Anak Demam Nagita Bingung Kompres Hangat atau Dingin, Ini Kata Dokter

Nagita Slavina.
Sumber :
  • Instagram @raffinagita1717

VIVA Parenting – Baru-baru ini, putra bungsu Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Rayyanza Malik Ahmad, mengalami demam. Nagita pun panik, pasalnya sang kakak, Rafathar juga tidak enak badan. 

Bukan dari Palestina, Merry Asisten Raffi Ahmad Ungkap Asal-usul Bayi Lily di Keluarga Andara

Meski di rumah Gigi, sapaannya, tidak pernah lupa sedia paracetamol, namun istri Sultan Andara itu menceritakan kalau suhu Rayyanza tak kunjung turun. 

Dia pun berinisatif untuk mengompres Rayyanza. Tapi kemudian, Gigi bingung apakah harus memberikan kompres air hangat atau dingin. Lalu, manakah yang benar, beri kompres air hangat atau air dingin?

Yang Harus Dilakukan Orang Tua Saat Anak Mulai Sakit, Dokter: Jangan Diajak ke Mall!

Dokter Spesialis Anak, Dr. Devie Kristiani, Sp.A, tidak memungkiri bahwa hingga saat ini masih banyak orangtua yang merasa bingung ketika menghadapi anaknya demam, apakah harus memberikan kompres air hangat atau dingin. 

Outfit lebaran Nagita Slavina

Photo :
  • Instagram @saptodjojokartiko
Nagita Slavina Dikritik karena Beri Makanan dan Minuman Bekas ke Pengasuh, Begini Reaksi Rafathar

"Nah, yang betul adalah kompres hangat," ungkapnya saat Konferensi Pers Virtual: Kampanye #PerlindunganKeluargaSehat kolaborasi Lifebuoy dan Halodoc, Kamis 1 September 2022. 

"Kenapa? Karena dengan kompres hangat pori-pori kulit akan membuka dan pembuluh darah di permukaan kulit akan melebar, sehingga akan mengeluarkan panas," sambung dia. 

Sementara jika diberi kompres air dingin, menurut dokter Devie, pembuluh darah di permukaan kulit akan menyempit dan pori-pori akan menutup, sehingga kadang-kadang anak akan menggigil jika diberikan kompres air dingin. 

"Ini justru akan menambah suhu tubuh anak semakin panas di dalam. Jadi yang benar adalah kompres hangat," jelas dr. Devie. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya