4 Titik Tubuh Anak Harus Sering Dicium oleh Seorang Ayah

Ilustrasi ayah dan bayi.
Ilustrasi ayah dan bayi.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Anak merupakan karunia yang diberikan oleh Sang Pencipta kepada orang tua untuk dibesarkan dengan baik dan dengan kasih sayang serta penuh tanggung jawab. Menjadi orang tua sendiri bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Maka dari itu penting untuk mempelajari tentang ilmu parenting, bagaimana pola mengasuh anak yang baik dan benar. 

Tak hanya sekadar mengasuh dan membesarkan saja, tapi orang tua juga harus menunjukkan rasa sayang kepada anak sejak kecil. Salah satunya seperti sering mencium, menyentuh dan mengusap beberapa titik tubuh anak yang terutama harus dilakukan oleh seorang ayah. Sehingga sang anak nantinya akan merasa dilindungi dan mendapatkan kasih sayang dari orang tuanya. 

Hal tersebut dikatakan oleh Ustaz Hepi Andi Bastoni dalam ceramahnya yang menjelaskan bahwa ada empat titik tubuh anak yang harus rajin diusap, disentuh dan dicium oleh seorang ayah terhadap anaknya untuk menunjukkan rasa kasih sayang mereka. 

“Paling tidak ada empat titik yang harus rajin-rajin diusap, rajin-rajin disentuh dan rajin-rajin dicium oleh seorang ayah terhadap anaknya,” ujar Ustaz Hepi Andi Bastoni yang dikutip VIVA dari tayangan video di YouTube pada Jumat, 12 Agustus 2022.

1. Ubun-ubun kepala anak

Ilustrasi ayah dan buah hati.

Ilustrasi ayah dan buah hati.

Photo :
  • U-Report

Bagian titik tubuh anak yang pertama disebutkan oleh Ustaz Hepi Andi Bastoni adalah ubun-ubun kepala anak. 

“Pertama adalah ubun-ubun kepala anak, ini bagian yang harus sering dicium, dielus oleh seorang ayah terhadap anak kecil,” terang Ustaz Hepi.

2. Kening anak

Ilustrasi wanita/ibu dan bayi.

Ilustrasi wanita/ibu dan bayi.

Photo :
  • Freepik/senivpetro

Selanjutnya yang kedua adalah kening, sebagai salah satu dari empat bagian titik tubuh anak yang harus sering dicium oleh seorang ayah. Dirinya mengatakan bahwa dengan mencium kening anak, berarti seorang ayah tersebut secara tidak langsung mengucapkan rasa bangga pada anaknya. 

“Yang kedua adalah kening, jadi kalo seorang ayah mencium kening anaknya itu berarti dia ingin mengatakan ‘saya bangga kepada kamu’,” terang Ustaz Hepi lagi. 

3. Kedua pipi anak

Ilustrasi ayah dan anak.

Ilustrasi ayah dan anak.

Photo :
  • Freepik/freepik

Kemudian yang ketiga, seorang ayah atau orang tua dikatakan harus sering-sering mencium kedua pipi anaknya. Hal itu dilakukan sebagai sebuah tanda kasih sayang orang tua kepada anaknya. 

“Dan yang ketiga adalah kedua pipi, ini ciuman kasih sayang. Orang tua mesti rajin-rajin mencium kedua pipi anaknya,” terangnya lagi. 

4. Punggung tangan anak

Ilustrasi bayi.

Ilustrasi bayi.

Photo :
  • Pexels

Terakhir yakni bagian punggung tangan anak yang harus sering-sering dicium oleh orang tua. Mungkin selama ini umumnya yang kita ketahui adalah bahwa anaklah yang harus mencium tangan orang tua. Namun ternyata dijelaskan oleh Ustaz Hepi Andi Bastoni bahwa Rasulullah SAW dan para sahabatnya mengajarkan sesekali mencium tangan anak-anak. 

“Dan kemudian yang terakhir adalah telapak tangan atau punggung tangan. Kita selama ini sering kita yang mengulurkan tangan kita untuk dicium anak-anak kita. Tapi Nabi dan para sahabat tidak, sesekali mereka yang mencium tangan anak-anak tersebut.”