Dokter Sarankan 3 Hal Ini untuk Memperlancar ASI

Ilustrasi menyusui/ASI.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA Lifestyle – ASI atau Air Susu Ibu merupakan asupan penting yang harus diterima oleh bayi. ASI memiliki kandungan gizi yang sempurna bagi perkembangan dan pertumbuhan anak di usia dini.

Diduga Terganggu, Komika Usir Ibu Menyusui dan Bayinya saat Pertunjukkan

ASI mengandung komponen-komponen yang tidak dimiliki oleh susu formula, di antaranya adalah antibodi, growth factors dan enzim. Selain itu, ASI juga kaya akan kandungan gizi, seperti lemak, protein, karbohidrat, vitamin, mineral, dan air yang sangat sesuai untuk bayi sehingga mudah diserap dan dicerna.

Namun, selama masa menyusui, biasanya para ibu akan menghadapi beberapa hambatan. Mulai dari gangguan pada payudara seperti lecet dan bengkak, hingga berkurangnya volume ASI. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk memperlancar ASI.

Cekcok dengan Istri, Seorang Pria di Surabaya Banting Bayinya yang Berusia 6 Hari

Meningkatkan hormon prolactin dan oksitosin
Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk memperlancar ASI, salah satunya adalah meningkatkan kerja prolactin dan oksitosin.

Ilustrasi menyusui.

Photo :
  • Pixabay/Ben_Kerckx
Selamat! Dude Harlino dan Alyssa Soebandono Dikaruniai Anak Ketiga

"Kunci utama agar ASI lancar bukan pada suplemen ataupun ASI booster. Yang utama adalah dengan seringnya mengosongkan payudara dengan menyusui maupun dengan memerah," kata dr. Teresia Susilo, Konselor Laktasi Bamed, dalam webinar bersama Bamed, Kamis 28 Juli 2022.

Menurut dr. Teresia, semakin sering payudara dikosongkan maka rangsangan otak untuk mengeluarkan hormon prolactin akan terus terjadi. Ibu juga harus merasa percaya diri dan mendapatkan dukungan dari orang terdekat untuk menyusui, hal itu dianggap sangat ampuh untuk kelancaran ASI.

Selain itu, stres dan perasaan negatif sangat perlu dihindari. Faktor tersebut dapat menghambat proses hormon oksitosin yang menyebabkan ASI tidak mengalir dengan baik.

Teresia juga menyarankan untuk memijat payudara setidaknya dua kali sehari dengan teknik yang benar untuk memperlancar sirkulasi darah di payudara.

Ilustrasi menyusui/ASI.

Photo :
  • Freepik/javi_indy

Asupan gizi seimbang
Selama masa menyusui, para ibu diharuskan menjaga pola makan dengan baik dan memenuhi kebutuhan minum air harian. Makanan yang sehat seperti buah, sayur, dan daging bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan gizi para ibu.

"Ibu menyusui harus makan dengan gizi seimbang dan asupan air yang cukup. Suplemen berupa vitamin dan mineral juga ASI booster boleh dikonsumsi jika diperlukan," ujarnya. 

ASI booster
Untuk melengkapi kebutuhan gizi dalam memperlancar ASI, mengonsumsi ASI booster juga diperbolehkan jika memang diperlukan. Ada berbagai bentuk ASI booster, seperti susu, teh, dan kapsul.

Adapun kandungan dalam ASI booster yang sangat baik untuk memperlancar ASI, di antaranya adalah fenugreek, marshmallow root, blessedthistle, bangun-bangun, dan ekstrak plasenta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya