Teknik ABCDE, Trik Pakar Cegah Si Kecil Rewel Imbas Ruam Popok

Ilustrasi popok bayi
Sumber :
  • pixabay/Ajale

VIVA Parenting – Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), ruam popok pada bayi memang tidak mengancam jiwa, namun akan sangat mengganggu anak dan menyebabkan bayi rewel. Bila terjadi ruam dan tidak diatasi dengan baik, dapat terjadi infeksi sekunder, yaitu infeksi yang terjadi bersamaan dengan infeksi sebelumnya yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur pada kulit. 

Senada dengan BNPT, Guru Besar UI Sebut Perempuan, Anak dan Remaja Rentan Terpapar Radikalisme

"Semakin lama area yang mengalami ruam kontak dengan feses, iritasi akan semakin parah begitu juga dengan ruam popok. Oleh karena itu, penting bagi Ibu untuk membantu mengatasi risiko ruam popok. Salah satu perawatan yang tepat bagi bayi untuk mengatasi risiko ruam popok adalah dengan melakukan terapi “ABCDE”, ujar dokter spesialis anak, dr. S.T Andreas Christian Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A, dalam keterangan pers Makuku Indonesia.

ABCD merujuk pada Air, Barrier, Cleansing, Diaper, dan Edukasi. Air atau udara, di mana pada area tertutupi popok harus sesering mungkin terkena udara dengan membuka popok secara berkala.

Kemen-PPPA: Perempuan Lebih Rentan Terdampak Perubahan Iklim karena Peran Tradisional Gender

Lalu, Barrier atau pelindung, seperti mengoleskan krim barrier (misalkan zink oksida atau petrolatum) ke area yang tertutup popok untuk bayi yang berisiko terkena dermatitis popok. Lanjut, Cleansing atau pembersihan, selalu bersihkan area terkena popok dengan lembut menggunakan air setiap penggantian popok, hindari menggosok kuat. Diaper atau popok, di mana gunakan popok daya serap tinggi dan hindari popok kain. 

"Ganti popok setiap 1 hingga 3 jam. Serta, Edukasi yang mana orang tua harus diberi edukasi tata cara pencegahan dan pengobatan dermatitis popok," tambahnya.

SNBP Tahun 2024, USU Terima 2.244 Mahasiswa Baru

Senada, istri Dion Wiyoko sekaligus ibu anak satu, Fiona Anthony, merasa peran popok sangat besar dalam menjaga kenyamanan si kecil. Menurutnya, mengganti popok secara berkala merupakan bentuk perawatan yang tepat untuk mengatasi risiko ruam popok bayi. 

"Selain itu, pemilihan popok dengan daya serap yang tinggi juga tidak kalah pentingnya," tuturnya.

Sama pentingnya dengan perawatan bayi, kata Fiona, edukasi bagi para Ibu juga penting terutama untuk kesehatan bayi. Hal tersebut bisa didapatkannya dari konsultasi mau pun media sosial terpercaya yang membagikan informasi akurat mengenai pola pengasuhan anak.

"Sebagai seorang Ibu, saya juga sangat bersemangat untuk mendengarkan cerita dari Ibu lain dan membagikan pengalaman saya secara pribadi sebagai seorang Ibu dalam MAKUKU Live Shopping di TikTok. Para Ibu juga nantinya akan dapat mengkonfirmasi secara langsung pada dokter yang merupakan ahlinya," imbuhnya.

Alasan inilah yang menyebabkan edukasi mengenai ruam popok harus terus dilakukan. Dalam rangka MAKUKU 12.12 Live Shopping, akan melakukan edukasi kepada Ibu dan kali ini edukasi dilakukan di platform TikTok bersama dengan Fiona Antoni, Nikita Willy, Chelsea Olivia, Jessica Iskandar. 

Berdasarkan data mengenai tren belanja saat ini, 94% pengguna TikTok di Indonesia menunggu periode tanggal cantik setiap bulannya dan platform ini memungkinkan live secara langsung untuk interaksi antara host dan followersnya, sehingga cocok untuk melakukan edukasi ke moms gen Z dan millennial yang sangat lekat dengan media sosial. 

"Kami secara konsisten akan melakukan edukasi baik dengan dokter sebagai ahlinya dan dengan Ibu yang telah memiliki pengalaman. MAKUKU Live Shopping yang akan dilakukan di platform TikTok akan mengangkat topik-topik yang menarik bagi Ibu yang memiliki permasalahan dengan ruam popok bayi. Para Ibu juga nantinya akan dapat penjelasan tepercaya secara langsung dari dokter spesialis anak saat live," tambah Branding Director MAKUKU, Lucky Zheng.

Program Live Shopping MAKUKU akan dilakukan di platform TikTok dengan ketentuan yakni promo TikTok berlaku sebelum tanggal 12 Desember 2022 atau sebelum harbolnas 12.12. Harga special live exclusive menuju 12.12 mulai dari tanggal 1 hingga 14 Desember pukul 09.00-22.00 WIB. Semua pembelian akan diberikan gratis ongkir se-pulau Jawa.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya