Anak Gemuk Sulit Disunat, Apa Solusinya?

Ilustrasi anak gemuk/obesitas.
Sumber :
  • iStockphoto.

VIVA Parenting – Di Indonesia, sunat merupakan tradisi yang rutin dilakukan, khususnya bagi kalangan masyarakat Muslim. Sunat adalah tindakan pengangkatan kulit kulup, yang menutupi kepala penis. Selain sebagai tradisi, sunat bertujuan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan alat reproduksi laki-laki, serta mencegah berbagai infeksi dan penyakit.

Anak Masuk Rumah Sakit, Ayu Dewi Sedih dan Minta Bantu Doa

Namun, walaupun sunat sudah menjadi tindakan yang umum dilakukan, ada beberapa kondisi yang membuat anak sulit untuk disunat, salah satunya ialah kegemukan. Scroll untuk informasi lebih lanjut.

Banyak anak gemuk yang memiliki penis pendek atau tenggelam dalam lemak perut. Hal ini menyebabkan beberapa dokter atau klinik sunat terpaksa menunda proses khitan sampai anak turun berat badan. Sementara diet, sulit dilakukan terutama pada usia anak.

Soal Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Adopsi Anak, Ramalan Hard Gumay Bikin Tercengang

Kondisi tersebutlah yang membuat prosedur sunat pada anak gemuk memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Dokter atau tim medis yang menanganinya pun akan sulit menentukan seberapa banyak kulit penis atau kulup yang akan dipotong, akibat sebagian anatomi penis yang tersembunyi. 

Ilustrasi sunat

Photo :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
Heboh, Ramalan Hard Gumay Soal Nagita Slavina Punya Anak Perempuan Jadi Kenyataan

Bila kulit kulup yang dibuang terlalu banyak, penis akan terlihat pendek saat ereksi. Sebaliknya, jika kulit kulup diambil terlalu sedikit, justru berisiko membuat penis tertutup kulup, atau kembali ke kondisi seperti sebelum disunat. Lalu, apa solusinya?

Untungnya, kini si kecil yang gemuk tetap bisa melakukan sunat tanpa harus diet atau melakukan terapi hormon terlebih dahulu. Teknik sunat khusus anak gemuk ini dilakukan dengan membuat sayatan, jahitan, dan simpul yang berbeda dengan teknik sunat pada umumnya. 

Jarum yang digunakan juga dipilih sekecil mungkin agar tidak terjadi perdarahan. Selain itu, pembiusan dan jahitannya juga dibuat lebih rapat untuk mencegah kulit kulup menutup lagi. Dengan teknik khusus ini, si kecil yang gemuk pun tak akan berisiko mengalami penis pendek atau harus reparasi sunat.

Direktur Utama Khitan CPlus, Dheasita Permata, mengatakan, Khitan C Plus telah menjadi salah satu klinik rujukan terbaik bagi klinik lainnya yang tidak mampu menangani tindakan sunat gemuk. 

Ilustrasi-Sunat anak laki-laki

Photo :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

"Kami berupaya menerapkan teknik sunat yang minim sakit dan cepat sembuh dengan hasil yang baik, bersama tenaga medis yang berpengalaman dengan segala tingkat kesulitan. Jadi, semua bisa disunat di Khitan C-Plus," ujar Dheasita dalam keterangannya, Kamis 15 September 2022. 

Salah satu orangtua yang datang ke Khitan C-Plus, turut menceritakan pengalamannya. 

"Sebelumnya saya sudah datang ke klinik lain, tapi setelah diperiksa ternyata enggak bisa disunat di hari itu karena katanya gemuk. Terus saya tanya-tanya ke sanak saudara dan teman, sambil cari-cari di internet, dapat rekomendasi di Khitan C-Plus. Alhamdulillah, setelah reservasi anak saya bisa langsung disunat, pokoknya cepet dan ga ribet," ungkapnya. 

Dheasita melanjutkan, selain kepuasan pasien dari pelayanan sunat terbaik, kenyamanan pasien di luar pelayanan sunat juga menjadi prioritas mereka. 

“Khitan C-Plus dibangun dengan gedung yang besar dan tempat parkir indoor yang luas, dengan kebersihan dan kerapihan yang terjaga serta staf administrasi yang memadai dan sistem antrean yang baik, sehingga membuat antrean menunggu menjadi nyaman dan tidak lama. Walaupun pasien sedang ramai utamanya saat liburan sekolah, kami ingin selalu memberikan pelayanan yang berkelas dan berkualitas," tutur Dheasita.

Saat ini, Khitan C-Plus berada di dua tempat, yaitu Cikarang dan Cibarusah, Bekasi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya