Demam dan Pilek Menyerang, Ketahui 10 Resep Herbal Flu Anak

Anak flu
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle – Resep herbal flu anak menjadi salah satu referensi yang saat ini banyak dicari orang tua. Hal ini dikarenakan semakin banyak bayi, balita dan anak-anak yang mengalami flu dan demam. Apalagi kondisi cuaca yang tak menentu, panas dan hujan yang deras tentu akan mempengaruhi kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, resep herbal menjadi obat yang ampuh dan mudah dibuat di rumah. Namun, jika kondisi anak sudah berhari-hari tak kunjung sembuh, maka harus dikonsultasikan kepada dokter.

Tantrum Anak Bukan Hal Seram! Ini Rahasia Mengatasinya dengan Bijak

Siapapun yang mengalami penyakit ini tentu saja merasa tidak nyaman dan akan mengganggu aktivitas atau pekerjaan sehari-hari. Gejala yang umum dikeluhkan pada penderita pilek adalah badan terasa tidak enak, demam, rasa pegal linu, lemas, lesu, bersin-bersin, hidung tersumbat atau berair hingga badan terasa nyeri di otot-otot dan sendi.

Meskipun kebanyakan penderita pilek akan sembuh dalam hitungan hari dengan mengonsumsi vitamin dan istirahat. Namun, kamu bisa mengatasi pilek pada anak dengan memanfaatkan resep herbal sebagai berikut ini:

Yang Harus Dilakukan Orang Tua Saat Anak Mulai Sakit, Dokter: Jangan Diajak ke Mall!

1. ASI

Ibu menyusui

Photo :
  • flickr
Trik ala Tasya Kamila agar Anak Gak Gampang Sakit, Bisa Dicontek Bun!

Obat pilek alami untuk bayi yang pertama adalah ASI. Tidak ada sesuatu apa pun yang lebih hebat daripada ASI dalam membantu menyembuhkan pilek ringan pada Si Kecil.

Faktanya, ASI dapat bekerja sebagai obat alami pilek untuk bayi, bahkan untuk Si Kecil yang berusia 6 bulan atau lebih. Memberikan ASI secara teratur dengan menyusui juga membantu menenangkan bayi yang rewel. Selain itu, menyusui juga bisa meningkatkan bonding antara Moms dan Si Kecil, lho.

2. Madu

Ilustrasi madu manuka

Photo :
  • healthline.com

Obat pilek alami untuk anak yang pertama adalah madu. Pasalnya madu mengandung anti mikroba yang membantu melawan virus penyebab flu. Sementara rasa manis dari madu membantu produksi saliva yang bisa mengencerkan lendir sehingga mudah dikeluarkan.

Ada banyak cara menyajikan madu sebagai obat pilek alami untuk anak. Kamu bisa mencampurnya dengan perasan jeruk lemon, atau campuran madu dengan air jahe. Semuanya sama-sama efektif meredakan gejala batuk dan pilek pada anak.

3. Lemon

Manfaat lemon

Photo :
  • stardaily

Lemon memiliki kandungan senyawa yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan sakit dan radikal bebas di dalam tubuh. Perasan jeruk lemon dengan madu adalah obat pilek anak alami untuk anak yang cukup efektif. Bila anak suka dengan rasanya, kamu bisa memberinya potongan jeruk lemon untuk diisap.

4. Air garam

kumur air garam

Photo :
  • U-Report

Cara lain yang bisa kamu pilih untuk mengatasi pilek pada anak adalah dengan menyuruh anak untuk berkumur air garam. Caranya sederhana campurkan garam halus dan air hangat dan gunakan untuk berkumur.

5. Cukup Istirahat

Anak sedang tidur.

Photo :
  • vstory

Istirahat sangat berhubungan dengan sistem imunitas tubuh. Pastikan si Kecil cukup tidur agar sistem imun si Kecil menjadi lebih baik, sehingga bisa melawan batuk dan pilek. Pastikan pula si Kecil tidur dengan nyaman. Jauhkan si Kecil dari area berdebu. Debu yang berlebihan akan membuat batuk dan obat pilek anak tak kunjung sembuh karena saluran pernapasannya terganggu.

6. Susu campur kunyit

Gambar Kunyit

Photo :
  • U-Report

Kunyit dikenal ampuh untuk melawan virus dan bakteri. Tak hanya itu, kunyit juga bisa melembapkan tenggorokan kering dan melancarkan pernapasan. Jadi, ada baiknya Ibu mencoba mencampurkan sedikit kunyit pada susu.

7. Sup ayam

Ilustrasi Sup Ayam

Photo :
  • VIVA.co.id/Tasya Paramitha

Cairan hangat dapat membantu mengurangi gejala hidung tersumbat dan efektif sebagai obat pilek bayi. Sup atau makanan hangat lainnya dapat menjadi obat pilek ampuh bagi anak. Penelitian telah menunjukkan bahwa sup ayam dapat membantu meredakan gejala flu seperti nyeri, lemas, hidung tersumbat, dan demam. Dengan kata lain, sup ayam diyakini dapat menjadi obat pilek anak dengan bahan tradisional yang ampuh.

8. Jeruk nipis dan teh kental

Jeruk Nipis

Photo :
  • U-Report

Ramuan ini tidak boleh diberikan pada balita. Anak usia 6 tahun ke atas bisa meminumnya 3 kali sehari, sebanyak setengah cangkir. Bahan yang Bunda perlukan adalah 6 sendok teh air jeruk nipis, secangkir air teh kental, gula batu secukupnya. Cara membuat yakni dengan mencampur semua bahan hingga larut, lalu minum semuanya sampai habis.

9. Bawang merah

Bawang Merah

Photo :
  • Pixabay/ Klimkin

Bahan yang diperlukan adalah 2-3 siung bawang merah, 4 sendok teh minyak kelapa, 1 sendok makan garam dapur, 3 tetes minyak kayu putih. Cara membuatnya, campur semua bahan menjadi satu dalam wadah yang bersih. Aduk rata, lalu oleskan pada bagian telapak kaki anak, punggung, dan dada.

10. Bunga belimbing wuluh

Ilustrasi Belimbing Wuluh

Photo :
  • U-Report

Bahan yang diperlukan yakni segenggam bunga belimbing wuluh, satu jari rimpang temu giring, satu jari rimpang kencur, satu jari kulit kayu manis, dua siung bawang merah, 1/4 genggam pegagan, 1/4 genggam daun saga, 1/4 genggam daun sendok, 5 gelas air, dan madu secukupnya.

Cara membuat dengan mencuci bersih semua bahan, potong kecil semua bahan yang perlu dipotong. Campur semua bahan, masukkan dalam wadah tertutup yang sudah terisi 5 gelas air. Rebus sampai mendidih hingga menyisakan 2 1⁄2 air. Angkat dari api dengan wadah tertutup rapat. Dinginkan, saring lalu campur dengan madu. Minum 3 x sehari sebanyak 3⁄4 gelas

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya