Trik ala Tasya Kamila agar Anak Gak Gampang Sakit, Bisa Dicontek Bun!

Tasya Kamila
Sumber :
  • IG @tasyakamila

JAKARTA – Kesehatan anak menjadi prioritas bagi Tasya Kamila. Sebagai ibu rumah tangga yang juga punya kesibukan dalam pekerjaan di luar, Tasya Kamila menyadari tidak bisa selalu mengawasi anak-anaknya 24 jam. Oleh sebab itu, ia punya cara tersendiri untuk menjaga kesehatan anak-anaknya.

Keluarganya Sering Diterpa Gosip Miring, Sarwendah Ngerasa Serba Salah

Seperti para ibu pada umumnya, Tasya Kamila juga selalu khawatir ketika anak-anak jatuh sakit. Apalagi, melihat aktivitas anak-anaknya yang padat setiap hari mulai dari pergi ke sekolah hingga bermain dan melakukan hobi yang mereka sukai. Salah satunya yang paling menarik perhatian adalah kesukaan Arrasya Wardhana Bachtiar terhadap kipas angin. Scroll untuk tahu cerita lengkapnya, yuk!

Tak jarang Tasya Kamila mendapati anaknya masuk angin gara-gara terlalu sering berada di depan kipas angin. Kemudian, sang anak yang imunitasnya sedang dalam kondisi kurang baik pun jadi mudah terserang flu dan batuk.

Ria Ricis dan Teuku Ryan Resmi Cerai

"Mungkin asal usulnya dia batuk kebanyakan main kipas angin, jadi masuk angin," kata Tasya Kamila, saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta, Senin 22 April 2024.

Tasya Kamila

Photo :
  • VIVA.co.id/Rizkya Fajarani Bahar
Gerah Selalu Dapat Kabar Miring dengan Betrand Peto, Sarwendah Siap Lapor

Tasya Kamila sendiri selalu berupaya melakukan pencegahan agar anak-anaknya jangan sampai jatuh sakit. Langkah paling awal untuk pencegahan tersebut adalah memberikan asupan gizi seimbang setiap hari, mulai dari memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, hingga vitamin-vitamin yang dapat meningkatkan imunitas tubuh sehingga anak-anak tidak gampang sakit.

"Kalau caraku biasanya lebih ke preventif (pencegahan). Jadi sebelum sakit pastikan kita ajak anak untuk mengonsumsi makanan yang bergizi," ujar Tasya Kamila.

Menurut mantan penyanyi cilik itu, sangat wajar ketika seorang ibu cenderung lebih bawel kepada anak-anaknya karena itu merupakan wujud kepedulian yang bisa diekspresikan.

Tasya Kamila juga selalu mengajarkan anak-anaknya untuk meminta izin kepada orangtua terlebih dahulu sebelum makan makanan yang belum pernah mereka coba sebelumnya. Sejak dini, Tasya Kamila juga memberi pengetahuan soal makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi kepada anak-anak. Misalnya, mereka harus menghindari jenis-jenis makanan yang memicu alergi.

Menurut Tasya Kamila, mendidik anak perihal pencegahan penyakit sangat bisa dicapai asalkan komunikasi antara orangtua dan anaknya bisa disampaikan dengan baik.

"Wajar saja kalau ibu-ibu itu suka teriak 'es terus, handphone terus' karena mungkin saja ada beberapa yang membuat anak alergi atau memicu batuk yang harus dihindari. Namanya ibu pasti mau memberikan kasih ibu dan semua yang terbaik dan cara itu salah satunya. Tinggal bagaimana kita berkomunikasi saja," jelas Tasya Kamila.

Di sisi lain, Tasya Kamila juga menggaris bawahi pentingnya support system untuk anak-anaknya di rumah. Sementara ia sibuk bekerja di luar, Tasya Kamila terpaksa menitipkan anaknya pada sang nenek atau pengasuh yang bisa menjaga dan mengawasi mereka di rumah.

"Aku tidak selalu bisa jaga anak selama 24 jam seminggu. Pastinya harus gantian juga dan butuh dukungan dari orang terdekat seperti suamiku. Kalau sedang ikut acara seperti ini, aku titipkan anak-anak ke mama atau neneknya, pastinya aku memberi pesan kalau anakku sakit, apa yang harus dilakukan, apa yang boleh diberikan dan apa yang tidak boleh diberi," paparnya.

Tasya Kamila juga selalu menyediakan obat di rumah sebagai upaya pertolongan pertama apabila anak-anaknya jatuh sakit. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya