Remaja Terlibat Kecelakaan Maut, IDAI: 90 Persen Akibat Langgar Lalin

Ilustrasi kecelakaan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Ramai kasus kecelakaan yang melibatkan anak seorang artis lawas Ira Riswana berinisial MMI yang menewaskan seorang pelajar berinisial S.

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

Kecelakaan yang melibatkan para remaja ini rupanya turut disorot Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) yang meyakini bahwa pelanggaran lalu lintas mendominasi penyebab kejadian tersebut.

"Terjadinya kecelakaan hampir 90 persen karena tidak patuhi peraturan lalu lintas. Awalnya karena tidak patuhi lalu lintas, itu jadi awal kecelakaannya," ujar Satgas Perlindungan Anak IDAI Hari Wahyu Nugroho, dalam webinar IDAI, Selasa 4 April 2023.

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

Kemudian juga, lanjut Hari, regulasinya yang belum memadai memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Selain itu, faktor penyebab lainnya antara lain sarana persyaratan berkendara, baik dari individu ataupun dari negara yang seharusnya menyiapkan rambu-rambu, menyiapkan jalan yang baik, dan menyiapkan lampu penerangan jalan.

MPMInsurance Ungkap Perlindungan Asuransi Kecelakaan yang Banyak Orang Belum Tahu

Polisi mendatangi lokasi kecelakaan. Foto ilustrasi.

Photo :
  • Istimewa

"Kendaraan yang dipakai juga harus memenuhi standard keselamatan yang ada. Remaja-remaja banyak yang modifikasi kendaraan seperti ganti ban, lampu, yang nantinya pengaruhi keselamatan kualitas kendaraan itu sendiri," terangnya. 

Maka itu, Hari mengimbau agar pencegahan kecelakaan lalu lintas melalui pelaksaan berkendara yang baik, termasuk juga pada remaja yang harus cukup umur. Hari tak menyarankan orangtua untuk sembarangan memberi ijin berkendara padahal belum cukup umur.

"Karena remaja kondisi psikisnya yang belum usia 17 tahun itu berbeda, belum stabil. Kalau SIM, bisa saja didapatkan walau belum 17 tahun. Tapi secara psikososialnya berbeda dengan yang sudah sesuai usianya," tambah Hari.

Sebelumnya dikabarkan, Ira Rayani Riswana tengah menghadapi musibah lantaran anaknya yang berinisial MMI terlibat kecelakaan pada Minggu, 12 Maret 2023 lalu.

Ilustrasi kecelakaan di jalan raya.

Photo :
  • U-Report

Artis lawas sekaligus model ini mengungkapkan kronologis saat putranya yang mengemudi mobil menabrak dua pengendara motor hingga tewas dan kritis.

Ada pun, MMI tercatat mengemudi sedan Mercedes Benz yang menabrak motor hingga menewaskan sang pengemudi, pelajar SMA berinisial S, di Ragunan, Jakarta Selatan.

Sementara, pengendara lainnya berinisial B sedang dalam kondisi kritis dan penanganan di rumah sakit. Ira Riswani pun membenarkan bahwa kejadian itu melibatkan putra ketiganya yang berada di balik kemudi sedan.

"Jadi gini ceritanya, memang benar itu yang pengemudi mobil Mercy itu anak saya dan di sini perlu saya jelaskan dari hari pertama kejadian proses (hukum) sudah berjalan. Saya ada di sini 1 X 24 jam menemani anak saya,” ujar Ira Riswani kepada awak media di Polres Jakarta Selatan, Senin 3 April 2023.

Kuasa hukumnya, Olop Turnip, turut hadir mendampingi fan menjelaskan kronologis kecelakaan dari kacamata pihaknya. Olop menyebut bahwa MMI sedang mengantar rekannya di kawasan Mampang dan dalam kecepatan kendaraan yang stabil. Olop menegaskan bahwa kecelakaan terjadi secara spontan.

"Dia (MMI) posisi (lampu) hijau, itu sudah ada di CCTV yang beredar juga, tiba-tiba muncul pemotor dari arah Cilandak, cepet begitu saja," tutur Olop.

Olop membantah tudingan bahwa kliennya sempat ingin kabur dari keterlibatan kecelakaan tersebut. Menurutnya, MMI justru ingin membuat suasana tenang dengan meminggirkan kendaraannya sehingga tak memicu kemacetan.

"Dan klien saya itu, dia tidak ada kabur, air bag meledak, dia berusaha mengempeskan air bagnya dulu, baru dia meminggirkan mobilnya itu di belokan ke kanan, karena takut menyebabkan kemacetan, terus dikejar motor, karena disangka kabur, tapi tidak. Terus klien kami menyetop taksi baru ke RSUD pasar minggu," tutur Olop.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya