Cerita Donita Panik Anak Kejang karena Demam

Donita.
Sumber :
  • Instagram @donitabhubiy

VIVA Lifestyle – Anak demam tentu membuat orang tua panik. Hal ini juga sempat dialami oleh aktris Donita. Bahkan, anak pertamanya pernah mengalami kejang lantaran demam.

Yang Harus Dilakukan Orang Tua Saat Anak Mulai Sakit, Dokter: Jangan Diajak ke Mall!

“Pengalaman anak pertama pernah alami kejang. Anak sakit ibu panik,” kata Donita saat ditemui dalam acara #UbahKelamJadiKalem, di CGV FX Senayan, Rabu 1 Maret 2023.

Donita dan Adi Nugroho.

Photo :
  • Instagram @donitabhubiy
Penyebab Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal Dunia saat Seleksi Paskibra

Pengalaman tersebut membuatnya banyak belajar dalam menangani anak demam. Bukan tanpa sebab, jika anaknya mengalami kejang kembali bisa berpengaruh pada saraf anak.

“Pernah kejang, kalau pernah kejang hati-hati bisa berulang, kalau kejang dibawa ke RS diobservasi. Kalau kejang lagi konsul ke bedah syaraf,” ujar dia.

Kemenkes Catat Lebih dari 60 Ribu Kasus DBD di Indonesia, Pemudik Harus Waspada

Donita mengungkap saat anak mengalami demam penting bagi orang tua terutama sang ibu untuk tenang. Dengan tenang bisa berpengaruh pada kondisi psikologis anak.

“Berjalan waktu yang paling penting kita tenang bikin anak tenang. Kalau aku prinsipnya bikin senyaman mungkin, yang paling penting adalah rewel bisa nular karena kecapean ngurusin anak, kalau aku mikirnya ini anak mesti tenang dulu,” ujar dia.

Donita mengungkap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan orang tua ketika anak mereka mengalami demam. Mulai dari menggunakan pakaian yang nyaman hingga memenuhi cairan dalam tubuh.

“Minum yang banyak, dengan harapan panas bisa turun. Pakai baju yang senyaman mungkin, ruangan pasang suhu yang seadem mungkin tidak panas dan tidak dingin. Selain itu penting juga kita tetap tenang karena jika tidak ini bisa ketularan rewel. Jangan sampai ibu stres aku buat anak tenang,”kata dia.

Aktris Donita.

Photo :
  • Instagram Donita

Sementara itu, untuk menurunkan demam Donita menggunakan obat penurun panas seperti obat gang mengandung ibuprofen.

“Untuk turunkan demam yang tepat aku kasih ibuprofen karena enggak tau anak demam karena virus atau tumbuh gigi. Dengan cara kerja 6-8 jam ini anak istirahat aku juga istirahat,” kata dia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya