Catat Moms, Ini Kunci Pacu Semangat Belajar Anak

Anak Aktif Belajar
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Anak dan remaja kerap mengalami pasang surut semangat dalam menjalani proses pembelajaran di berbagai bidang. Tak sedikit orang tua yang kebingungan dalam memacu semangat belajar buah hatinya sehingga berdampak kurang baik pada kepercayaan diri anak.

Pengakuan Mengejutkan Wanita yang Bunuh Keponakan Lalu Disembunyikan di Tempat Dupa

Semangat belajar anak pada dasarnya dapat dipacu oleh pondasi kesehatan mental yang maksimal. Proses membangun kesehatan mental tersebut dimulai dengan pemenuhan tugas dan pengembangan diri hingga akhirnya bisa membangun hubungan sosial yang sehat serta beradaptasi di lingkungan. Faktor-faktor tersebut berkaitan erat dengan cara si kecil memaksimalkan potensi serta talenta yang dimiliki.

"Mental health itu soal kesejahteraan, emosional, dan sosial kita. Itu terkait dengan bagaimana kita bicara, berpikir, dan tentu mengembangkan talenta," tutur Psikolog Yasinta Indrianti, M.PSi., dalam acara virtual Yupi's Got Talent 2022, beberapa waktu lalu.

4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Suci Winata Masih Setia

Dengan begitu, pondasi kesehatan mental yang kuat mampu membantu anak menghadapi berbagai tantangan di hidupnya yang kerap menyurutkan semangat. Namun, dengan kesehatan mental yang optimal, semangat pada diri anak akan tetap stabil sehingga kualitas hidupnya pun lebih baik. Untuk itu, para orang tua patut membangun pondasi ini melalui proses mengasah bakat dan talenta yang tepat.

"Bicara bakat dan talenta. Itu ibarat tujuan hidup, maunya bahagia. Anggep bahagia adalah pelabuhan merak. Jadi itu adalah tujuan akhir. Kenali bakat ibarat kita bangun jalan tol. Itu enggak gampang prosesnya. Kalau orang kenali bakat, ibarat buat jalan tol memang sulit di awal tapi akhirnya bebas hambatan," tuturnya.

7 Tips Menghadapi Ujian Nasional: Persiapan yang Efektif untuk Sukses

Anak yang memahami bakatnya bisa lebih mudah berjalan menuju kesuksesannya lantaran merasa tetap terpacu semangat dalam diri. Selain itu, anak yang semangatnya tetap stabil juga akan lebih percaya diri untuk paham tujuan akhirnya sehingga mudah mencapai sukses. Sebaliknya, anak yang tak mengenali bakatnya akan melalui perjalanan panjang meraih kesuksesan di masa depan.

"Manfaatnya, orang kerja sesuai bakat pasti nggak tertekan. Pasti enjoy dan happy. Kalau happy kerja tugas, pasti akan berbuah. Buahnya akan beri kebahagiaan buat orang lain seperti permen yupi," kata Yasinta.

Terkait hal itu, setiap anak memiliki bakat dan potensinya masing-masing. Untuk itu Yupi memprakarsai ajang Yupi’s Got Talent, sebuah ajang pencarian bakat bagi anak yang memiliki talenta positif. Ini sudah tahun kedua Yupi mengadakan kegiatan Yupi’s Got Talent. Di tahun 2022 ini Yupi mencari Yupiers yang memiliki bakat dalam bidang seni seperti menyanyi, menari, story telling, gymnastic, bermain musik, dan masih banyak lainnya.

Pada tahun ini tercatat 4500 Yupiers berpartisipasi dalam Yupi’s Got Talent, dengan pendaftaran yang dimulai dari 15 Maret – 20 Mei 2022. Pada Grand Final Yupi’s Got Talent 2022 yang merupakan puncak acara akan menghadirkan “Yupiness Camp” dengan mengadakan Grand Performance.

Kegiatan Grand Performance ini dilaksanakan pada 15 - 17 Juni 2022 secara langsung di JSI Resort Megamendung. Acara ini menghadirkan 73 peserta Yupi’s Got Talent yang sudah berhasil lolos ke tahap final.

Berbeda dari tahun sebelumnya, Yupi’s Got Talent 2022 dikemas lebih menarik, salah satunya adanya “Yupiness Camp”. Di mana para Yupiers yang sudah berhasil memasuki tahap final akan mendapatkan camp khusus selama 3 (Tiga) hari dan akan mendapatkan workshop yang langsung di mentoring oleh Instruktur yang berpengalaman dibidangnya dan juga Influencer Indonesia.

“Yupi’s Got Talent 2022 menciptakan peluang bagi anak-anak dan remaja agar merasa tertantang untuk menggali bakat yang ada dalam dirinya, YGT juga mengajak para Yupiers untuk mengekspresikan hal-hal positif dan kreativitas mereka menjadi prestasi yang bisa dibanggakan dan menginspirasi," kata Juliwati Husman, Direktur Sales & Marketing PT. Yupi Indo Jelly Gum, dalam keterangan persnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya