Moms, Cara Ini Bikin Anak Makin Kreatif dan Berani Tampil

Ilustrasi ibu dan anak/parenting.
Ilustrasi ibu dan anak/parenting.
Sumber :
  • Freepik/lookstudio

VIVA – Storytelling atau bercerita atau mendongeng, kini telah menjadi media pembelajaran yang efektif. Metode ini berkembang menjadi salah satu kompetensi yang perlu dikuasai anak di era digital. 

Sebagaimana diketahui, Indonesia masih darurat literasi. Hasil Programme for International Students Assessment (PISA) tahun 2018, menunjukkan bahwa 70 persen siswa di Indonesia memiliki kemampuan baca rendah (di bawah Level 2 dalam skala PISA). Artinya, mereka bahkan tidak mampu sekadar menemukan gagasan utama maupun informasi penting di dalam suatu teks pendek. 

Hal ini diperparah dengan angka minat baca di Indonesia yang juga rendah. Pada 2018, survei dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa persentase penduduk di atas usia 10 tahun yang membaca surat kabar atau majalah hanya 14,92 persen. 

Angka tersebut lebih rendah dari persentase 15 tahun sebelumnya (23,70 persen). Padahal, selama hampir 15 tahun, pemerintah telah menerbitkan berbagai kebijakan nasional untuk mengatasi krisis literasi ini. Buruknya budaya literasi di Indonesia ini, dinilai menjadi pemicu persoalan gizi buruk dan stunting yang tak kunjung usai.

Ilustrasi membaca.

Ilustrasi membaca.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Founder Kampung Dongeng Indonesia (KADO), Awam Prakoso, mengatakan, metode storytelling sendiri merupakan salah satu bentuk penyampaian pesan-pesan yang secara tidak langsung dengan dengan keseharian anak muda, bahkan sejak usia anak-anak. 

"Melalui kegiatan ini, anak akan terlatih untuk berkomunikasi, berani tampil di depan banyak orang dan juga kreativitasnya akan terasah. Di samping itu anak juga akan terbiasa untuk belajar, menggali lebih banyak informasi, seperti dengan topik edukasi gizi seperti ini, akan lebih melekat baik untuk si anak maupun audiensnya," ujarnya saat Pengumuman Pemenang Lomba Story Telling Edukasi Gizi, yang digelar baru-baru ini.