3 Herbal Ini Bisa Jadi Imun Booster Buat Si Kecil yang Berpuasa

Daun kelor atau moringa.
Sumber :
  • pixabay/ Iskandar63

VIVA –Menjaga imunitas di kecil yang ikut berpuasa di bulan Ramadhan sangat perlu diperhatikan oleh orangtua, agar tetap sehat selama berpuasa. Selain harus memperhatikan pola makan, menjaga imunitas si kecil bisa dilakukan dengan memberikan asupan herbal tepat.

Indonesian Economy Grows 5,11 Percent in Q1 2024

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Dr. (Cand) dr. Inggrid Tania, M.Si menjelaskan bahwa Immunomodulator herbal adalah immunostimulan yang berbahan dasar herbal. Herbal yang digunakan berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

"Ada bermacam-macam herbal yang dapat digunakan untuk meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh anak maupun dewasa, seperti meniran, daun kelor, dan kunyit. Meniran, daun kelor, kunyit, dan madu merupakan herbal dari Indonesia yang aman untuk dikonsumsi anak-anak," tuturnya dalam acara virtual Imugard, baru-baru ini.

Daun Salam Ternyata Bisa Turunkan Hipertensi, Gimana Caranya?

Meniran

Daun meniran.

Photo :
  • U-Report

Resep Ramuan Herbal untuk Redakan Demam, Cuma Pakai 3 Bahan

Meniran sudah terbukti berkhasiat di berbagai penelitian dengan sifatnya sebagai imunostimulasi. Di dalam meniran, terdapat khasiat yang mampu mempercepat penyembuhan cacar air, bahkan meredakan gejala demam dan influenza.

"Pada berbagai penelitian juga menemukan bahwa meniran bisa mempercepat penyembuhan infeksi virus cacar air pada anak-anak. Juga, mempercepat hilangnya gejala demam pada anak-anak yang mengalami selesma dan influenza," tutur dokter Inggrid.

Lebih lanjut dokter Inggrid memaparkan, meniran cukup terkenal sebagai tanaman herbal yang ampuh untuk membantu memelihara daya tahan tubuh. Salah satu kandungan dalam meniran mampu menghancurkan bakteri dengan proses fagositosis.

"Meniran aman digunakan jangka panjang," pungkasnya.

Daun Kelor

Daun Kelor

Photo :
  • Pixabay/ Svibhandik

Sedangkan daun kelor kaya akan nutrisi sehingga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Tak heran, daun kelor kerap diolah menjadi sayur bening yang mudah dikonsumsi anak. Tak hanya itu, herbal satu ini kerap dihaluskan untuk dikonsumsi sebagai benteng pertahanan imunitas.

"Daun kelor atau nama lainnya moringa oleifera. Nah, daun kelor ini ternyata merupakan sumber nutrisi yang cukup lengkap, sangat baik, dan murah," bebernya.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, daun kelor bekerja dengan cara membasmi kuman sumber penyakit. Dentan adanya asam amino dan flavanoid, maka tubuh memiliki zat yang membuat kuman sulit bertahan di dalam tubuh. 

"Murah tapi ternyata dia mengandung nutrisi yang bermanfaat, seperti kalsium, zat besi, fosfor, kalium, zinc, protein, kemudian vitamin A,B,C,D,E,K, asam folat, biotin, dan aman untuk pemakaian jangka panjang. Dan juga pada penelitian membuktikan bahwa daun kelor itu bersifat imunostimulasi," terangnya.

Kunyit

Kunyit.

Photo :

Sementara itu, kunyit ampuh memperbaiki sistem pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan nama lain curcuma longa, herbal ini bersifat sebagai imunostimulasi serta anti radang. Herbal satu ini sudah terbukti aman digunakan dalam pemakaian jangka panjang.

"Ini juga bersifat imunomodulator yang terutama bersifat imunostimulasi, dan bersifat anti-radang yang kuat. Di samping itu kunyit juga bisa memperbaiki gangguan pencernaan, dan kunyit ini juga mengandung senyawa aktif utama curcuminoid," kata dokter Inggrid.

Sejalan dengan itu, Chief Business Development and R&D Deltomed Laboratories, apt. Drs. Victor S. Ringoringo, S.E., M.Sc. menjelaskan bahwa pihaknya sadar akan pentingnya menjaga imunitas di masa New Normal bagi anak-anak. Dengan diluncurkannya produk baru yaitu Imugard Junior kami harap orang tua bisa merasa aman membebaskan anak kembali beraktivitas normal. 

Lebih lanjut Victor S. Ringoringo memaparkan, Imugard Junior aman dikonsumsi oleh anak 6-12 tahun dengan dosis 2x2 sendok takar (5ml) perhari. Imugard Junior aman dikonsumsi dalam jangka panjang karena terdiri dari 100% herbal. Jika diberikan pada anak saat sakit akan mempercepat masa pemulihan. Selain itu Imugard Junior juga telah mendapatkan sertifikasi Halal dari LPPOM Majelis Ulama Indonesia dan telah memiliki Izin Edar dari Badan POM RI.

"Imugard Junior adalah sirup herbal yang mengandung 3 herbal utama yaitu: meniran, daun kelor dan kunyit ditambah dengan madu dan rasa anggur yang disukai anak-anak. Sirup herbal ini berkhasiat untuk meningkatkan dan menjaga imunitas anak," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya