Resep MPASI Bubur Hati Ayam, Baik untuk Tumbuh Kembang Anak

Ilustrasi MPASI.
Ilustrasi MPASI.
Sumber :
  • Freepik/prostooleh

VIVA Lifestyle – Makanan pendamping ASI atau MPASI harus diberikan secara tepat dan seimbang nutrisi agar tumbuh kembang si kecil optimal.

Menurut dokter spesialis gizi klinik dr. Putri Sakti Dwipermanasari, M.Gizi., Sp.GK, pemberian MPASi yang tepat bisa mencegah stunting, meningkatkan daya imunitas anak, kecerdasan, serta mencegah kondisi malnutrisi, kekurangan maupun kelebihan gizi atau obesitas pada anak.

Sesuai dengan rekomendasi WHO dan IDAI, dalam memberikan MPASI dengan mengikuti 4 kuadran. Salah satunya memenuhi kecukupan karbohidrat yaitu 35-60 persen.

Ilustrasi anak makan sayur.

Ilustrasi anak makan sayur.

Photo :
  • U-Report

Kuadran selanjutnya adalah memenuhi kebutuhan protein, diutamakan saat MPASI gunakan protein hewani.

Dalam tayangan Hidup Sehat Plus di tvOne, dr. Putri memberikan resep MPASI yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Resep tersebut adalah bubur hati ayam.

Untuk karbohidrat, dr. Putri menggunakan nasi 60 gram atau setara dengan empat sendok makan.

Sementara proteinnya, digunakan hati ayam yang kaya akan zat besi.

"Untuk anak usia 6 bulan gunakan 30 gram estimasinya setara dua sendok makan," kata dr. Putri.

Kemudian, cukupi juga sebagain dari kacang-kacangan untuk protein nabati, atau bisa dari tahu dan tempe. Untuk resep ini, dr. Putri menggunakan buncis dan wortel.

Ilustrasi MPASI/parenting.

Ilustrasi MPASI/parenting.

Photo :
  • Freepik/cookie_studio

"Jangan lupa minyaknya, untuk anak-anak bisa lebih banyak, 35-45 persen menggunakan minyak kelapa alami. Untuk satu hari berikan 7,5 ml atau satu setnegah sendok teh," jelas dr. Putri.

Untuk memenuhi kebutuhan lemaknya, resep ini menggunakan santan alami. Lalu, garam untuk menambah rasa bisa diganti dengan bubuk teri atau udang. Agar rasanya lebih kaya, bisa menggunakan rempat alami yaitu bawang merah dan bawang putih.

"Perlu diingat bahwa MPASI sayur dan buah sifatnya hanya pengenalan, jadi berikan satu sendok makan saja," tambahnya.

Cara membuatnya:

- Masukkan minyak 7,5
- Jika minyak sudah panas, masukkan bawang merah dan putih setengah siung yang sudah dicincang.
- Masak hingga harum lalu masukkan hati ayam
- Kemudian masukkan sayuran
- Masukkan santan 50 ml
- Tambahkan bubuk teri atau udang sebagai penambah rasa. Penggunaan teri juga baik karena mengandung kalsium yang bagus untuk tulang dan gigi anak.

Jika sudah matang, MPASI bisa dilumatkan menggunakan saringan atau food prosesor. Menurut dr. Putri, tekstur MPASI yang tepat untuk anak 6 bulan adalah yang lumat dan tidak encer.