5 Manfaat Membaca Buku untuk Anak

Membaca buku bersama anak
Sumber :
  • momslovesbest

VIVA Lifestyle –  Salah satu hal paling kuat yang dapat dilakukan untuk anak adalah membaca bersama mereka. Membaca buku memiliki banyak manfaat bagi anak-anak, termasuk efek positif pada perkembangan, komunikasi, dan kinerja sekolah.

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Berikut adalah beberapa cara manfaat membaca buku bagi anak-anak dikutip dari momlovesbest.

1. Koneksi saraf bahasa

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

Koneksi saraf di otak didorong oleh mendengarkan seseorang membaca sehingga anak Anda akan mendapatkan dorongan vocab hanya dengan mendengar Anda membaca. Mendengarkan membaca terbukti meningkatkan kosakata reseptif bagi balita. 

2. Perkembangan kognitif

Viral di Media Sosial Tawuran Brutal Antar Pelajar, 3 Pelaku Terancam Hukuman Penjara 10 Tahun

Saat Anda membacakan untuk mereka, anak akan menangkap manfaat kognitif - mereka akan mulai memahami apa yang Anda katakan dan mereka akan belajar hal-hal tentang angka, warna, bentuk, hewan, atau apa pun yang Anda' kembali membaca tentang.

Mereka akan mulai memahami sebab dan akibat, dan kemampuan berpikir logis mereka akan lebih berkembang.

3. Menumbuhkan hubungan yang kuat

Keluarga yang membaca bersama tetap bersama. Ini memberi Anda dua cara lagi untuk menghabiskan waktu menjalin ikatan. Anda sudah memiliki banyak cara, tetapi ada sesuatu yang sangat menenangkan tentang waktu membaca.

Karena Anda aktif melakukan sesuatu, Anda tidak akan dapat berkonsentrasi pada hal lain selain Anda dan bayi Anda. Saat Anda membaca, Anda tidak mungkin dapat menjelajahi ponsel Anda — Anda akan benar-benar terlibat pada saat itu. Itu kabar baik bagi Anda dan bayi Anda dalam hal ikatan.

4. Cukup menyenangkan

Bersenang-senang bisa menjadi keuntungan tersendiri. Ini dapat mengurangi stres yang dirasakan seorang anak — dan ya, anak-anak juga dapat mengalami stres, seperti halnya orang dewasa.

Waktu yang dihabiskan untuk bersenang-senang dapat menghasilkan tidur yang lebih baik, perasaan yang lebih positif, dan bahkan hubungan yang lebih kuat.

5. Pengaruh yang menenangkan

Anak kecil tidak dikenal sebagai orang yang tenang — terutama jika Anda menginginkannya. Tampaknya mereka memiliki kemampuan untuk terluka tepat ketika Anda paling ingin mereka bersantai, seperti pada waktu tidur.

Sementara itusebagai wujud kepedulian terhadap pendidikan, PT Elnusa Petrofin Anak Usaha PT Elnusa Tbk (ELSA) melalui Petrofin Peduli luncurkan program pojok baca untuk anak-anak yang bermukim di sekitar Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat.

Peluncuran ini diadakan tepatnya di Satuan PAUD Sejenis (SPS) Mandiri Alikhlas Triananda, Sumur Batu, Bantar Gebang, pada Minggu 26 Juni 2022, berkolaborasi dengan Komunitas EPN Book Club dan Petrobikers yang merupakan komunitas internal Karyawan Elnusa Petrofin.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh management perusahaan General Manager (GM) Transportation Operation Elnusa Petrofin, Tangguh Imam, dan Dept. Head of Corporate Communication & BoD Support sekaligus yang bertanggungjawab atau kegiatan CSR Perusahaan, Putiarsa Bagus Wibowo, beserta Para Komunitas Internal EPN.

“Peluncuran Pojok Baca Petrofin Peduli merupakan salah satu dari Rangkaian HUT ke 26 PT Elnusa Petrofin yang nantinya akan diperingati pada 5 Juli 2022 mendatang. Kegiatan ini pun telah kami rencanakan dari jauh hari, dimana Pojok Baca ini merupakan perwujudan dari Pilar #PetrofinPintar. Pilar ini berfokus pada peningkatan sarana maupun prasarana Pendidikan, seperti edukasi ke sekolah maupun ke masyarakat, juga memberikan bantuan khasanah pendidikan,” kata Putiarsa Bagus Wibowo, Dept. Head of Corporate Communication & BoD Support.

Peluncuran Pojok Baca Petrofin Peduli ini ditandai dengan pengguntingan pita, penyerahan donasi buku anak-anak yang sebelumnya dikumpulkan dari Pewira Petrofin (sebutan bagi pekerja EPN) dan penyerahan kelengkapan sekolah seperti tas dan alat tulis. Setelah itu, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan kelas insiprasi dan kelas mendongeng yang di isi oleh Komunitas EPN Book Club dan Petrobikers.

Kegiatan ini pun mengundang antusiasme dari anak-anak yang berada Satuan PAUD Sejenis (SPS) Mandiri Alikhlas Triananda. Di mana anak-anak ini merupakan mayoritas anak dari pemulung yang bermukim di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang.

“Terimakasih kepada Elnusa Petrofin beserta komunitasnya yang telah mendatangi kami. Kami pun sangat senang atas bantuan perlengkapan sekolah untuk anak-anak terutama  bantuan buku dan pojok baca yang telah dihadirkan di SPS Mandiri Alikhlas Triananda. Bantuan ini dapat menjadi motivasi dan semangat baru bagi anak-anak untuk dapat mewujudkan mimpi mereka. Kami berhadap semoga kegiatan ini pun menjadi silaturahmi dan ada kegiatan selanjutnya,” kata Masnah, selaku pengurus SPS Mandiri Alikhlas Triananda

SPS Mandiri Alikhlas Trianda yang berada langsung di dalam lingkungan TPST Bantar Gebang ini pun 2 tahun lalu mendapatkan musibah kebanjiran. Musibah ini menyebabkan kerusakan di sejumlah fasilitas ruang belajar, terutama buku pelajaran yang banyak terendam hingga rusak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya