Jaga Kesehatan Mental Anak Selama Pandemi, Moms Perlu Lakukan Ini

Anak stres.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Lifestyle – Pandemi COVID-19 yang masih berlangsung sampai saat ini, memberikan dampak dan perubahan terhadap kehidupan masyarakat tak terkecuali anak-anak. 

Pj Bupati Purwakarta Ingatkan Integritas ASN dan Mitigasi Wabah DBD

Pembatasan mobilitas dan terbatasnya interaksi sosial bersama teman-teman di sekolah bukan hal yang mudah untuk dapat diterima oleh anak-anak termasuk pengetatan gaya hidup bersih dan sehat salah satunya adalah Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), yang juga merupakan salah satu protokol kesehatan utama. 

Kutipan data yang dihimpun dari UNICEF menyebutkan bahwa Diare dan ISPA menjadi penyakit yang paling banyak dialami oleh anak-anak di Indonesia dan diare menjadi penyebab kematian anak sebanyak 18% dari semua kematian anak-anak di bawah 5 tahun di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa CTPS memiliki peranan penting untuk mencegah penularan penyakit dan Covid-19 . 

Jadi Gampang Sakit, Benarkah Stres Mempengaruhi Sistem Imun?

Sebagai bagian dari upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di lingkungan satuan pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan Surat Edaran No. 3 Tahun 2020 yang menghimbau agar Pemerintah Daerah segera menginstruksikan satuan pendidikan untuk: 

Pertama, mengoptimalkan peran UKS/M; kedua, memastikan ketersediaan sarana CTPS di berbagai lokasi strategis di satuan pendidikan; ketiga, memastikan bahwa warga satuan pendidikan mempraktikkan CTPS (minimal 20 detik) dan mengeringkan tangannya (dengan/tanpa pengering tangan sekali pakai) dan PHBS lainnya .

Atasi Gangguan Mental Sebelum Berujung Depresi, Ini Solusi Menjaga Kesehatan Jiwa

Bersamaan dengan hal tersebut, Kao Indonesia kembali melanjutkan kolaborasi dalam Kemitraan Pentahelix sebagai upaya pembudayaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). 

Kolaborasi ini ditandai dengan Penandatanganan Perjanjian Kerja sama antara Kao Indonesia dengan Kemenkes RI yang dilakukan oleh Masahide Nishida selaku President Director PT Kao Indonesia dan dr. Imran Agus Nurali, Sp.KO selaku Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI yang juga disaksikan oleh Sesditjen Kesehatan Masyarakat RI, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid.

“Sejalan dengan Strategi ESG dan Visi perusahaan kami untuk dapat berkontribusi meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan lingkungan yang berkelanjutan melalui edukasi – sharing good knowledge, kolaborasi sinergis ini menjadi salah satu wujud nyata kepedulian Kao Indonesia kepada masyarakat melalui Kampanye edukasi Anak KAO yang berfokus pada peningkatan kesadaran dan pemberian dukungan fasilitas sabun cuci tangan serta wastafel untuk anak usia sekolah yang diharapkan berperan menjadi agen perubahan lingkungan,” Susilowati, VP Marketing PT Kao Indonesia, dalam keterangan tertulisnya, Jumat 29 Juli 2022.

Sampai saat ini program Anak KAO telah mengedukasi lebih dari 15.000 anak usia sekolah dasar dan menengah pertama serta untuk kelanjutan implementasi di tahun 2022 ini, diharapkan dapat menjangkau tambahan 10.000 anak Indonesia lainnya yang berada di 5 Provinsi Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Kami mengapresiasi upaya Kao Indonesia dalam berkontribusi untuk mewujudkan pembudayaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang dilakukan secara berkelanjutan melalui Kampanye Anak KAO ini yang diharapkan dapat mendorong terwujudnya perilaku hidup bersih dan sehat di lingkup sekolah, mulai dari siswa-siswi, guru hingga masyarakat sekolah dan juga orang tua," kata dr. Imran Agus Nurali, Sp.KO, Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI.

Menurut dia, edukasi terkait dengan peningkatan kesehatan mental dan jiwa bagi kelompok usia anak dan remaja juga penting dan menjadi tambahan poin dalam edukasi yang akan diselenggarakan nanti. Sehingga siswa sehat fisik, sehat jiwa, dan prestasi anak bangsa pun meningkat. 

Kesehatan mental 

Perubahan rutinitas sehari-hari akibat pandemi juga berdampak terhadap kesehatan mental dan emosional anak dan remaja. Hampir separuh rumah tangga melaporkan anak mengalami tantangan perilaku, seperti sulit berkonsentrasi (45 persen), mudah marah (13 persen), dan sulit tidur (6,5 persen). 

Oleh karena itu, topik terkait dengan kesehatan mental dan jiwa terutama pada usia anak dan remaja menjadi salah satu perhatian penting untuk peningkatan ketahanan psikososial pada kelompok anak dan remaja yang merupakan salah satu kelompok rentan yang perlu mendapat dukungan dari lingkungan sekitarnya. 

Menjaga kesehatan jiwa penting agar mampu mengelola perasaan, memaksimalkan potensi diri dan menghadapi berbagai kondisi kehidupan sehingga bisa lebih sehat, bahagia, kreatif dan semangat mencapai tujuan  

Bertepatan dengan Hari Anak Nasional yang diperingati pada 23 Juli lalu, menjadi momen yang tepat untuk Kao Indonesia melakukan kick off implementasi Anak KAO yang ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dan juga meluncurkan platform edukasi Kao Life Academy sebagai wujud nyata Inovasi untuk Peduli di era digital. 

“Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat menjadi salah satu kunci utama dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Kao Life Academy diharapkan menjadi wadah edukasi bagi masyarakat luas terkait dengan kesehatan dan kebersihan. Kami menyadari bahwa di era digital saat ini, platform digital sangat dibutuhkan dan diminati untuk dapat menjangkau masyarakat secara lebih luas," tutur Susilowati. 

Ia menambahkan, dengan adanya Kao Life Academy ini juga menjadi wujud nyata implementasi Strategi ESG dan Visi Kao Indonesia yang diharapkan dapat berkontribusi terhadap pembudayaan Germas yang dicanangkan Pemerintah serta juga dapat melengkapi implementasi edukasi Anak KAO yang dilakukan secara hybrid.

Kao Life Academy merupakan platform digital yang dapat diakses melalui desktop dan mobile, berisikan informasi edukasi – sharing good knowledge terkait dengan kesehatan fisik, kesehatan mental dan kepedulian lingkungan untuk mendukung masyarakat Indonesia dalam mendapatkan literasi edukasi kebersihan dan kesehatan yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. 

Kao Life Academy juga dilengkapi oleh berbagai macam fitur dari mulai artikel, tools seperti skin check apps serta podcast. Kehadiran Kao Life Academy juga melengkapi implementasi Kampanye edukasi Anak KAO, dimana anak-anak dapat melakukan hybrid learning melalui platform Kao Life Academy. 

Dalam implementasinya, kegiatan Anak KAO nantinya juga akan mendapatkan dukungan dari Kementerian Pendidikan Budaya Riset dan Teknologi sejalan dengan Kampanye Sekolah Sehat yang diusung oleh Kemendikbudristek. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya