Manfaat Anak Main Bareng Ayah, Bantu Latih Daya Stres Anak Jadi Lebih Baik

Ilustrasi ayah dan anak.
Sumber :
  • Freepik/freepik

JAKARTA – Kita semua tahu bahwa bermain adalah dunia anak. Tapi, sedikit yang menyadari betapa pentingnya bagi orangtua untuk menemani anak bermain. Sering kali, niat bermain bersama anak kalah dengan kelelahan sepulang kerja sehingga niat tersebut pun tak pernah terlaksana.

Mengenal Tantrum Manipulatif dan Tantrum Frustasi pada Anak, Para Orang Tua Harus Tahu

Padahal menurut Psikolog Keluarga, Saskhya Aulia Prima, bermain bersama dengan anak dapat meningkatkan interaksi dan koneksi diantara keduanya. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

“Anak-anak main sendiri dengan bersama-sama manfaatnya beda. Kalau bersama-sama, bermain cara yang ideal buat orang tua dan anak berinteraksi dan berkoneksi. Ini penting untuk di saat ini karena sedikit-sedikit main handphone,” kata dia saat ditemui awak media di kawasan Gandaria Jakarta Selatan, Jumat 16 Juni 2023.

Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground

Ilustrasi ayah dan anak.

Photo :
  • Freepik/freepik

Tak hanya itu saja, bermain bersama anak juga ternyata bisa memberikan manfaat pada orangtua dan anak. Dengan bermain bersama dengan anak, orangtua akan lebuh banyak mengeluarkan emosi positifnya.

Menang di Laga Perdana Proliga, Jakarta LavAni Akui Masih Punya Kekurangan

Sementara ketika anak bermain dengan orangtua bisa membantu mereka untuk mengatasi masalah perilaku agresif di kehidupan sekolah mereka

“Kalau main biasanya orang tua emosinya lebih banyak positif ketawa excited apalagi kalau bapak main sama anak. Ngebantu anak untuk masalah perilaku agresif masalah di sekolah berkurang karena sudah kenyang,” jelas dia.

ayah dan anak

Photo :
  • U-Report

Menariknya lagi, ketika anak bermain dengan ayahnya ternyata akan membantu anak lebih bisa mengeksplorasi hal-hal di sekitarnya hingga melatih daya stres anak sehingga dia bisa lebih berani dalam menghadapi masalah.

“Kalau bapak-bapak lebih sering membiarkan anak explore dan itu bikin anak aktif bergerak lebih enggak takutan, melatih daya stress dia lebih berani dan pengalaman bermainnya lebih exciting penting bapak ikutan,” ujar dia.

Saskhya menambahkan,”semakin antusias anaknya responsif semua aspek perkembangan baik secara berpikir kecerdasan emosi sosial dan lain meningkat mainnya harus bareng,” ujar dia. 

Kaih Sayang Ayah Terhadap Anak

Photo :
  • U-Report

Selain itu membuat anak terlibat aktif ketika bermain juga dapat membantu meningkatkan perkembangan anak lainnya.

“Main kalau pukul-pukulan cuma pura-pura kalau temannya jatuh kita angkat itu jadi role model anak kalau interaksi di dunia sehari-hari seperti apa. Ini kenapa harus main bareng supaya selain anak terlibat aktif tapi perkembangan lain di boosting lebih baik lagi,” kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya