Moms, Ajak Anak Memasak Punya 5 Manfaat Besar Ini Lho!

Ilustrasi anak memasak.
Sumber :
  • Pixabay/1103997

VIVA Lifestyle – Memasak merupakan salah satu cara mempererat hubungan antara orangtua dan anak. Meski memerlukan waktu, kesabaran dan kemungkinan besar akan jadi lebih berantakan, namun manfaat memasak bersama anak sangatlah besar. 

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Apa saja? Berikut beberapa manfaat mengajak anak memasak, dilansir Healthy Little Foodies. Yuk, scroll.

Menambah keterampilan
Mempelajari keterampilan dasar memasak akan terus bisa digunakan seumur hidup oleh anak. Dengan belajar memasak sejak usia dini, ini bisa menjadi keterampilan yang terus terpakai sampai mereka dewasa kelak. 

Anaknya Dituding Selingkuhan Rizky Nazar, Ibu Salshabilla Adriani: Bunda Tahu Sakitnya Hati kamu

Ilustrasi anak memasak.

Photo :
  • Pixabay

Berani eksplor
Salah satu manfaat terbesar memasak bersama anak adalah dapat membantu mereka mengembangkan cita rasa yang lebih berani dan bervariasi. Anak yang pernah terlibat dalam proses memasak umumnya lebih tertarik untuk mencoba makanan baru. 

Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground

Kesehatan
Salah satu hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan keluarga adalah dengan memasak di rumah. Penelitian menunjukkan, orang yang mengonsumsi makanan rumahan secara teratur cenderung lebih bahagia dan sehat, serta mengonsumsi lebih sedikit gula dan makanan olahan. 

Nah, jika melibatkan anak di dapur sejak usia dini, hal itu juga dapat menumbuhkan kebiasaan yang bermanfaat seumur hidup. 

Perkembangan fisik
Mengaduk, menggulung, hingga meremas adonan dapat mengembangkan keterampilan motorik halus dan koordinasi antara tangan dan mata mereka. 

Kreativitas
Anak belajar dengan cara menyentuh, mengecap, merasakan, mencium, mengamati, membaca dan mendengarkan. Inilah alasan mengapa dapur bisa menjadi lingkungan yang sempurna untuk belajar. 

Anjani Miranti Putri selaku Head of Marketing CP Prima Seafood, mengatakan, mungkin untuk beberapa orang, memasak di rumah bisa dianggap sebagai hal yang ribet untuk dilakukan dan hanya biasanya dilakukan oleh ibu di rumah. Padahal, kegiatan di dapur tersebut bisa menjadi eksperimen bagi anggota keluarga lainnya, dibekali dengan keberanian untuk mencoba, dan menghidangkan aneka masakan sekaligus momen bonding antara ibu dan anak. 

"Tak hanya masakan yang mudah, praktis, simpel dan enak, saat ini pun banyak tren dan inspirasi untuk memasak di rumah dengan kreativitas dan plating yang menarik," ujar Anjani dalam acara Seafood Family Championship, yang digelar belum lama ini. 

Acara Seafood Family Championship sendiri resmi dibuka pada Sabtu, 17 Februari 2024 di Super Indo Pamulang Dua dan Super Indo Cerewed Bekasi. Peserta yang bisa mengikuti acara ini adalah pasangan orangtua dan anak.

Peserta diberi tantangan menu yang dimasak dan diajarkan oleh juru masak (Chef) kreasi masakan yang mudah, unik, dan lezat. Usai menyaksikan demo masak dari Chef Beatrix jebolan Masterchef Indonesia dan Chef Aldrian Suherman, para peserta diberikan challenge untuk berbelanja kebutuhan memasak kemudian memasak dengan menggunakan bahan utama produk Fiesta Seafood sesuai dengan kreativitas masing-masing. 

Para peserta beradu kemampuan memasak dengan menggunakan produk Fiesta Seafood dan sajiannya dalam waktu yang singkat. Kegiatan ini diharapkan memberikan inspirasi bagi keluarga di rumah untuk menciptakan masakan rumahan ala restoran, terutama di bulan suci Ramadhan.

Dalam setiap sesi ajang Seafood Family Championship, akan ditentukan 3 juara. Kegiatan ini akan dilanjutkan di beberapa lokasi lainnya, sebagai bentuk kepedulian brand terhadap bagian dari kampanye 'Ayo Makan Seafood' untuk meningkatkan kesadaran mengonsumsi produk berbasis boga bahari (seafood). 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya