Ibu Stres dan Cemas Jika Menyangkut Kondisi Anak, Ini Saran Psikolog

Ilustrasi ibu memberi apresiasi pada anak
Ilustrasi ibu memberi apresiasi pada anak
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Parenting – Peran ibu sangat penting dalam keluarga. Oleh karena itu selain menjaga kesehatan fisik, seorang ibu juga dituntut untuk memiliki kesehatan mental yang optimal. Psikolog keluarga Ajeng Raviando mengatakan biasanya ibu akan gampang mengalami stres dan kecemasan jika sudah menyangkut kondisi anak. 

"Terkait kesehatan mental, biasanya ibu itu punya tendensi jadi gampang stres, dan itu tidak hanya dialami ibu pekerja, tapi juga ibu yang di rumah dan juga single mother. Intinya semua ibu biasa akan alami kecemasan jika terkait kondisi anak," kata Ajeng, usai acara LOTTE Choco Pie di Jakarta, Minggu 18 Desember 2022. 

Menurut dia, ibu itu mempunya ekspektasi ingin memenuhi kebutuhan anak, ingin anak aman dan nyaman serta ingin anak bisa meraih apa yang diharapkan, dan hal itulah yang dapat memicu kecemasan, overthinking hingga kemudian stres. 

"Karena ingin anak saya harus begini, dan itu biasanya berkecamuk dalam diri ibu hingga timbulah kecemasan, jadi stres. Kadang juga depresi bisa terkait dengan tugas ibu yang multitasking, itu juga akan pengaruh terhadap kesehatan mental," tutur Ajeng. 

Oleh karena itu, untuk menghindari stres dan kecemasan itulah menurut Ajeng, ibu perlu menyempatkan diri untuk melakukan me time

"Jadi yuk moms, walaupun hanya setengah jam atau cuma 15 menit, tidak perlu harus ke salon atau ke Bali. Tapi luangkan waktu untuk diri sendiri. Kita release our stres, kita mencoba memahami bahwa kita butuh waktu untuk isi baterai. Dan hingga akhirnya kita bisa memberikan waktu buat anak dan keluarga kita dengan lebih baik," kata Ajeng. 

Halaman Selanjutnya
img_title