Catat Moms, 8 Persiapan Travelling Bareng Si Kecil Jelang Liburan

Liburan bersama keluarga.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Parenting – Jelang akhir tahun, biasanya sudah banyak keluarga yang mempersiapkan rencana liburan untuk mengeksplor tempat baru atau sekadar membangun bonding dengan anak dan pasangan. Akan tetapi, bepergian dengan si kecil tentu menjadi tantangan tersendiri sehingga membutuhkan berbagai persiapan yang matang.

Long Weekend Hemat! 5 Rekomendasi Wisata Gratis dan Seru di Jakarta

Bepergian bisa jadi membingungkan dan menjenuhkan bagi anak yang baru pertama kali atau jarang melakukannya. Hal ini dapat memicu si kecil menjadi tak nyaman hingga akhirnya menangis tanpa henti. Untuk itu, American Academy of Pediatrics (AAP) memiliki tips berikut untuk perjalanan keluarga yang aman dan bebas stres dengan pesawat, dikutip dari laman Healthy Children.

5 Tips Anti Ribet Liburan Bareng Sang Buah Hati Yang Masih Balita

Photo :
  • U-Report
Mantan Anak Buah SYL Sebut Kementan RI Bela-belain Bayar Rp 1 M Buat Sewa Private Jet

1.Tiba lebih awal

Berikan waktu ekstra bagi keluarga Anda untuk melewati keamanan - terutama saat bepergian dengan anak kecil. Maka, usahakan sudah di bandara beberapa jam sebelum waktu pesawat lepas landas. 

Libur Panjang, Wisatawan Bisa Hubungi Kapolres Bogor Jika Kena Pungli Preman

2.Diskusikan dengan anak

Pertama, mintalah anak-anak memakai sepatu dan pakaian lapisan luar yang mudah dilepas untuk pemeriksaan keamanan. Bicarakan dengan anak Anda tentang proses pemeriksaan keamanan sebelum datang ke bandara. Beri tahu mereka bahwa tas (ransel, boneka, dll.) harus dimasukkan ke dalam mesin sinar-X dan akan keluar dari ujung yang lain dan dikembalikan kepada mereka.

3.Protokol kesehatan

Sering-seringlah mencuci tangan, dan pertimbangkan untuk membawa gel pencuci tangan dan tisu desinfektan untuk mencegah penyakit selama perjalanan. Tak lupa, masker harus tetap digunakan selama perjalanan.

4.Konsultasikan ke dokter

Konsultasikan dengan dokter anak Anda sebelum terbang dengan bayi baru lahir atau bayi yang memiliki masalah jantung atau paru-paru kronis atau dengan gejala pernapasan atas atau bawah.

Anak dalam mobil.

Photo :
  • U-Report

5.Kursi anak

Atur untuk memiliki kursi mobil di tempat tujuan Anda atau bawa kursi Anda sendiri. Maskapai biasanya akan mengizinkan keluarga untuk membawa kursi pengaman mobil anak sebagai barang bagasi tambahan tanpa biaya bagasi tambahan. Periksa situs web maskapai sebelumnya sehingga Anda mengetahui kebijakan mereka sebelum Anda tiba di bandara

6.Pasang sabuk pengaman

Saat bepergian dengan pesawat terbang, perlindungan terbaik bagi seorang anak adalah memakai sabuk pengaman di kursi pengaman yang sesuai dengan usia, berat, dan tinggi anak tersebut. Anak-anak dengan berat lebih dari 40 lbs dapat menggunakan sabuk pengaman pesawat. Kursi pengaman mobil harus memiliki label yang menyatakan bahwa kursi tersebut telah disetujui FAA.

7.Mainan dan makanan

Kemasi sekantong mainan dan makanan ringan untuk membuat anak Anda sibuk selama penerbangan. Untuk mengurangi sakit telinga saat turun, dorong bayi Anda untuk menyusu atau mengisap botol. Anak yang lebih besar dapat mencoba mengunyah permen karet atau minum cairan dengan sedotan.

8.Stroller praktis

Stroller atau kereta bayi dapat dibawa melalui keamanan bandara dan pemeriksaan gerbang untuk memudahkan perjalanan dengan anak kecil. Bicara soal stroller ini, distributor resmi Joie Signature di Indonesia Erwin L mengatakan bahwa pihaknya memahami kebutuhan para orangtua untuk melakukan perjalanan yang nyaman dan aman bersama si kecil. Itu sebabnya, bersamaan dengan diselenggarakannya MB Fair di JCC Senayan, 13-16 Oktober ini, diluncurkan produk terbaru Joie Signature Parcel. 

“Dikutip dari berbagai pendapat ahli, stroller yang paling tepat untuk dibawa traveling adalah yang paling ringan, mudah diangkat, dan mudah dilipat menjadi lebih kecil, sehingga tidak akan memakan banyak tempat. Nah, stroller Joie Signature Parcel yang bisa digunakan sejak buah hati lahir (newborn) hingga berat 22 kg ini memiliki bentuk yang compact, sangat ringan hanya 6,9 kg, sehingga dapat dengan mudah dibawa kemana pun, bahkan disimpan di kabin pesawat,” tegas Erwin.

Joie Signature Parcel bisa dengan mudah dilipat, dibawa dalam tas khusus yang sudah disediakan sehingga sangat ringan dan tidak merepotkan. Produk yang bakal membuat orangtua lebih tenang ini memberikan tiga pilihan posisi kenyamanan untuk buah hati, yakni posisi tidur, bersandar, dan posisi duduk. Joie Signature Parcel menyertakan teknlogi pengereman stroller yang bisa dilakukan dalam satu sentuhan serta dilengkapi dengan kanopi UPF 50+ untuk menjaga dampak buruk sinar matahari pada buah hati. 

Keamanan juga didesain di gesper penahan dengan sistem magnetik autoclick. Sabuk pengaman juga memiliki 5 titik soft touch yang memudahkan dan melengkapi keamanan. Selain itu, roda putar depan dapat dikunci untuk mengatasi medan jalan yang berat.

Desain Joie Signature Parcel juga memperhitungkan bagian sandaran stroller. Agar buah hati tetap merasa sejuk, ada jendela berbentuk jala untuk meningkatkan sirkulasi udara di dalam stroller. Ada pula jendela yang bisa digunakan moms untuk mengawasi buah hati saat menikmati kenyamanan di dalam strollernya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya