Moms, Panik saat Si Kecil Demam Bikin Anak Susah Sembuh Lho!

Ilustrasi anak sakit.
Sumber :
  • Pexels/Cottonbro

VIVA Parenting – Kesehatan anak menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan oleh orangtua, terutama bagi sang ibu. Karena itu, ketika anak sakit demam, ibu tentu akan merasa khawatir. 

Orangtua Diingatkan Awasi Anak ketika Main Game Online

Psikolog Anak dan Keluarga, Samanta Elsener, menjelaskan bahwa kondisi psikologis seorang ibu ketika anaknya sakit demam berbeda-beda. Yuk, scroll untuk tahu berita lengkapnya moms!

“Kondisi psikologis ibu ketika sang anak sakit bergantung pada umur sang anak. Semakin dini usia anak, seperti usia anak satu hingga lima tahun, maka rasa khawatir dan panik yang dialami seorang ibu akan lebih besar,” kata dia saat ditemui dalam acara kampanye #UbahKelamJadiKalem, di CGV FX Senayan, Rabu 1 Maret 2023. 

Kemenkes Catat Lebih dari 60 Ribu Kasus DBD di Indonesia, Pemudik Harus Waspada

Ilustrasi anak sakit.

Photo :
  • Pexels/miroshnichenko

Lebih lanjut diungkap Samanta bahwa kegalauan ibu ketika anak sakit bisa mengganggu kesejahteraan psikologis. Beberapa di antaranya seperti takut, was-was hingga menangis. Ternyata, hal tersebut bisa berdampak pada kondisi anak.

Momen Terakhir Babe Cabita di Rumah Sakit Diungkap Sahabat: Sedang Salat Khusyuk Sekali

“Ketika anak panas ibu kepikiran emosi berkecamuk ketika tidak bisa meregulasi emosi itu bisa menular ke anak, sehingga risiko demam tidak turun-turun atau anak rewel pengen deket ibunya. Dipeluk tapi ibunya panik duluan belum lagi working mom, bikin ketar ketir pikiran,” ungkapnya.

Dijelaskan oleh Samantha, untuk mengatasi anak demam selain memberikan obat penurun panas, yang juga bisa dilakukan adalah dengan memberikan pelukan skin to skin

“Selain kasih obat penurun panas. Pelukin skin to skin atau kangaroo hug, aku tenang dia tenang. Kita tarik napas dia rasain detak jantung kita. Orangtua kalem, skin to skin emosi anak jadi tenang. Kalau malam skin to skin pakai selimut ibu,” kata dia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya