Catat Moms, Makanan Ini Bantu Pembentukan Motorik dan Kognitif Anak

Ilustrasi anak-anak
Sumber :
  • Kredivo

VIVA Parenting – Sistem imun yang baik bisa memengaruhi kemampuan motorik dan kognitif anak. Ketika si kecil sehat maka anak bisa aktif bergerak dan belajar banyak hal, sehingga kemampuan motorik dan kognitifnya bisa terstimulasi dengan baik. Hal ini diungkap oleh spesialis anak, dr. Margareta Komalasari, Sp.A.

Pengakuan Mengejutkan Wanita yang Bunuh Keponakan Lalu Disembunyikan di Tempat Dupa

"Sistem imun anak belum belum berkembang sepenuhnya sampai usia delapan tahun. Di rentang waktu ini merupakan periode penting untuk memenuhi nutrisi anak terutama dalam hal mendukung perkembangan sistem imun anak," kata dia dalam Virtual Press Briefing:Nutrilon Royal Optimalkan Periode Winning Window Sebagai Bekal Menang Bagi Si Kecil, Selasa 9 Agustus 2022.

Ia melanjutkan, dari hasil penelitian juga ditemukan bahwa daya tahan tubuh merupakan faktor penting dalam pembentukan kemampuan motorik dan kognitif anak. Di mana jika sistem imun anak baik, maka kemampuan motorik halusnya 26 persen lebih tinggi dibanding anak-anak yang sering sakit. Kemudian, kemampuan nilai kognitifnya bisa lebih tinggi 3 poin dibandingkan anak yang sering sakit.

4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Suci Winata Masih Setia

Ilustrasi anak mandi hujan, payung

Photo :
  • Pixabay/ Andrew_Poynton

Lebih lanjut, diungkap Margareta untuk itu penting melakukan intervensi nutrisi anak sejak dini karena jika anak kekurangan nutrisi akan mengganggu proses tumbuh kembang anak.

Tantrum Anak Bukan Hal Seram! Ini Rahasia Mengatasinya dengan Bijak

"FOS, GOS, Omega 3, Omega 6, DHA baik untuk kognitif. FOS, GOS atau yang dikenalnya prebiotik, bakteri baik bagus akan berinteraksi dengan sistem imun yang ada di pencernaan. Healthy tummy, healthy baby, jadi belajarnya cepat tanpa sakit," kata dia.

Lebih lanjut, diungkap bahwa untuk Omega 3 dan 6 sendiri tidak bisa diproduksi oleh tubuh. Untuk mendapatkannya, bisa didapatkan dari makanan bergizi seperti susu, ikan, dan telur. Sementara FOS, GOS bisa didapat dari sayuran.

"Ikan laut seperti ikan kembung diketahui memiliki Omega 3 dan Omega 6 yang lebih baik dari ikan salmon. Jadi tinggal kita yang mesti kreatif makanan ada yang kita berikan ke anak," kata dia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya