Tips Pilih Peralatan Makan yang Aman untuk Anak, Nomor 2 Penting Banget

Ilustrasi pola makan anak
Sumber :
  • Pixabay/heikeschuchert

VIVA Parenting – Momen paling menyenangkan untuk para ibu salah satunya mempersiapkan MPASI untuk si kecil. Selain mempelajari tumbuh kembang bayi, banyak juga yang perlu dipelajari agar kebutuhan terpenuhi.

Selamat! Mpok Alpa Umumkan Hamil di Usia 37 Tahun

Salah satunya peralatan makan, bunda harus tepat memilih produk yang aman untuk sang buah hati agar si kecil semakin pintar dan mudah dalam hal menyantap makanan, serta tentu saja kesehatannya tetap terjaga. Berikut beberapa tipsnya, dikutip dari siaran pers NOOMI Indonesia, Senin 7 November 2022. 

Sendok dan garpu anti sedak
Untuk memudahkan si kecil saat mengonsumsi makanan yang disajikan, penting untuk menyiapkan alat makan berupa sendok dan garpu yang aman.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Produk first spoon dan fork (sendok dan garpu anti sedak) bisa jadi pilihan untuk melatih si kecil makan secara mandiri. Sendok dan garpu ini dirancang khusus untuk mencegah anak tidak tersedak karena terdapat penahan pada bagian sendok dan garpu. Produk ini juga diklaim aman digunakan anak karena terbuat dari silikon dengan standar food grade dan bebas BPA.

10 Makanan Wajib Dihindari Jika Ingin Awet Muda Seperti Ade Rai, Nomor 2 Paling Sulit

Peralatan makan bebas BPA
Set peralatan makan MPASI ini terbuat dari plastik yang bebas BPA dan terdiri dari piring makan, compartment plate, mangkuk, dua sendok, dan cangkir MagMag untuk melatih bayi memegang cangkir minumnya sendiri. Cangkirnya memiliki beberapa tahapan penyesap yang bisa disesuaikan dengan kemampuan bayi.

Mulai dari dot peristaltik yang lembut dan elastis, lalu spout silikon lembut dan elastis untuk melatih bayi minum menggunakan bentuk selain dot. Ada juga sedotan silikon lembut untuk memudahkan bayi saat minum. Kemudian, terdapat drinking lid yang dapat dibongkar pasang dengan dua lubang.

Set peralatan makan unik
Memilih produk peralatan makan yang unik juga tak kalah penting agar si kecil semangat dan ceria saat mengonsumsi makanan yang Anda siapkan. Namun, demi keamanan anak, tentu wajib mencari peralatan makan yang sudah teruji keamanannya. Salah satunya dengan memilih peralatan yang terbuat dari bahan BPA Free seperti milik BabySafe.

Feeding set
Richell LO Feeding Set 3 mudah digunakan oleh bayi karena pegangan sendok dan garpunya empuk. Kemudian, anti slip di bawah mangkuk serta piring membuat makanan tidak mudah tumpah. Peralatan makan ini juga mudah dibersihkan dan dicuci, serta bisa disterilisasi di microwave dan air mendidih.

Peralatan makan ini berasal dari Jepang dan terbuat dari bahan yang aman karena sudah bebas BPA, sehingga si kecil dapat nyaman menggunakannya. Dalam satu set, terdapat 8 peralatan makan yang terdiri dari garpu, sendok, sendok sup, mangkuk anti slip, mangkuk nasi, cangkir minum dengan pegangan, piring makan khusus, dan juga tutup mangkuk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya