Yuk Moms, Latih Si Kecil Fasih Bahasa Inggris Pakai Trik Ini

Ilustrasi anak belajar.
Sumber :
  • Freepik/bristekjegor

VIVA – Bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa yang digunakan secara global sehingga mempermudah komunikasi antar individu. Untuk itu, penting bagi para moms agar memberikan pembelajaran bahasa Inggris sejak dini sehingga kelak si kecil jago berkomunikasi.

5 Ide Ucapan Lebaran Berbahasa Inggris, Biar Kelihatan Lebih Keren

Sayangnya, tak mudah dalam melatih anak mempelajari bahasa baru, yang juga tak digunakan dalam sehari-hari. Nah, moms tak perlu khawatir karena bisa mencoba latih si kecil melalui LEAP yaitu sebuah lembaga kursus dan pelatihan ilmu berkualitas dengan harga yang terjangkau untuk berbagai kalangan di Surabaya.

Saat memasuki usia 16 tahun pada 14 Februari 2022, LEAP telah merancang berbagai program untuk dilaksanakan sepanjang tahun ini, termasuk rebranding dari brand LEAP yang merepresentasikan transformasi yang telah dijalani selama ini.
 
“Untuk ulang tahun ke-16 ini, kami telah merancang berbagai program menarik bagi para peserta didik kami. Usia ke-16 juga kami jadikan momentum untuk melakukan rebranding sebagai representasi dari transformasi yang telah dijalani LEAP,” ungkap Ika Yadin, Kepala LKP LEAP Surabaya, dikutip dari keterangan pers.

Tes Bahasa Inggris Rekrutmen BUMN Banjir Keluhan, Ini Respons Penyelenggara

Upaya Latih Anak Belajar Bahasa Inggris

Sebagai organisasi pembelajar yang dinamis dan inovatif, LEAP memiliki visi menjadi lembaga penyedia pendidikan yang holistik pada 2030. Apa saja ya upaya melatih fasih bahasa inggris?

Bule Ini Kagumi Sosok Guru Ngaji di Ambon yang Bisa 4 Bahasa Asing

Leapverse

Langkah-langkah mewujudkannya sudah dimulai dari sekarang dengan pengembangan sebuah inovasi berupa platform LMS (Learning Management System) sendiri yang diberi nama Leapverse, yang akan mulai digunakan di bulan Juli 2022 mendatang bersamaan dengan tahun akademik baru.
 
“Ide untuk membuat Leapverse muncul saat kami harus bermigrasi ke sistem belajar daring saat pandemi berlangsung. Setelah awalnya sempat menggunakan WhatsApp group dan Zoom, saat ini proses belajar di LEAP menggunakan platform LMS pihak ketiga dan Zoom. Dari sini kami terpikir untuk berinovasi membuat LMS sendiri untuk platform belajar di LEAP, tujuannya agar kualitas belajar-mengajar secara daring maupun hybrid dapat terkontrol dengan baik,” jelas Ika.
 
Selain Leapverse, sejumlah kegiatan juga dilakukan sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-16 LEAP sekaligus untuk menguatkan posisi LEAP sebagai lembaga pendidikan yang profesional dan kompeten. Kegiatan yang paling awal adalah Gebyar Anniversary ke-16 LEAP, yang perayaannya dilakukan secara online di akun Instagram LEAP pada 18 Februari 2022 lalu. Berbagai kegiatan yang melibatkan para pengajar dan siswa-siswa LEAP berlangsung dengan seru dan meriah.

Workshop
 
Sebuah gebrakan inovatif sebagai bentuk keseriusan LEAP untuk mengembangkan layanan digital yang sesuai perkembangan jaman, di bulan Maret yang lalu lembaga ini mengadakan workshop AI (Artificial Intelligence) gratis bekerja sama dengan sebuah institusi pendidikan dari Kanada. Acara workshop ini diikuti oleh 120 orang peserta dengan rentang usia dari 12 tahun sampai 55 tahun dan latar belakang dari pelajar sampai dokter.
 
Workshop ini terdiri dari 4 sesi dan berfokus ke machine learning dengan salah satu narasumbernya adalah Tienlan Sun, pelajar SMA Kanada yang merupakan Presiden EDU Beyond dan CEO TeleAye (startup AI yang bisa mendeteksi penyakit mata). Lewat workshop AI ini, peserta diharapkan bisa membuat machine learning mereka sendiri baik dari jalur coding maupun non-coding. 

Podcast

Salah satu ciri khas LEAP adalah melaksanakan program pengayaan setiap bulan dengan tujuan untuk memperkaya wawasan dan mewadahi keterampilan peserta didiknya. Kegiatan menarik yang sempat dilaksanakan adalah Podcastpedia 2022, yaitu sebuah workshop praktik membuat podcast gratis untuk siswa LEAP dan umum yang berusia remaja dengan tujuan untuk mempromosikan bahasa Indonesia ke manca negara. Ada enam topik yang bisa dipilih oleh peserta, yaitu Indonesian Daily Words, Idioms, History of Indonesian Language, The Language Diversity, Proverbs, dan Tips & Tricks. Acara ini rencananya akan berlangsung pada November 2022 dengan narasumber Rane Hafied (@suranepodcast & @kepobuku) dan Pradipta Nugrahanto (Paberik Soeara Rakjat dan @readygetsetgo).

Selain tiga kegiatan ini, LEAP juga melakukan rebranding dengan perubahan logo dan identitas perusahaan lainnya. Selain sebagai bentuk penyegaran, logo baru LEAP mengandung filosofi dan menjadi representasi berbagai inovasi dan transformasi yang telah dilakukan LEAP selama 16 tahun.
 
Logo baru LEAP berupa sebuah buku yang terbuka (Open Book) yang merupakan representasi pendidikan, belajar, dan ilmu pengetahuan. Halaman buku yang berganti menjadi warna cerah merupakan representasi langkah LEAP selanjutnya, terus melangkah ke depan, dan terus belajar hal baru. Sedangkan garis melengkung ke atas sebagai representasi peningkatan atau pertumbuhan yang telah dijalani LEAP selama ini.
 
Ika menuturkan bahwa banyak inovasi dan gebrakan yang terus kami lakukan karena LEAP selalu berkembang menyesuaikan tuntutan zaman. Berawal dari lembaga penyedia pelatihan Bahasa Inggris, kini LEAP juga menyediakan pelatihan digital hingga ke taraf internasional. Kemajuan ini tak lepas dari dukungan tim yang solid dan profesional, juga peserta didik, dan kolaborator yang selalu antusias mengikuti berbagai program untuk mengembangkan skill mereka. 

"Pengembangan skill ini tentunya tidak hanya di sisi akademis tapi juga pengalaman praktik riil yang manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat,” pungkas Ika. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya