Resep Pancake Pisang untuk MPASI Bayi, Enak dan Praktis!

Pancake pisang
Sumber :
  • Devina Hermawan

VIVA – Memberikan makanan bernutrisi bagi si kecil yang baru memasuki tahap makanan pendamping Air Susu Ibu (MPASI) merupakan proses yang penuh tantangan bagi tiap orang tua. Tak terkecuali bagi Chef Devina Hermawan yang berusaha keras mencari menu sehat namun praktis agar buah hatinya bisa makan dengan lahap tanpa rasa lelah berlebih pada ibu.

Soal Program Makan Siang Gratis, Ibu Hamil dan Balita juga Perlu Dukungan untuk Cegah Stunting

Menurut Chef Devina, hal pertama yang patut diperhatikan dalam pembuatan MPASI adalah perencanaan dengan teliti dan detail. Membagi porsi makan si kecil, menurut Chef Devina, tentu lebih mudah karena biasanya sudah terukur sesuai usia dan berat badan anak. Selain lebih praktis, cara ini juga membantu mencegah food waste atau pembuangan makanan berlebihan.

"Rencanakan dulu dengan baik. Porsi anak-anak 'kan sudah terukur. Misalnya, karbohidrat, pilih nasi, jangan banyak dulu 1-2 sdm aja. Sayuran juga bisa taruh usai dicuci bersih, potong-potong, simpan di wadah kedap udara dan alasi dengan paper towel untuk jaga kelembaban," ungkap finalis Masterchef Indonesia itu, dalam peluncuran Mothercare Twistshake Food Processor, di kawasan Cikini, Jakarta, Senin 20 Juni 2022.

Agar Anak Cerdas, Dokter: Jangan Lupakan Asupan Mikronutrien

Tak terkecuali pada daging ayam, sapi, maupun ikan yang masih segar dan baru saja dibeli. Saat hendak menyiapkannya untuk anak, Chef Devina memberi tips agar mencincangnya terlebih dahulu lalu dibagi ke wadah kedap udara agar tak cepat basi.

"Termasuk juga daging-dagingan. Beli segar, cuci dulu. Kalau daging sapi nggak dicuci. Bisa porsi-porsiin untuk disimpan. Bebas mau dicincang atau nggak. Setelah tertata, baru dimasak dengan tempat yang porsi kecil," imbuhnya.

Ini Resep Kue Lidah Kucing Super Renyah Ala Chef Devina Hermawan untuk Warnai Imlek 2024

Proses memasak dengan tempat yang sesuai porsi si kecil, menurut Chef Devina, akan mempermudah proses memasak. Sebab, jika dimasak di rice cooker biasa, tentu tak akan berfungsi dengan baik. Begitu pula dengan alat memasak besar yang bisa membuat ibu kelelahan.

"Nah, untuk anak ketigaku yang masih usia bayi ini, senang sekali sekarang ketemu sama produk Twistshake yang menyediakan alat pengolah makanan dan beragam rangkaian alat makan untuk anak. Apalagi setelah mencoba fitur multi 6 in 1 dari baby food processor, aku merasa akan terbantu dan dimudahkan sekali saat menyiapkan MPASI nantinya," bebernya.

Dari pengalaman Chef Devina itu, terciptalah resep mudah nan praktis serta lezat yaitu pancake pisang. Bagaimana caranya ya? Yuk intip persiapan bahan dan cara mengolahnya.

Bahan

2 buah pisang
2 butir telur
Butter unsalted secukupnya, lelehkan
Tepung terigu secukupnya
Susu cair secukupnya
Baking powder secukupnya

Cara memasak

Masukan pisang dan telur di food prosesor.
Tambah tepung terigu, susu cair, baking powder, dan butter. Aduk di food prosesor.
Adonannya siap untuk dimasak di wajan anti lengket.
Siap disajikan dengan saus tambahan.

"Butter jadi lemak tambahan untuk masak MPASI. Pilih pisang yang udah manis banget hampir benyek. Jadi nggak perlu tambahan gula. Perhatikan susu sapi khawatir anak masih alergi. Bisa ganti dengan susu soya," tutur chef Devina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya