Moms, Begini Cara Dukung Perkembangan Otak Anak

Ilustrasi ibu dan anak/parenting/bayi.
Sumber :
  • Freepik/gpointstudio

VIVA – Anak-anak membutuhkan pengasuhan yang menyenangkan sejak awal usia mereka untuk mendukung perkembangan otak dan potensi masa depan mereka. 

Polwan Polres Depok Temui Gibran Anak Viral Nangis Kelaparan di Bojonggede, Ini yang Dilakukan

Berangkat dai pemikiran itulah, akhirnya diciptakan sebuah aplikasi bernama Thrive by Five atau Cilukbalita di Indonesia. Ini merupakan sebuah aplikasi bagi orangtua dan pengasuh lainnya untuk membantu anak-anak berkembang pada masa kini dan menuju masa depan, yang digagas oleh Yayasan Minderoo dan Universitas Sidney. 

"Kami menghadirkan aplikasi ini untuk membantu anak-anak berkembang langsung melalui dukungan jutaan orangtua dan pengasuh," ujar Co-Founder dan Co-Chair Minderoo Foundation, Nicola Forrest dalam keterangannya, Rabu 27 April 2022. 

Bikin Mewek, Megumi Masih Ingat Saat Desta dan Natasha Rizky Berantem

Aplikasi yang dikhususkan bagi orangtua dan pengasuh anak-anak berusia 0-5 tahun ini dikemas dalam bahasa lokal dan dengan konten yang disesuaikan. Aplikasi ini juga dapat diakses gratis secara daring dan luring untuk pembelajaran visual dan auditori. 

Ilustrasi ibu dan anak/parenting/anak bermain.

Photo :
  • Freepik/gpointstudio
Menkes Ungkap Alasan Tingkat Stunting Indonesia Baru Turun 0,1 Persen

“Program ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada orangtua dan pengasuh tentang hal yang mereka butuhkan selama lima tahun pertama anak, untuk membantu anak-anak mencapai potensi masa depan mereka sepenuhnya," tutur Forrest. 

Menurutnya, aplikasi Thrive by Five 'Cilukbalita' dibuat sederhana meskipun mengombinasikan ilmu pengetahuan terkini dengan praktik-ptaktik pengasuhan lokal. Dengan sentuhan personal dan konten dibuat khusus untuk orangtua, pengasuh dan anak. 

"Ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa momen-momen kecil dari koneksi dan interaksi, frekuensi pengulangan dan dapat membuat perbedaan yang signifikan,” terangnya. 

Dengan aplikasi ini, kata Forrest, orangtua dan pengasuh bersama anak dapat membuat rencana kegiatan berdasarkan topik-topik lokal yang menarik, seperti mengelola emosi, menjaga keamanan, dan membangun rutinitas dan lainnya. 

Ilustrasi ibu dan anak/parenting.

Photo :
  • Freepik/lookstudio

"Kegiatan-kegiatan dalam aplikasi menjunjung praktik-praktik lokal dan budaya dan didukung oleh penelitian pengasuhan anak mutakhir. Menarik dan mudah untuk memahami kegiatan-kegiatan yang membantu para pengasuh dan anak mereka untuk terhubung, berkomunikasi dan bermain," paparnya. 

Aplikasi Thrive by Five atau Cilukbalita lanjut Forrest, dapat membangun kebiasaan untuk membangun sebuah rumah yang sehat dan memperkuat ikatan dengan komunitas mereka. 

"Merekam kenangan berharga yang Anda bagikan, dan mengikuti perkembangan keterampilan yang Anda bangun bersama anak Anda dalam perjalanan perkembangan," paparnya. 

Lebih jauh, Nicola Forrest mengatakan peluncuran Thrive by Five atau Cilukbalita di Indonesia hanyalah langkah pertama, dengan program yang akan diperluas ke 30 negara di Afrika, Asia, Amerika Selatan dan Timur Tengah.

Ilustrasi ibu dan anak.

Photo :
  • Shimajiro.id

Ketua dan Pendiri Yayasan Minderoo, Dr Andrew Forrest AO, mengatakan, yayasan sedang mencari cara untuk mencapai perubahan paradigma global bagi anak-anak di seluruh dunia.

“Setiap anak, di mana pun mereka tinggal, memiliki hak untuk memulai hidup sebaik mungkin. Program Thrive by Five akan menginformasikan dan memberdayakan orangtua dan pengasuh untuk membantu anak-anak mereka mencapai potensi terbesar mereka, dari negara-negara yang dilanda perang seperti Afghanistan hingga komunitas paling terpencil di Kenya,” tutur Dr Forrest.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya