5 Cara Menurunkan Demam Tinggi, Bisa Dilakukan di Rumah

Ilustrasi sakit kepala/demam.
Sumber :
  • Pexels/Andrea Piacquadio

VIVA Parenting – Cara menurunkan demam ada dua cara, cara alami dan minum obat. Demam merupakan kondisi terjadinya peningkatan suhu tubuh di atas 38 derajat Celsius. Umumnya, demam merupakan respons tubuh atau gejala terhadap penyakit. Suhu tubuh yang meningkat atau demam sebenarnya merupakan salah satu cara sistem kekebalan tubuh manusia untuk memerangi infeksi. Itulah mengapa jika demamnya tidak terlalu parah, dokter menyarankan untuk tidak perlu menurunkannya.

Panas Ekstrem Melanda Thailand, 30 Orang Tewas

Pengidap bisa mengonsumsi obat antipiretik untuk membantu melawan bakteri atau virus. Namun, kadang-kadang demam bisa naik terlalu tinggi, sehingga kondisi ini perlu ditangani sebelum terjadi komplikasi. Segera periksakan diri ke dokter bila demam melebihi 38 derajat Celsius.

Demam

Photo :
  • vstory
Yang Harus Dilakukan Orang Tua Saat Anak Mulai Sakit, Dokter: Jangan Diajak ke Mall!

Berikut cara menurunkan demam yang dapat dilakukan di rumah dari laman alodokter:

1. Istirahat yang cukup

Kemenkes Catat Lebih dari 60 Ribu Kasus DBD di Indonesia, Pemudik Harus Waspada

Cara menurunkan demam tinggi yang pertama adalah istirahat yang cukup guna mempercepat proses pemulihan dan menurunkan suhu tubuh. Selain itu, Anda perlu membatasi aktivitas fisik dan mencukupi waktu tidur setidaknya selama 8–9 jam setiap harinya.

2. Mandi atau kompres menggunakan air hangat

Mandi menggunakan air hangat bisa menjadi alternatif untuk meredakan demam tinggi. Hal ini karena air hangat bisa melebarkan pembuluh darah serta pori-pori, sehingga panas ke luar dari badan dan suhu tubuh menjadi turun.

Selain mandi dengan air hangat, Anda juga bisa mengompres hangat bagian dahi dan ketiak untuk menurunkan demam tinggi secara alami.

3. Konsumsi banyak air putih

Ketika mengalami demam, tubuh lebih berisiko mengalami dehidrasi. Untuk mencegahnya, Anda perlu memperbanyak konsumsi air putih. Selain mengonsumsi air putih, dehidrasi juga dapat dicegah dengan mengonsumsi sup hangat atau jus buah segar.

4. Gunakan pakaian yang tipis

Saat demam tinggi, sebaiknya hindari penggunaan baju dan selimut yang tebal. Hal ini justru berisiko meningkatkan suhu tubuh Anda. Jadi, lebih baik gunakan pakaian tipis, tetapi tetap nyaman. Selain itu, pastikan juga suhu ruangan tetap sejuk.

5. Konsumsi obat penurun demam

Anda juga dapat mengonsumsi obat-obatan penurun demam yang dijual bebas di apotek, seperti ibuprofen atau paracetamol. Selain menurunkan suhu tubuh, obat-obatan tersebut juga dapat meredakan sakit kepala yang kerap menyertai gejala demam tinggi.

Obat penurun demam perlu dikonsumsi sesuai petunjuk pemakaian yang tertera pada produk. Agar lebih aman, bagi Anda yang memiliki kondisi medis tertentu, seperti sedang hamil, dianjurkan untuk mengonsumsi obat pereda demam sesuai saran dokter.

Anak demam

Photo :
  • Indian Express

Berikut 4 cara menurunkan demam dan suhu panas tubuh agar tak mengganggu aktivitas:

1. Kompres Air Hangat

Ilustrasi kompres

Photo :
  • pixabay

Saat sedang demam atau suhu tubuh panas, Anda mungkin mengompres badan dengan air dingin atau es batu yang dibungkus kain. Ternyata, cara ini tidak dianjurkan oleh dokter dan tenaga kesehatan. Kompres dingin lebih tepat digunakan untuk meredakan nyeri otot, bukan untuk menurunkan demam.

Peningkatan suhu badan sejatinya adalah reaksi alamiah kekebalan tubuh untuk mempertahankan diri melawan infeksi. Jika Anda menempelkan kompres dingin, otak justru akan menerjemahkannya sebagai gangguan atau ancaman terhadap proses alamiah tersebut. Sebagai akibatnya, tubuh akan semakin meningkatkan temperatur inti dan membuat badan makin terasa panas.

Selain itu, kompres dingin juga berisiko menurunkan suhu tubuh secara tiba-tiba, sehingga memicu badan jadi menggigil. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menghindari kompres dingin atau mandi air dingin saat demam maupun kepanasan. Cara terbaik adalah dengan mengompres dengan air hangat.

2. Konsumsi Sayur dan Buah dengan Kandungan Air Tinggi

sayur dan buah

Photo :
  • Pixabay/ carlosfs05

Untuk menurunkan panas, Anda juga bisa mengonsumsi beberapa makanan yang tinggi kandungan airnya. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau membuatnya menjadi smoothies buah dan sayur. Tambahkan sedikit es batu untuk sensasi menyejukkan.

Beberapa contoh makanan dengan kandungan air tinggi, yaitu semangka, stroberi, jeruk, timun, dan seledri

3. Minum Air Kelapa

Air kelapa

Photo :
  • Pinkvilla

Air kelapa mengandung berbagai vitamin, mineral, dan elektrolit. Kandungan tersebut membantu Anda untuk lebih segar dan berenergi, khususnya ketika lemas karena suhu tubuh yang naik.

Air kelapa segar menjadi pilihan baik turunkan demam secara alami dibandingkan air kelapa kemasan. Apabila Anda membeli produk kemasan, perhatikan dengan saksama label komposisinya, terutama kandungan gula.

Alternatifnya, Anda bisa minum teh herbal hangat racikan sendiri untuk menurunkan demam secara alami. Seduh teh tawar bersama potongan jahe, sereh, atau irisan lemon, dan madu untuk menambah nikmat rasanya.

4. Rendam Kaki di Air Suam Kuku

Ilustrasi kaki wanita

Photo :
  • Freepik

Salah satu cara menurunkan demam dan panas di badan adalah mencoba merendam kaki di air suhu normal atau suam kuku. Rendam kaki setidaknya selama 20 menit. Tips ini dapat membantu mendinginkankan dan merilekskan badan Anda.

Untuk menambah sensasi menenangkan, Anda bisa mencampurkan beberapa tetes minyak atsiri yang disukai, seperti minyak peppermint.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya