Dokter Peringatkan Bahaya Tindik Anting Pada Bayi Bisa Fatal

Ilustrasi bayi
Sumber :
  • Pexels

VIVA Lifestyle – Memasang anting pada bayi perempuan beberapa bulan setelah lahir menjadi hal umum yang dilakukan setiap orang tua. Namun ada baiknya orang tua bisa berpikir ulang untuk memasangkan anting di telinga bayi perempuan Anda.

Detik-detik Aipda Hendra Lepas Seragam Dinas Demi Evakuasi Jasad Bayi

Seorang dokter anak tersertifikat dari New York, dr Tania Elliot mengungkap bahaya dibalik tindakan tindik telinga pada bayi di kemudian hari. Dalam video yang diunggahnya, Tania menyebut bahwa menindik telinga bayi dapat menyebabkan infeksi atau mengembangkan alergi nikel di telinga mereka. Scroll lebih lanjut.

“Menindik telinga anak ketika mereka masih bayi dapat menyebabkan infeksi bakteri yang membutuhkan antibiotik, abses, dan kerusakan pada jaringan telinga dan tulang rawan ketika dilakukan secara tidak benar. Terutama, dengan perangkat tertentu yang digunakan umum dan tidak diikuti dengan protokol sanitasi yang tepat,” kata dia dikutip dari laman The Sun.

Ibu Muda Aniaya dan Ancam Tikam Bayinya, Motifnya Kesal Minta Suami Menafkahi

Tania menjelaskan, infeksi bisa terjadi pada usia berapa pun. Namun bayi usia muda dengan sistem kekebalan yang berkembang paling rentan terkena infeksi ini. 

Pilihan Earbuds yang Tepat untuk Kesehatan Pendengaran

“Tindik telinga juga salah satu penyebab paling umum dari alergi nikel, yang dapat menyebabkan ruam kulit. Saat bayi masih berusia muda sistem kekebalannya baru mulai terbentuk. Ketika telinganya ditindik tubuh meningkatkan respons kekebalan,” sambungnya.

Tania juga menjelaskan bahwa apapun benda yang mengandung nikel ketika terkena tubuh bisa menimbulkan reaksi alergi pada kulit. Oleh karena itu, dia menjelaskan bahwa aman-nya untuk memasangkan anting di telinga anak di saat usianya sudah cukup besar.

Tindik

Photo :

“Menindik telinga anak amannya ketika mereka sudah cukup besar untuk mencegah infeksi. Di usia mereka yang sudah cukup besar juga akan mudah bagi mereka memahami untuk tidak menyentuh telinga mereka usai ditindik,” katanya.

Soal usia, yang tepat memasangkan anting pada anak. Tania menjelaskan bahwa usia 7 tahun adalah usia yang dinilai sudah pas. Selain itu pastikan pilih tempat terkemuka yang menggunakan alat-alat tindik steril. Jika Anda tidak yakin, tanyakan tentang prosedur sterilisasi mereka.

Pilih anting yang terbuat dari bahan hypoallergenic, seperti perak murni dan emas 14-, 18- atau 24-karat. Jenis logam ini tidak mungkin menyebabkan reaksi alergi. HINDARI Nikel.

After-care: Simpan anting-anting selama empat hingga enam minggu dan bersihkan anting tersebut dengan larutan garam dua kali sehari.

Monitor: Diperlukan beberapa bulan untuk tindikan untuk sembuh sepenuhnya jadi awasi kedua lobus dan tutup tindikan saat bermain sampai melewati enam pekan, di mana Anda dapat melepas tindikan untuk keamanan ekstra. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya