Dokter Bocorkan Trik agar Bumil Hingga Busui Bisa Tetap Tampil Cantik dan Sehat

Ilustrasi hamil/ibu hamil.
Sumber :
  • Freepik/drobotdean

VIVA Parenting – Gaya hidup yang kurang tepat serta berkembangnya berbagai mitos yang dibawa secara turun–temurun di masyarakat yang tidak sesuai dengan faktanya, dapat menimbulkan masalah atau gangguan. 

Selamat! Mpok Alpa Umumkan Hamil di Usia 37 Tahun

Mengerucut pada masalah kesehatan kulit dan kelamin, banyak orang yang kurang memahami bagaimana cara menjaga kesehatan kelamin atau organ intim. Namun, karena topik seputar ini masih dianggap tabu di Indonesia, tak sedikit orang yang merasa malu untuk bertanya pada ahli. Lalu, bagaimana solusinya? Yuk, scroll.

Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Tina Wardhani Wisesa, SpKK (K), FINSDV, FAADV, mengatakan, 
alangkah baiknya apabila semua itu dapat dituangkan dalam bentuk tulisan agar siapa pun dapat membaca, mengakses informasi yang tepat, tidak terbatas ruang dan waktu, dan menjadi bekal dalam kehidupan sehari-hari.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin yang sudah mengabdi di dunia Kesehatan Kulit & Kelamin selama lebih dari 26 tahun itu, kemudian tergerak untuk mengedukasi masyarakat dengan menulis dua buah buku berjudul ‘Ibu Hamil & Menyusui Berhak Tampil Cantik’ dan ‘Kulit Terawat Anak Sehat’. 

Pengakuan Mengejutkan Wanita yang Bunuh Keponakan Lalu Disembunyikan di Tempat Dupa

"Ini merupakan impian saya sejak lama, agar dapat membagikan ilmu, bukan saja yang bersifat medis, tetapi juga banyak faktor yang berperan di sekeliling kita yang dapat berpengaruh terhadap timbulnya masalah pada kulit dan kelamin. Bagaimana tata laksana sehari-hari dan edukasi yang tepat kepada masyarakat agar dapat mencegah terjadinya masalah atau gangguan pada kulit," ungkap dr. Tina ketika ditanya mengenai tujuannya membuat buku ini, ditemui di kawasan SCBD Jakarta, Sabtu 14 Januari 2023. 

Dokter Tina menceritakan, proses penulisan buku dimulai pada 2020. Saat pandemi melanda, Tina memiliki lebih banyak waktu untuk menulis sehingga mulai mengumpulkan tinjauan pustaka, journal, textbook dan juga tulisan beliau sebelumnya. 

"Saya mendapatkan inspirasi dari kedua orangtua saya, Alm. Papa saya yang seorang dosen di Fakultas Sastra Indonesia dan seorang penulis, beliau juga membuat buku ajar yang digunakan di lingkungan mahasiswa di pusat pendidikan," kata dia. 

"Almh. Ibu saya adalah seorang guru, beliau juga menjadi inspirasi bahwa dengan mengajar dan menulis ilmu yang kita miliki akan semakin bertambah, begitu pun bagi yang membaca karya tulis kita. Dosen saya selama pendidikan kedokteran juga menginspirasi bagaimana menulis dengan cara dan ejaan yang benar. Mereka merupakan tauladan bagi saya dalam penulisan buku serial ini," lanjutnya. 

Buku-buku karya dr. Tina, diklaim memiliki berbagai keunggulan. Buku serial Kesehatan Kulit & Kelamin ini dibuat dr. Tina berdasarkan kelompok usia, sehingga tiap buku dapat menjelaskan secara terperinci mengenai kondisi kulit dalam keadaan normal atau fisiologis. Maupun bagaimana kondisi penyakit atau patologis sesuai kelompok usia, serta menyajikan kiat-kiat melakukan penanganan sehari-hari sehingga dapat mencegah sebelum timbulnya gangguan. 

Dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang mudah dimengerti, buku seri buatan dr. Tina juga mengulas mitos dan fakta seputar Kesehatan Kulit & Kelamin, agar dapat memberikan wawasan secara lebih mendalam. Bagian akhir buku dilengkapi dengan lampiran kamus istilah untuk memudahkan para pembaca memahami istilah-istilah kedokteran yang digunakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya