Putra Bungsu Jessica Iskandar Didiagnosis Limfadenitis, Apa Itu?

Jessica Iskandar
Sumber :
  • IG @inijedar

JAKARTA – Kabar kurang menyenangkan datang dari keluarga Jessica Iskandar dan Vincent Verhaag. Putra kedua mereka, Don Azaiah Jan Verhaag harus dilarikan ke rumah sakit. Dalam video yang diunggah Jessica Iskandar, terlihat Don sempat menjalani sejumlah pemeriksaan oleh dokter. Dari hasil pemeriksaan dokter, adik dari El Barrack ini didiganosis limfadenitis.

Pentingnya Deteksi Dini: Gejala Awal serta Faktor Risiko Kanker Serviks yang Harus Diwaspadai

"Ya Tuhan Allah sembuhkan-lah anakku Don. Semoga bisa kembali sehat dan ceria. Amiin. Aku mohon bantuan doanya ya teman-teman untuk kesembuhan Don," tulis Jessica Iskandar di akun instagramnya.

Lantas apa itu limfadenitis yang didiagnosis dokter kepada putra bungsu Jessica Iskandar? Melansir laman mayo clinic, Limfadenitis adalah suatu kondisi di mana kelompok sel kecil berbentuk bulat atau kacang, yang disebut kelenjar getah bening, menjadi bengkak dan meradang. 

5 Fakta Penting tentang Penyakit FLUTD pada Kucing

Pembengkakan tersebut dapat mempengaruhi kelenjar getah bening di selaput yang menghubungkan usus dengan dinding di sekitar area perut, yang disebut mesenterium. Kemudian kondisi tersebut disebut dengan limfadenitis mesenterika (mez-un-TER-ik lim-fad-uh-NIE-tis).

61 Kasus Flu Singapura Ditemukan di Surabaya, Kenali Gejala-gejalanya

Berkaca dari kasus yang dialami oleh putra bungsu Jessica Iskandar dan Vincent, penyebab paling umum dari limfadenitis mesenterika adalah infeksi virus, seperti gastroenteritis. Gastroenteritis sering disebut flu perut. Infeksi ini menyebabkan pembengkakan pada kelenjar getah bening di jaringan tipis yang menempelkan usus ke bagian belakang dinding sekitar area perut yang disebut mesenterium. Penyebab lain limfadenitis mesenterika termasuk infeksi bakteri, penyakit radang usus, dan limfoma.

Ilustrasi anak sakit.

Photo :
  • freepik/lifeforstock

Sebagai informasi juga, limfadenitis mesenterika dapat bertindak seperti radang usus buntu atau suatu kondisi di mana bagian usus berpindah ke bagian usus lain, yang disebut intususepsi. Berbeda dengan radang usus buntu atau intususepsi, limfadenitis mesenterika biasanya sembuh dengan sendirinya.

Belajar dari kasus putra sulung Jessica Iskandar, beberapa gejala yang perlu diwaspadai oleh orang tua terkait limfadenitis antara lain nyeri di daerah perut, seringkali di sisi kanan bawah, namun nyerinya bisa lebih menyebar. Perut yang mengalami pembengkakan, demam, pembesaran kelenjar getah bening mesenterika. Namun pada penyebab kondisinya, gejalanya mungkin juga meliputi diare, mual dan muntah.

Lantas kapan harus pergi ke dokter jika mengalami sejumlah gejala di atas? 

- Tiba-tiba, nyeri hebat di daerah perut.
- Daerah perut nyeri disertai demam.
- Sakit daerah perut disertai diare atau muntah.
- Pembengkakan saat disentuh di area perut.
-Kotoran berdarah atau berwarna merah maroon

- Mengalami perubahan kebiasaan buang air besar.
- Kehilangan nafsu makan.
- Tidak bisa tidur

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya