Pentingnya Memberikan Reward untuk Buah Hati, Apa Saja Bentuknya?

Ilustrasi kado, hadiah, hari ibu, reward
Sumber :
  • Pixabay/ Moilanen

VIVA Parenting - Ada banyak cara yang bisa dilakukan ayah dan bunda dalam memberikan dukungan untuk buah hati. Sebagai bentuk apresiasi, memberikan reward buat si kecil juga bisa dilakukan. Apa bentuknya?

KPU Tangerang Sebut Proses Pendaftaran Pemilukada 2024 Dibuka Mei

Seperti diketahui, reward bisa menjadi salah satu dukungan dari orang tua sebagai bentuk apresiasi kepada anak atas pencapaian yang sudah didapatkan. Pencapaian yang dimaksud tidak harus selalu besar dan berharga namun bisa juga dimulai dari perbuatan kecil, seperti merapikan tempat tidur, menyikat gigi sebelum tidur, mengerjakan tugas sekolah, hingga membantu orangtua membersihkan rumah.

Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi, psikolog anak dan remaja lewat rilis yang diterima VIVA menerangkan, “Terdapat dua macam bentuk reward, dimana ada material dan juga social rewards." 

Bukan Foya-Foya, Kartika Putri Ngaku Tas Branded Adalah Hadiah dari Habib Usman

Ilustrasi ibu dan anak/parenting.

Photo :
  • Freepik/bristekjegor

Kalau material rewards, merupakan apresiasi yang diberikan dalam bentuk benda seperti makanan ringan favorit anak, mainan, stiker, atau benda lain yang sedang digemari oleh anak. Sedangkan, social rewards, berupa afeksi (peluk-cium, senyuman, belaian atau tepukan di pundak), pujian ("wah, kamu berhasil merakit mainannya sendiri") dan aktivitas (ekstra waktu bermain/menonton, ditemani ibu merakit mainan).

Menlu Iran Olok-olok Drone Israel sebagai "Mainan Anak-anak Kita"

“Ada kalanya, reward perlu diberi bobot lebih untuk membentuk perilaku-perilaku yang diharapkan muncul pada anak. Maka dari itu, reward bisa juga diberikan berdasarkan kesepakatan. Sebagai contoh, ibu dan anak menyepakati bahwa anak akan mendapatkan reward berupa cokelat kesukaannya jika hari ini dia ingat untuk mengerjakan PR tanpa diingatkan.” tutup Vera.     

Ilustrasi ibu dan anak/parenting/anak bermain.

Photo :
  • Freepik/gpointstudio

Kinder Joy, camilan yang terdiri dari cokelat yang lezat, lembut, dan renyah dengan rasa krim susu, hari ini, 11 November 2022 meluncurkan mainan edisi terbaru: Ice World and Magic Castle. Melalui edisi ini, diharapkan bisa memicu kreativitas dan imajinasi melalui aktivitas merakit dan bermain dengan karakter yang berbeda-beda dari dunia Ice World dan Magic Castle yang bisa memberikan pengalaman yang menyenangkan dalam setiap momen pertumbuhan anak. 

Juliana Saputera, Head of Marketing for Kinder South East Asia, menjelaskan “Senang sekali Kinder Joy dapat hadir memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi masa kecil si buah hati dan menjadi solusi bagi orang tua dalam memberikan reward kepada anak atas perilaku baik yang telah dilakukan."

Edisi mainan terbaru ini dilengkapi dengan berbagai mainan karakter yang dapat mendorong kreativitas dan imajinasi anak, dimana dengan merakit mainan ini, juga memberikan kesempatan bagi orang tua dan anak untuk dapat mempererat hubungan dan menghabiskan waktu bersama.

“Masa kecil buah hati adalah momen yang paling penting dalam pertumbuhan dan pembentukan perilaku si buah hati kedepannya. Kinder Joy menyelenggarakan Kinder Joy Wonderland sebagai upaya dalam membahagiakan si buah hati untuk menghabiskan waktu bersama dengan orang tuanya dengan mengikuti sejumlah kegiatan menarik yang tersedia, mulai dari Magic Bouncy Castle and Train Ride, Ice Rock Climbing, DIY Your Own Head Gear, Manicure, dan Photo Booth.” ujar Juliana.    

Kinder Joy Wonderland  diselenggarakan oleh Kinder Joy dalam rangka peluncuran mainan edisi terbaru  Kinder Joy: Ice World & Magic Castle yang berlangsung pada 12-13 November 2022 di Lippo Puri Mall, Jakarta. Selama acara berlangsung, akan diadakan juga berbagai aktivitas bagi si buah hati dalam menghabiskan waktu bersama orang tua seperti Express Train to Magic Cave, Ice World Rock Climbing, Inflatable Obstacles dan lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya