Tips Nyaman dan Aman Mudik ke Kampung Halaman bersama Buah Hati

Pemudik menggunakan Bus (ilustrasi).
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Parenting  – Mudik ke kampung halaman saat momen Hari Raya Idul Fitri tentu menjadi tradisi masyarakat Indonesia setiap satu tahun sekali. Tak terasa momen Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung hari saja.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Dalam beberapa hari kedepan seluruh umat Muslim di seluruh penjuru dunia akan merayakan momen Hari Kemenangan. Itu artinya, seluruh masyarakat Indonesia akan disibukkan dalam berbagai persiapan menuju kampung halaman alias mudik.

Mudik tentu sudah menjadi hal biasa yang dilakukan setiap tahunnya sebelum menyambut Hari Raya Idul Fitri. Hal ini tidak boleh dilewati begitu saja, mengingat momen ini menjadi pertemuan yang jarang dilakukan bagi seluruh keluarga besar secara lengkap.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Foto Ilustrasi pemudik menunggu antrean.

Photo :
  • Viva.co.id/Ferry Damayanti

Nah bagi kamu yang sudah memiliki balita, tentu mudik bisa menjadi pengalaman tersendiri dan pastinya berbeda dari sebelum-sebelumnya. Pengalaman mudik bersama buah hati tentu sangatlah menyenangkan. Bukan begitu?

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Namun agar perjalanan Anda bersama buah hati tetap aman dan nyaman tanpa adanya hambatan apapun, kalian harus melakukan berbagai macam persiapan yang matang sebelum pergi melakukan mudik ke kampung halaman.

Terlebih, momen mudik ini menjadi ajang pertemuan si buah hati dengan kakek dan nenek buyut maupun keluarga lainnya di kampung halaman.

Nah, penasaran bukan bagaimana caranya mempersiapkan perjalanan mudik yang aman dan nyaman bersama buah hati ke kampung halaman? Simak terus ulasan selengkapnya berikut ini yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber.

Tips Aman dan Nyaman Mudik Bersama Buah Hati

Ilustrasi mudik bersama keluarga

Photo :
  • Viva.co.id/Solihin

Berikut beberapa tips aman mudik bersama buah hati:

  • Rencanakan perjalanan dengan matang dan pastikan kendaraan dalam kondisi baik sebelum berangkat.
  • Pastikan buah hati telah mendapatkan vaksinasi yang diperlukan sebelum berangkat.
  • Persiapkan segala kebutuhan buah hati seperti makanan, minuman, popok, mainan, dan lain-lain.
  • Hindari bepergian pada jam-jam sibuk dan pilih waktu perjalanan yang tepat agar buah hati tidak merasa lelah dan kelelahan.
  • Pastikan buah hati selalu diawasi dan terkendali selama perjalanan.
  • Selalu menggunakan sabuk pengaman dan pastikan kursi buah hati terpasang dengan benar.
  • Selalu menghindari kecepatan yang berlebihan dan mengikuti rambu-rambu lalu lintas.
  • Berhenti di tempat peristirahatan untuk istirahat, makan, dan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang diperlukan.
  • Gunakan AC atau ventilasi yang memadai untuk menjaga kenyamanan buah hati selama perjalanan.
  • Jangan menggunakan ponsel atau melakukan aktivitas yang dapat mengalihkan perhatian selama mengemudi.

Selain itu, ada tips aman dan nyaman lainnya yang perlu Bunda dan Ayah ketahui sebelum memutuskan perjalanan mudik bersama buah hati.

Persiapkan Fisik Si Kecil

Seperti diketahui perjalanan mudik itu tidaklah singkat. Dibutuhkan puluhan atau bahkan ratusan kilometer akan ditempuh selama Ayah, Bunda dan buah hati mudik ke kampung halaman. Terkadang macet yang berjam-jam bahkan berhari-hari pun sering terjadi.

Dengan begini, kondisi fisik keluarga harus disiapkan dengan baik. Sebelum pergi mudik, jika Si Kecil sedang melakukan perawatan khusus, sebaiknya bawa Si Kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan rekomendasi obat yang tepat untuk dikonsumsi selama di kampung halaman.

Namun, jika buah hati sehat, Anda juga harus mempersiapkan berbagai hal yang berhubungan dengan kesehatannya. Misalnya obat yang biasa dikonsumsi saat buah hati sakit atau vitamin tambahan untuk menjaga kondisi tubuhnya tetap prima.

Menceritakan tentang Mudik

Terkadang kemacetan atau lamanya perjalanan mudik ke kampung halaman membuat buah hati menjadi mudah bosan selama perjalanan. Ketika rasa bosan melanda, biasanya buah hati kerap dibuat menangis karena rasa tidak nyamannya tersebut.

Oleh karena itu, sebelum melakukan perjalanan mudik sebaiknya Anda menceritakan pada mereka tentang perjalanan dan indahnya kampung halaman yang akan dituju.

Ilustrasi Mudik

Photo :
  • Mudik

Persiapkan Kebutuhan Buah Hati

Sebagai orangtua tentu kita harus perhatikan dengan benar kebutuhan apa saja yang perlu dibawa saat mudik bersama buah hati. Ini dia sedikit macam kebutuhan buah hati yang biasanya dibawa saat mudik, antara lain:

  • Perlengkapan Menyusui
  • Perlengkapan Tidur
  • Popok Sekali Pakai
  • Pakaian
  • Mainan
  • Car Seat

Persiapkan Makanan yang Cukup

Membawa makanan kesukaan buah hati tentu menjadi cara mengantisipasi rewelnya buah hati selama perjalanan mudik ke kampung halaman. Bunda bisa membawa Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang disimpan di dalam wadah rapat dan tidak berpotensi tumpah.

Tidak hanya itu, makanan ringan yang biasa disukai buah hati juga bisa dibawa sebagai pengganjal perutnya saat kelaparan dan bosan di tengah kemacetan yang melanda.

Persiapkan Obat-obatan

Berkaitan dengan poin pertama, obat-obatan menjadi barang yang wajib dibawa saat mudik bersama buah hati. Anda bisa menyiapkan obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen. Selain itu, bunda juga bisa membawa minyak penghangat dan losion anti nyamuk di dalam kotak P3K.

Ingat, keselamatan selalu menjadi prioritas utama saat melakukan perjalanan mudik bersama buah hati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya