Mom Harus Tahu, Ini 7 Manfaat Anak Bermain Pasir

Ilustrasi anak main pasir
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Banyak orangtua yang panik saat melihat anak bermain pasir karena dianggap kotor dan khawatir tertelan. Sebenarnya wajar saja, mengingat pasir menyimpan banyak bakteri dan kuman berbahaya. Namun siapa sangka, ternyata anak bermain pasir di pantai atau menggunakan pasir kinetik bermanfaat bagi tumbuh kembang si kecil, lho. Siapa bilang anak harus lebih sering berada di rumah agar terhindar dari penyakit?

Beda dengan Daerah Lain, Driver Ojol di Bali Mesti Wajib Bisa Bahasa Asing

Nyatanya, anak-anak yang lebih sering bermain di luar rumah malah memiliki daya tahan tubuh lebih baik daripada anak-anak yang jarang melakukannya. Sedikit berkotor-kotoran akan membantu anak untuk tidak rentan terhadap penyakit. Usia balita dikenal sebagai masa golden age. Pada masa ini, seorang anak perlu banyak diberikan stimulasi agar ia dapat meningkatkan keterampilan serta kreativitasnya.

Umumnya mengasah kreativitas dengan permainan seperti mewarnai, namun bermain pasir juga dapat meningkatkan kreativitasnya lho! Dengan mengajak anak bermain pasir, nantinya si Kecil dapat memiliki imajinasi yang baik. Ini bisa dimulai dari membuat permainan 'masak-masakan', membentuk bidang geometri, membuat istana dari cetakan pasir, ataupun hal-hal lainnya dengan menggunakan media pasir. Saat anak bermain pasir memang ada banyak hal yang harus diperhatikan. Misalnya kondisi pasir di area tertentu ada yang terkena air sehingga membuat anak lebih mudah jeblos ke dalamnya.

Pro Kontra Eksploitasi Pasir Laut, Pengamat Maritim Bilang Begini

Mom tak perlu panik lagi dan kini wajib tahu apa saja manfaat anak bermain pasir. Simak penjelasan di bawah ini ya!

1. Meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak

Tiongkok Ingin Menjadi Negara Adidaya Kapal Induk Seperti Angkatan Laut AS

Ilustrasi anak main pasir

Photo :
  • Pixabay

Anak-anak kerap menggunakan pasir untuk membuat sebuah bentuk seperti istana, gunung, atau apa pun yang mereka inginkan. Meski kelihatannya sepele, hal-hal kecil seperti inilah yang dapat membantu anak dalam membangun imajinasinya.

Dengan membiarkan anak bermain pasir, Anda mungkin akan mengetahui potensi lain yang tak pernah terlihat sebelumnya. Baik dari cara si kecil menggunakan benda-benda lain seperti mobil-mobilan sebagai pelengkap rumah pasirnya, atau bagaimana ia melakukan cara tertentu agar istananya tak mudah hancur. Melalui kegiatan bermain inilah anak akan belajar untuk menciptakan sebuah produk dari awal sampai akhir.

2. Melatih kemampuan sensorik anak

Ilustrasi anak main pasir

Photo :
  • Pixabay

Bermain pasir punya manfaat kepada anak-anak untuk belajar tentang perbedaan tekstur dan melatih indra perabanya. Saat membentuk sesuatu dengan pasir dan air, anak akan merasakan perbedaan tekstur yang dihasilkan dari pasir yang dicampur dengan bahan lainnya. Hal ini nantinya akan menjadi informasi baru yang akan diserap oleh si kecil.

3. Melatih konsentrasi anak

Ilustrasi anak main pasir

Photo :
  • Pixabay

Terkadang, guru atau orang tua kewalahan menghadapi si kecil yang mudah teralihkan perhatiannya. Ternyata hal ini bisa dilatih saat anak bermain pasir. Anak tentunya memiliki gambaran atas bangunan apa yang akan dibentuk dengan menggunakan pasir.

Dalam setiap langkahnya, mulai dari menyentuh, menambahkan air, sampai menumpuk pasir, secara tak sadar anak telah dibuat fokus untuk mengerjakannya sampai selesai. Bermain pasir punya manfaat melatih anak untuk lebih berkonsentrasi pada tugas yang ada.

4. Melatih kemampuan motorik anak

Ilustrasi anak main pasir

Photo :
  • Pixabay

Bukan cuma kotor-kotoran, kegiatan ini juga dapat membantu meningkatkan kemampuan motorik anak lho! Pergerakan seperti memindahkan pasir dari tempat satu ke yang lainnya dan bermain menggunakan sekop juga akan mengasah keterampilannya dalam menggerakkan tubuh. Selain itu, saat mengangkat pasir yang ada dalam embernya, si kecil juga sekaligus melatih kekuatan otot-ototnya.

5. Mengenalkan tekstur

Ilustrasi anak main pasir

Photo :
  • Pixabay

Manfaat anak bermain pasir berikutnya adalah mengasah kemampuan sensorik dengan mengenalkan tekstur. Bahkan, kegiatan ini juga dapat melatih kemampuan indera peraba si kecil, loh!

Misalnya dalam kondisi pasir kering, si kecil bisa mengenal tekstur yang kasar dengan butiran-butiran kecilnya. Sementara itu, saat pasir dicampur dengan air si kecil akan merasakan tekstur yang lebih lembek dan sedikit lengket.

6. Kegiatan belajar mengenal huruf

Ilustrasi anak main pasir

Photo :
  • Pixabay

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bermain pasir bisa menjadi kegiatan belajar yang menyenangkan. Salah satunya kegiatan belajar mengenal huruf.

Caranya sangat mudah, Mama cukup menuliskan huruf di atas permukaan pasir. Bahkan, kita juga bisa membeli cetakan berbentuk huruf-huruf agar si kecil lebih tertarik belajar. Dijamin kegiatan bermain dan belajar semakin seru, deh!

7. Meningkatkan kemampuan bersosialisasi

Ilustrasi anak main pasir

Photo :
  • Pixabay

Walaupun sebagian besar balita memiliki kemampuan kepercayaan diri yang baik, ada beberapa anak yang cenderung lebih pemalu dan kesulitan untuk bersosialisasi. Nah dengan bermain pasir, terutama di tempat yang ramai anak-anak, si Kecil dapat mulai bermain bersama teman-teman yang lain. Ini dapat membantu meningkatkan kemampuan sosial anak dengan baik.

Tidak hanya saling berkenalan, ia bahkan juga bisa saling mengobrol satu sama lain, mengenai apa yang dilakukan oleh temannya hingga meminjam mainannya. Maka tak jarang jika bermain pasir, akan membuat anak cepat akrab dengan teman-teman yang baru ditemui.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya