Anak Nangis Kejer saat Suntik Imunisasi? Pakar Beri Tips Ini

Ilustrasi imunisasi anak
Sumber :
  • GlaxoSmithKline

VIVA Parenting – Program vaksinasi dasar pada anak terus digencarkan pemerintah, mengingat cakupan imuniasi anak selama pandemi COVID-19 mengalami penurunan. Imunisasi dasar seperti Hepatitis B, DPT, BCG, HiB, MMR, Polio, PCV hingga Rotavirus ini diberikan dengan tujuan untuk melindungi anak dari berbagai penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kecacatan atau kematian. 

Viral Isak Tangis Bocah Pecah Melihat Kepergian Ibunya yang Tewas Dibacok Ayahnya: Kenapa Bukan Aku?

Selain itu, imunisasi juga menjadi salah satu upaya untuk membentuk herd immunity (kekebalan kelompok).
Herd immunity penting untuk dicapai guna mencegah penyebaran penyakit berbahaya pada orang yang tidak bisa mendapatkan imunisasi, misalnya karena kondisi kesehatan tertentu. Scroll untuk info selengkapnya.

Berbicara mengenai imunisasi, tidak sedikit dari orangtua yang mengalami kendala saat anak mereka mendapatkan imunisasi. Salah satunya anak yang menangis hebat saat akan disuntik. Terkait dengan kondisi tersebut, Ketua Panitia Childhood Immunization Update 2023 & Ketua Satgas Imunisasi IDAI  Prof. DR. Dr Hartono Gunardi, SpA(K) memberikan sejumlah tips untuk meminimalisir insiden tersebut.

Miris, Ayah Rudapaksa Anak Kandung Berulang Kali Usai Nonton Video Porno

"Tipsnya sebelum disuntik diberi ASI. Perutnya kenyang menimbulkan tangisan yang lebih berkurang hebohnya. Ada penelitiannya. Jadi sudah diberi ASI menangisnya lebih tenang," kata Prof. DR. Dr. Hartono Gunardi SpA (K) dalam acara Peluncuran dan Paparan Rekomendasi Imunisasi Anak 2023, di kawasan Sudirman Jakarta Pusat, Senin 29 Mei 2023.

Vicky Prasetyo Dilarikan ke RS, Sederet Artis Beri Doa

Jika anak sudah lepas ASI, menurut Prof. Hartono, bisa diberikan susu formula untuk mengurangi rasa sakitnya. Atau bisa memberikan makanan manis atau larutan glukosa sebelum pemberian suntikan imunisasi. 

"Kenapa larutan glukosa bisa mengurangi itu? Karena ada proses mengurangi persepsi rasa sakit, kalau sakit itu persepsi kalau dia disuntik dia merasakan sakit. Kalau bayi-bayi yang kadang glukosa tinggi baik dari ASI atau susu formula itu persepsi lebih rendah jadi nangisnya lebih pendek dan tidak heboh," jelas dia lebih lanjut.

Tidak hanya itu saja, Prof Hartono menjelaskan bahwa dengan memberikan pelukan pada saat bayi yang hendak disuntik, juga bisa mengurangi tangisan bayi lantaran adanya sensasi rasa nyaman yang dirasakan sang buah hati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya