Jelang Liburan, 6 Ide Bermain Si Kecil Sembari Ngabuburit Puasa

Ilustrasi ibu dan anak/parenting/anak bermain.
Sumber :
  • Freepik/gpointstudio

VIVA Lifestyle – Jelang Hari Raya Idul Fitri, Dinas Pendidikan telah menetapkan hari libur sekolah yang dimulai sejak tanggal 17 April mendatang. Hal ini tentu membuat anak-anak berlibur di rumah dalam waktu lama sembari berpuasa dan rentan merasa bosan lantaran tanpa ada kegiatan apapun. Nah, para moms bisa coba ajak kegiatan menarik ini nih!

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

Dari proyek seni dan eksperimen sains hingga permainan dalam ruangan yang menyenangkan untuk anak-anak, Anda akan menemukan banyak aktivitas jelang liburan panjang. Seperti aktivitas keluarga dalam ruangan yang menyenangkan, dan hal-hal yang dapat dilakukan di rumah selama liburan sekolah, berikut aktivitas menyenangkan dalam ruangan yang dapat dilakukan dengan anak-anak di rumah dikutip dari berbagai sumber.

Maraton film

Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground

Siapa yang tidak suka film bagus di hari libur? Shrek, Zaman Es, Barbie, Star Wars, Lord Of The Rings, The Hobbit, Harry Potter, dll. Daftar kemungkinan film untuk ditonton bersama anak-anak Anda tidak ada habisnya.Coba duduk di depan TV dengan beberapa film PG-rated (rating anak-anak) yang keren saat Anda terjebak di dalam ruangan.

Ilustrasi anak dan ibu

Photo :
  • Pexels/Ketut Subiyanto
Dua WNI Batal Terbang ke Paris Akibat Boarding Pass dan Visa Tertukar, Kinerja Kedutaan Disorot

Membaca maraton

Selain menonton, Anda bisa ajak maraton membaca untuk anak atau Readathon. Ini adalah salah satu kegiatan hari libur terbaik untuk anak-anak di rumah dan keluarga mana pun yang ingin membaca.

Anak-anak mendapat manfaat dari membaca karena membantu mereka belajar kosa kata dan tata bahasa; memahami dunia di sekitar mereka; membangun kemandirian dan menjadi lebih sukses secara akademis di masa depan. Selain itu, anak menjadi lebih kreatif dan imajinatif.

Anda dapat membuat kompetisi untuk seluruh keluarga untuk berpartisipasi. Orang pertama yang membaca paling banyak dalam batas waktu tertentu memenangkan hadiah. Jika Anda sedang tidak ingin berkompetisi, bacalah buku yang bagus bersama keluarga dan adakan diskusi klub buku tentang karakter atau tema menarik apa pun dari buku tersebut.

Goyangan pinguin

Permainan dalam ruangan lain yang menyenangkan dan mudah untuk anak-anak disebut waddle Penguin. Anda dapat memainkannya dengan meletakkan balon di antara lutut anak Anda dan menyuruhnya berjalan melintasinya tanpa menjatuhkannya. Anda bahkan dapat membuat hal-hal yang lebih menantang untuk anak-anak yang lebih besar dengan membuat beberapa rintangan.

Ilustrasi ibu dan anak atau parenting.

Photo :
  • Pixabay

Jika balon jatuh sebelum anak-anak menyelesaikan perjalanannya, mereka harus kembali ke awal. Jika Anda memiliki banyak anak, mereka dapat dibagi menjadi beberapa tim untuk melihat tim mana yang lebih cepat sehingga mereka menikmati kompetisi persahabatan!

Permainan bola yang menyenangkan untuk dimainkan di rumah

Jika Anda sedang mencari permainan seru untuk dimainkan di rumah bersama anak-anak, saatnya bermain pingpong! Permainan ini disebut Tangkap bola pingpong.

Anda memerlukan gelas plastik dan beberapa bola pingpong atau benda kecil apa pun yang muat di gelas plastik untuk permainan tangkapan yang menyenangkan ini.

Peserta permainan dapat mulai saling melempar bola untuk mencoba dan menangkapnya di cangkir, lalu mundur satu langkah untuk menjadikan permainan dalam ruangan yang menyenangkan ini lebih menantang. Seorang pemain dapat dengan mudah melempar bola ke udara dan mencoba menangkapnya!

Bermain bowling dalam ruangan

Pernahkah anak-anak Anda ingin bermain bowling seperti seorang profesional? Sekarang kesempatan mereka! Yang diperlukan untuk menyiapkan bowling dalam ruangan Anda hanyalah selotip pelukis, gelas plastik (botol plastik atau gulungan handuk kertas) sebagai pin bowling Anda. Gunakan bola apa pun ke mangkuk untuk merobohkan pin sebanyak mungkin.

Anda dapat membuat piramida dengan gulungan cangkir/botol/handuk kertas untuk menjadikan permainan dalam ruangan yang menyenangkan untuk anak-anak ini lebih menantang! Jangan lupa untuk melacak skor. Jika tidak, anak-anak dapat dengan mudah membidik untuk menjatuhkan semua pin dalam satu putaran.

Buat rumah boneka atau rumah hewan mini

Bahkan di hari libur, Anda selalu bisa meluangkan waktu untuk bersenang-senang dengan anak Anda! Jika Anda memiliki beberapa mainan atau boneka mini di rumah, ambil sebuah kotak atau temukan lemari cadangan tempat Anda dapat membangun rumah atau apartemen kecil untuk mereka.

Anda dapat menggunakan bahan-bahan dari sekitar rumah untuk membuat furnitur seperti tempat tidur dan kursi, atau bahkan benda-benda kecil lainnya seperti peralatan makan, piring, dan makanan yang dapat Anda pahat dari lempung polimer (jika Anda memilikinya di rumah).

Membangun sebuah bangunan dengan berbagai karakter menunjukkan keinginan sangat besar untuk lebih banyak representasi dalam bermain dan diskusi tentang keragaman. Dari data LEGO® Play Well Study 2022, 97% orang tua percaya bahwa penting untuk mendiskusikan keunikan individu di antara kita semua, dengan 85% di antaranya setuju bahwa bermain dan mainan dapat memiliki peran penting dalam membantu anak-anak belajar tentang keragaman.  

Untuk mempermudah, Si kecil dapat menemukan karakter-karakter baru dengan berbagai warna kulit, budaya, disabilitas fisik dan disabilitas tidak terlihat, serta keberagaman saraf, termasuk disabilitas fisik, Down Syndrome, vitiligo, dan seekor anjing yang menggunakan kursi roda dari permainan Lego. Selain itu, LEGO Friends Universe yang telah dibayangkan ulang ini bertujuan untuk membantu anak-anak menjadi teman yang lebih baik untuk diri mereka sendiri dan orang sekitarnya, memberikan perkembangan emosional dan sosial melalui permainan. 

"Melalui tambahan baru ke dalam LEGO Friends universe, kami bertujuan untuk tidak hanya menginspirasi anak-anak untuk membentuk persahabatan yang beragam dan mendalam, tetapi agar mereka merasa dilihat dan didengar melalui permainan," ujar Direktur Pemasaran LEGO Asia Tenggara, Rohan Mathur. 

Deret permainannya seperti memanjakan diri dalam kegiatan seni dengan Liann’s Room, merawat hewan ternak dengan Autumn’s House, dan mencoba menata rambut dengan Hair Salon.Selain itu, anak-anak dapat menunjukkan bakat desain mereka bersama Olly, Liann, dan karakter lainnya di Downtown Flower and Design Stores, serta menikmati hidangan lezat bersama Aliya, Liann, dan karakter lainnya di Heartlake Downtown Diner, serta bertemu dengan anak anjing yang menggemaskan bersama Autumn dan Zac di Dog Rescue Center.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya