

Cekcok dengan Istri, Seorang Pria di Surabaya Banting Bayinya yang Berusia 6 Hari

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Photo :
  • Istimewa

Jika Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan darat, ini akan sangat membantu. Meskipun Anda mungkin berpikir mendisinfeksi mobil dengan cara yang sama seperti permukaan mungkin cukup, itu mungkin tidak cukup dan akan merusak jok mobil Anda.

Mulailah dengan membersihkan dan mendisinfeksi jok mobil dengan deterjen ringan dan air. Jika seseorang yang telah dites virus telah terpapar mobil, lepaskan jok mobil setelah langkah pertama dan tutup jok dalam kantong plastik selama beberapa hari. Kenakan sarung tangan dan masker saat Anda menangani kursi mobil.

Cobalah untuk memarkir mobil di bawah sinar matahari selama beberapa hari untuk mengeluarkan udara dan menggunakannya setelahnya. Untuk mobil, gagang pintu, dan kemudi yang menggunakan disinfektan dan tisu sesering mungkin setelah keluar dari mobil untuk istirahat. Pastikan untuk mengemas tisu pembersih dan pembersih tangan, jadi Anda telah mendisinfeksi permukaan apa pun yang Anda paparkan pada bayi Anda.

Ketahui kebijakan maskapai

Jika Anda bepergian dengan pesawat, maka kemungkinannya ada yang kurang dari yang bisa Anda kendalikan. Anda dapat memastikan anak Anda aman selama bepergian ke luar negeri dengan membaca kebijakan maskapai sebelum membeli tiket.

Banyak maskapai penerbangan telah memperkenalkan kebijakan khusus untuk terbang dengan bayi, dan beberapa bahkan memiliki kebijakan baru karena wabah COVID-19. Beberapa kebijakan termasuk mengenakan masker, menjaga jarak sosial dengan pengaturan tempat duduk terpisah, dan tes COVID-19 sebelum Anda naik ke penerbangan. Anda mungkin juga diminta untuk menunjukkan sertifikasi atau dokumen untuk anak Anda dari dokternya untuk status kesehatan mereka.

Stroller bayi

Stroller

Photo :
  • Pixabay/ Matlachu

Untuk memastikan anak Anda seaman mungkin bagi Anda, Anda harus merencanakan, menyusun strategi, dan membuat daftar perbekalan yang Anda perlukan selama perjalanan. Dokter dan manajemen maskapai Anda akan dapat membantu Anda membuat rencana yang tidak meninggalkan kebutuhan bisnis yang terlewat!

Tidak mengherankan jika banyak keluarga yang sudah memutuskan untuk kembali berekreasi sembari mengajak si kecil jalan-jalan. Banyak juga yang mulai serius mempertimbangkan jalan-jalan bersama buah hati, entah itu ke luar kota atau sekadar ke mal, taman, ruang terbuka, atau berkuliner ria.

“Karenanya, sekarang adalah saat yang tepat bagi Moms untuk memikirkan membeli stroller agar si kecil tetap merasa nyaman ketika dibawa menikmati dunia luar. Orangtua pun bisa lebih tenang ketika melakukan aktivitas bersama,” tutur distributor resmi Joie Signature di Indonesia, Erwin L, dalam keterangan pers Drifting Bareng Joie Signature Sma Baggy 4 WD Drift.

Meski demikian Erwin juga mengingatkan, ketika membeli stroller orangtua jangan asal pilih. Ada beberapa fitur yang patut diperhatikan seperti mudah dibawa kemana-mana karena ringan dengan berat hanya 5,8 kg, terbuat dari alumunium berkualitas atau juga bida digunakan pada bayi baru lahir dengan material lembut, terasa sejuk saat disentuh, sehingga bisa dipastikan buah hati akan merasa lebih nyaman.

"Pastikan stroller yang dibeli punya fitur keamanan yang mumpuni, mudah digunakan, terbuat dari bahan yang berkualitas, dan ringan, sehingga mudah dibawa kemanapun juga,” kata dia

Kenyamanan juga bisa dilihat dari posisi sandaran yang bisa diatur sesuai dengan mood si kecil, mulai dari posisi duduk hingga rebahan. Stroller juga sebaiknya dilengkapi dengan kap jendela di bagian belakang, sehingga orangtua tetap dapat mengawasi bayi saat canopy tertutup. Disarankan ada juga keranjang bawaan cukup besar yang bisa dimanfaatkan untuk membawa berbagai perlengkapan buah hati saat berjalan-jalan.

"Keamanan buah hati kian terjaga dengan adanya fitur 5 titik sabuk pengaman yang empuk berbentuk kepompong. Selain itu, stroller ini memiliki Link Brake System sehingga memudahkan dalam melakukan pengereman," tuturnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya