Hepatitis Akut Misterius Meresahkan, 12 Anak Meninggal Dunia

Ilustrasi hepatitis pada anak
Ilustrasi hepatitis pada anak
Sumber :
  • The Sun

VIVA – Orang tua patut waspada terhadap infeksi baru yang mengintai anak tanpa sebab, hepatitis akut misterius. Kabar terkini, terdapat 12 kasus kematian anak yang diduga kuat terkait penyakit tersebut.

Dikutip dari The Sun, sudah ada sekitar 450 anak-anak menderita penyakit ini sejak wabah misterius dimulai. Pejabat di Eropa mengatakan ada 11 korban, dengan minggu lalu juga dilaporkan bahwa seorang anak telah meninggal di Irlandia, sehingga jumlah korban menjadi 12. Tiga anak juga meninggal bulan lalu di Indonesia, dan kematian lainnya di AS diyakini terkait dengan wabah tersebut.

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa (ECDC) telah melaporkan 450 kasus penyakit di seluruh dunia. Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pekan lalu mengatakan infeksi telah dilaporkan di 20 negara, dengan 13 lainnya menyelidiki 70 insiden tambahan dari kondisi tersebut.

Laporan terbaru dari kepala Inggris menunjukkan bahwa ada 176 kasus di seluruh negeri. Sebagian besar terjadi di Inggris, dengan 128 kasus, di Skotlandia ada 26, 13 di Wales dan sembilan di Irlandia Utara. Di AS, dokter kini disarankan untuk mengambil sampel hati dari kasus hepatitis yang paling parah.

Ilustrasi anak sakit.

Ilustrasi anak sakit.

Photo :
  • Pexels/Cottonbro

Petugas medis di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan ini harus diambil, serta sampel tinja, tenggorokan, dan darah untuk memeriksa adenovirus.Para ilmuwan mengatakan penyebab utama wabah kemungkinan adalah adenovirus sub-tipe 41.

Philippa Easterbrook, dari program hepatitis global WHO mengatakan selama seminggu terakhir, ada beberapa kemajuan penting dengan penyelidikan lebih lanjut dan beberapa penyempurnaan hipotesis kerja.