Catat Moms, Khasiat Kemiri Atasi Gatal Hingga Demam Si Kecil

Minyak kemiri.
Minyak kemiri.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kemiri biasanya kita jumpai di pasar tradisional dan digunakan sebagai bumbu dasar di berbagai olahan makanan nusantara untuk memberi rasa gurih serta aroma yang lezat. Rupanya tak hanya untuk olahan makanan, kemiri dapat digunakan untuk manfaat kesehatan lainnya bagi si kecil.

Kemiri yang selalu disebut 'Aleurites moluccana' dalam ilmu pengetahuan memiliki hubungan dengan singkong. Biasanya kemiri dibuat untuk beberapa bahan makanan. Namun kemiri memiliki kegunaan yang lebih, tidak hanya dalam bahan makanan tetapi kemiri dapat dibuat untuk ramuan herbal.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang manfaat kemiri untuk kesehatan, kita akan membahas tentang komposisi dalam kemiri. Nutrisi dalam kemiri adalah saponin, falvonoid, polifenol, dan beberapa protein, karbohidrat. 

Mineral dalam kemiri adalah fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium. Dan ada beberapa kandungan yang tak kalah bermanfaat yaitu Vitamin A, vitamin B1, folat, dan fitosterol yang menghambat pembentukan kolesterol. Lantas, apa saja manfaat kemiri bagi kesehatan kita dan si kecil? Berikut faktanya dikutip dari laman Dr Health Benefit.

Atasi gatal

Si kecil yang aktif bergerak rentan kontak dengan gigitan serangga dan memicu gatal di kulit. Jika dibiarkan, dapat membuat kulit si kecil memerah dan luka. Jika terasa seperti terbakar dan gatal, bisa disembuhkan dengan kemiri.

Bahannya adalah 2 buah kemiri dan kunyit seukuran jari kelingking. Alat yang digunakan adalah baker, lesung dan alu. Pertama, panggang bahan-bahannya. Setelah itu tumbuk hingga halus. Kemudian oleskan pada bagian tubuh yang gatal akibat gigitan serangga.