4 Cara Agar Ibu Tidak Burnout di Tengah Ketidakpastian Zaman

Ilustrasi keluarga
Sumber :
  • Hard Rock Hotel Bali

VIVA Lifestyle – Sosok ibu pada umumnya memainkan peran penting dalam pemenuhan kebutuhan rumah maupun tiap anggota keluarga. Hal ini kerap menjadi tantangan tersendiri, baik bagi ibu yang bekerja maupun ibu rumah tangga. Tidak hanya itu, di tengah padatnya aktivitas sehari-hari, ibu juga harus memikirkan dan mengatur keuangan keluarga supaya tetap sesuai anggaran.

Begini Pengakuan Chandrika Chika ke Keluarga Soal Menggunakan Narkoba

Dengan segudang kebutuhan keluarga serta tugas-tugas yang menumpuk, terkadang dapat terasa melelahkan dan menjenuhkan bagi seorang ibu. Padahal, salah satu kunci kebahagiaan keluarga adalah apabila sang ibu merasa bahagia.

Jika kamu adalah seorang ibu dan sedang merasa lelah atau jenuh, berikut empat cara yang bisa berikan kekuatan super agar tetap bahagia tetapi semua kebutuhan keluarga bisa terpenuhi:

Hard Gumay Ramal Kasus Hukum Chandrika Chika, Warganet: Gila, Ilmunya Dalem Banget

1. Alokasikan waktu untuk diri sendiri
Di tengah-tengah padatnya aktivitas dan pemenuhan kebutuhan keluarga sehari-hari, memikirkan kepentingan diri juga tidak kalah pentingnya bagi seorang ibu. Me-time adalah kunci bagi ibu agar merasa lebih santai, me-recharge energi, dan tidak burnout dalam menjalani rutinitas rumah tangga yang padat. Melakukan hobi bisa menjadi salah satu cara ampuh untuk me-time.

Ibu bisa mencari tahu terlebih dahulu jenis hobi atau kegiatan favorit yang dapat membuat ibu merasa lebih nyaman ketika melakukannya. Selain itu, aktivitas me-time juga bisa disesuaikan dengan usia anak. Jika anak masih kecil, cobalah mencari aktivitas yang bisa dilakukan di rumah seperti membuat kue, membaca buku, menonton serial drama, dan lainnya.

Ceritakan Pengalaman Mistis, Inul Daratista Pernah Muntah Darah

Jika anak sudah cukup besar, ibu dapat memanfaatkan waktu saat anak berada di sekolah dengan relaksasi, creambath, atau sekadar berkumpul dengan teman lama.

2. Tiap ibu dan keluarga punya kemampuan 

Ilustrasi keluarga makan bersama.

Photo :
  • U-Report

Saat ini ada banyak sekali konten-konten mengenai keluarga yang dibagikan di media sosial, termasuk konten mengenai keseharian ibu dalam mengurus kebutuhan keluarganya. Terkadang konten-konten tersebut menjadi inspirasi bagi kebanyakan ibu, namun banyak juga yang malah menjadikan hal ini sebagai perbandingan bagi diri sendiri dan pada akhirnya menimbulkan perasaan kecil hati.

Padahal, setiap ibu dan keluarga pasti memiliki keunikan dan tantangannya masing-masing. Jadi, jangan terlalu ambil pusing ya moms, karena hanya akan membuat kita selalu merasa kurang dan stres.

Fokuslah untuk melakukan yang terbaik bagi keluarga dengan kemampuan yang ada dan dengan cara kita sendiri. Karena kitalah yang paling memahami karakter dan kebiasaan keluarga, dan ketahuilah bahwa semua ibu adalah super moms.

3. Rayakan kemenangan sekecil apapun dengan self-reward
Sebagai ibu yang tak kenal hari libur, self-reward menjadi hal yang sangat penting. Kalau bukan kita yang menghargai diri sendiri, lalu siapa lagi? Tak ada salahnya untuk merayakan kemenangan sekecil apa pun setelah melakukan berbagai tugas setiap harinya. Cara memberikan penghargaan kepada diri sendiri cukup beragam dan bisa dilakukan dengan sederhana.

Meluangkan waktu untuk sekadar belanja barang kesukaan, pergi ke salon, hangout dengan teman, atau menikmati semilir angin dari rumah sembari menyantap makanan kesukaan.

Nah, pas banget, untuk menambah kebahagiaan ibu dalam merayakan pencapaian, ibu masih bisa menikmati promo 9.9 Super ShopeePay Deals yang masih berlangsung dengan promo Cashback 100% Seharian, Minimarket Serba Rp90, dan bonus saldo 999RB bagi pengguna yang sering menggunakan ShopeePay THR.

Khusus di tanggal 9-11 September mendatang, ibu bisa menikmati promo yang lebih besar, seperti Voucher ShopeePay Rp1 dan Minimarket Serba Rp1 untuk belanja berbagai stok bulanan di Indomaret, Alfamart, maupun Alfamidi. Kebutuhan keluarga jadi hemat, ibu pun bisa makin semangat, deh.

Nikmati juga ragam kuliner kesukaan untuk apresiasi diri dengan harga spesial, di sejumlah merchant. Caranya mudah, kamu tinggal buka fitur ShopeePay Sekitarmu pada aplikasi Shopee, cari dan beli voucher cashback di merchant yang diinginkan, dan gunakan ShopeePay sebagai metode pembayarannya.

4. Manfaatkan teknologi untuk penuhi kebutuhan keluarga
Di dalam sebuah keluarga, ibu kerap disebut sebagai ‘kuncen’ keluarga. Pasalnya, selain mengerjakan beberapa hal, ibu juga biasanya bertanggung jawab untuk mengurus kebutuhan tiap anggota keluarganya, mulai dari kebutuhan dapur, perlengkapan harian, pendidikan, hingga hiburan. Ditambah lagi, ibu juga masih harus mengurus berbagai hal domestik lainnya, seperti pekerjaan rumah, membimbing anak, dan lain-lain.
 
Di tengah kesibukan dan kebutuhan ibu yang sangat padat, tidak ada salahnya ibu memanfaatkan teknologi yang bisa mempermudah aktivitas dan membantu ibu jadi makin produktif, misalnya ShopeePay untuk bayar, beli, dan transfer ini itu dengan mudah dan ShopeeFood untuk belanja makanan dengan praktis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya