Pengaruhi Kepribadian, Kenalkan Konsep Cita-cita pada Anak Sejak Kecil

Ilustrasi anak anak
Sumber :
  • sheknows.com

VIVA Lifestyle – Si kecil sudah tahu ke depannya ia mau menjalankan profesi seperti apa? Jika belum, maka ini saatnya Anda mengenalkan konsep cita cita pada anak. Pasalnya, memiliki cita-cita sejak dini memiliki banyak manfaat.

Pengakuan Mengejutkan Wanita yang Bunuh Keponakan Lalu Disembunyikan di Tempat Dupa

Selain mampu memberikan gambaran masa depan kepada si kecil, cita-cita juga dinilai bisa meningkatkan fokus dan motivasi yang tinggi pada buah hati. Scroll untuk simak selengkapnya.

Cita-cita memiliki pengaruh yang kuat untuk kepribadian anak. Sebab, menginginkan suatu profesi pekerjaan dalam kehidupan, membuat anak mendapatkan model di kehidupan mendatang. Anak berusia usia dini sangat terbatas mengenali berbagai macam profesi yang ada di sekitarnya. 

4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Suci Winata Masih Setia

Salah satu Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini dan Taman Kanak-kanak, Wensen School Indonesia mengadakan field trip ke satu pusat bermain terbesar di Jakarta, yaitu Kidzania.

Seperti diketahui bersama, field trip merupakan kunjungan karyawisata, biasa diadakan sekolah yang dapat menunjang pengetahuan anak melalui pembelajaran di luar kelas dengan mendatangi beberapa destinasi yang telah ditentukan.

Tantrum Anak Bukan Hal Seram! Ini Rahasia Mengatasinya dengan Bijak

Kegiatan field trip ini bukan hanya sekadar kegiatan di mana anak hanya asyik bermain di luar lingkungan sekolah, namun anak tetap bisa diajak untuk belajar. Namun kegiatan ini juga untuk anak belajar dunia luar yang lebih luas dan tentu saja dengan kegiatan ini mengajarkan anak untuk bersosialisasi dan belajar sabar.

Memberikan warna dan pengalaman baru bagi murid dan pendidik adalah tujuan utama yang disampaikan langsung oleh Ketua Yayasan Wensen School Indonesia, Meita Irianty atau akrab disapa bu Tata ini.

“Field trip merupakan salah satu fasilitas kegiatan gratis bagi seluruh siswa Wensen School. Biasanya diadakan minimal setiap satu bulan sekali. Di sini kita bisa melihat langsung aktifitas anak-anak membaur dengan sekitarnya. Dan yang terpenting dari semua itu adalah anak-anak semakin mengenal profesi pekerjaan yang ada di kehidupan dewasa nanti,” kata Tata.

Ilustrasi anak belajar.

Photo :
  • U-Report

Selaku Kepala Sekolah dari Wensen School Indonesia, Thasya Anzania Maulana, S.Psi pun memaparkan alasan kenapa Wensen School Indonesia mengadakan field trip indoor kali ini.

"Sebelumnya kita mau memperkenalkan hewan-hewan seperti lebah. Sekarang kita memperkenalkan profesi, supaya mereka tahu mau menjadi apa kelak," kata Thasya.

"Kita itu mau mengenalkan berbagai macam profesi, sebab anak hanya beberapa saja yang tahu (soal profesi pekerjaan) itu dokter, polisi dan Tapi profesi nggak hanya itu, ada apoteker, bersih bersih kaca, masak dan disini banyak berbagai macam profesi bahkan lebih dari 50 profesi ada disini, dan disini kita mau ngenalin profesi disini," ujarnya.

Bahkan, Thasya mengatakan kegiatan field trip ini  dapat  memperkenalkan anak-anak soal profesi dan apa yang didapat dari profesi tersebut.

"Dari kegiatan ini memperkenalkan bahwa ini loh dunia pekerjaan, bekerja itu ada mendapatkan gaji, dia (para pekerja) bekerja mencari gaji. Gajinya buat jalan-jalan, ikut wahana world climbing berbayar, ngenali dunia pekerjaan," ujar Thasya.

Selain itu, Mom Influencer sekaligus Parenting Enthusiast Vika Prasetia mengatakan bahwa kegiatan field trip yang diadakan Wensen School Indonesia selalu seru, menarik, dan menambah pengalaman kedua anaknya. Diakui Vika, ini merupakan pengalaman pertama sang buh buah hati.

“Aku pikir kayak playground kecil. Ternyata gede banget dan dibuatnya kayak miniatur asli dan pabrik asli, di sini anak-anak dapat pengalaman langsung gimana kerja bikin cokelat hingga jadi pembalap," kata Vika 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya