Anak Penasaran Soal Seks, Begini Cara Menjelaskan dengan Tepat

Ilustrasi ibu dan anak atau parenting.
Ilustrasi ibu dan anak atau parenting.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Membahas mengenai seks atau proses reproduksi dengan anak-anak jangan selamanya dianggap tabu. Jika anak mulai penasaran dan bertanya, maka berilah jawaban yang masuk akal dan disesuaikan dengan usia mereka ketika bertanya. Sejatinya, masa tumbuh kembang anak-anak merupakan sebuah proses yang dipenuhi oleh rasa penasaran dan mencari banyak informasi.

Apa yang harus dilakukan orang tua ketika anak-anak mulai bertanya mengenai seks atau asal usul lahirnya bayi? Dilansir dari Times of India, Sabtu, 14 Januari 2023, berikut informasinya.

Ilustrasi ibu dan anak/parenting.

Ilustrasi ibu dan anak/parenting.

Photo :
  • Freepik/lookstudio

Jangan Mempermalukan atau Memarahi Mereka

Sebagai orang tua, harus bijak menyikapi rasa penasaran yang dimiliki oleh anak-anak, khususnya pada saat mereka dengan polosnya bertanya mengenai proses terjadinya kehamilan dan kelahiran bayi. Orang tua harus menjawab tenang dan jujur, tergantung pada usia, kedewasaan, dan persiapan anak ketika mereka mengajukan pertanyaan khusus ini. 

Bayi berasal dari perut ibu, atau bayi berasal dari rahim ibu, dalam istilah sesederhana mungkin cocok untuk menjawab pertanyaan anak kecil atau anak yang lebih besar. Dengan tidak mempermalukan mereka, orang tua juga sudah menanamkan kepercayaan diri tumbuh pada anak di usia muda. Pertanyaan semacam ini lebih mudah dijawab seiring bertambahnya usia anak-anak. 

Hindari Internet dan Beri Tahu Mereka Langsung

Halaman Selanjutnya
img_title