Hepatitis Akut Misterius Meresahkan, 12 Anak Meninggal Dunia

Ilustrasi hepatitis pada anak
Sumber :
  • The Sun

VIVA – Orang tua patut waspada terhadap infeksi baru yang mengintai anak tanpa sebab, hepatitis akut misterius. Kabar terkini, terdapat 12 kasus kematian anak yang diduga kuat terkait penyakit tersebut.

Hari Buku Sedunia, Starbucks Indonesia Serahkan 8.769 Buku untuk Anak-anak

Dikutip dari The Sun, sudah ada sekitar 450 anak-anak menderita penyakit ini sejak wabah misterius dimulai. Pejabat di Eropa mengatakan ada 11 korban, dengan minggu lalu juga dilaporkan bahwa seorang anak telah meninggal di Irlandia, sehingga jumlah korban menjadi 12. Tiga anak juga meninggal bulan lalu di Indonesia, dan kematian lainnya di AS diyakini terkait dengan wabah tersebut.

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa (ECDC) telah melaporkan 450 kasus penyakit di seluruh dunia. Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pekan lalu mengatakan infeksi telah dilaporkan di 20 negara, dengan 13 lainnya menyelidiki 70 insiden tambahan dari kondisi tersebut.

Tentara Amerika Ditemukan Meninggal Dunia di Karawang, Ini Kata Mabes TNI

Laporan terbaru dari kepala Inggris menunjukkan bahwa ada 176 kasus di seluruh negeri. Sebagian besar terjadi di Inggris, dengan 128 kasus, di Skotlandia ada 26, 13 di Wales dan sembilan di Irlandia Utara. Di AS, dokter kini disarankan untuk mengambil sampel hati dari kasus hepatitis yang paling parah.

Ilustrasi anak sakit.

Photo :
  • Pexels/Cottonbro
Celine Dion Ungkap Penyakit Langka yang Dideritanya: "Saya Berharap Ada Keajaiban"

Petugas medis di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan ini harus diambil, serta sampel tinja, tenggorokan, dan darah untuk memeriksa adenovirus.Para ilmuwan mengatakan penyebab utama wabah kemungkinan adalah adenovirus sub-tipe 41.

Philippa Easterbrook, dari program hepatitis global WHO mengatakan selama seminggu terakhir, ada beberapa kemajuan penting dengan penyelidikan lebih lanjut dan beberapa penyempurnaan hipotesis kerja.

"Saat ini, hipotesis utama tetap yang melibatkan adenovirus - dengan juga masih pertimbangan penting tentang peran COVID juga, baik sebagai koinfeksi atau infeksi masa lalu," tuturnya.

Pengujian selama seminggu terakhir mengungkapkan bahwa sekitar 70 persen kasus dinyatakan positif adenovirus. Ini juga menunjukkan bahwa 18 persen kasus secara aktif dites positif virus corona.

Para ahli di Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) mengatakan bahwa sekarang anak-anak lebih banyak berkerumun setelah pandemi, ada peningkatan beberapa infeksi. Hampir semua kasus terlihat pada anak di bawah 10 tahun, dengan sebagian besar kasus berusia antara 3 dan 5 tahun.

"Sebagian besar anak-anak yang terkena dampak sebelumnya sehat, dan hanya sejumlah kecil kasus yang terkait dengan kasus hepatitis lainnya. Artinya, bahkan jika ada kasus di keluarga atau teman Anda, atau jika kasus terjadi di taman kanak-kanak atau sekolah anak Anda, anak Anda masih berisiko rendah terkena hepatitis," kata badan keamanan tersebut.

Dr Meera Chand, Direktur Clinical and Emerging Infections di UKHSA mengatakan, penting bagi orang tua untuk mengetahui kemungkinan anak mereka terkena hepatitis sangat rendah.

"Kami terus mengingatkan semua orang untuk waspada terhadap tanda-tanda hepatitis - terutama penyakit kuning, mencari semburat kuning di bagian putih mata - dan hubungi dokter Anda jika Anda khawatir," ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya