Dokter Sarankan Konsumsi Ikan Gabus Pasca Caesar, Ini Daftar Manfaatnya

Ilustrasi melahirkan bayi.
Sumber :
  • Pixabay.com/cynthia_groth

VIVA Parenting – Dalam dunia kesehatan, terutama dalam bidang pengobatan tradisional dan nutrisi, ikan gabus (Channa striata) menjadi topik yang semakin menarik perhatian. Popularitas ikan gabus sebagai sumber gizi dengan manfaat kesehatan yang signifikan terus meningkat.

Janin Usia 2 Minggu Sudah Bisa Mendengar, Orang Tua Hati-Hati Untuk Tidak Lakukan Ini!

Salah satunya adalah kemampuan ikan gabus dalam mempercepat proses penyembuhan luka, baik luka pasca operasi maupun luka lainnya. Beberapa dokter kandungan bahkan merekomendasikan olahan ikan gabus bagi ibu yang baru melahirkan, terutama yang melahirkan secara caesar. Scroll untuk info lengkapnya, yuk!

Spesialis obstetri dan ginekologi, Dr. Mulyadi, Sp.OG, M.Kes, mengungkapkan, kandungan protein tinggi dan asam amino pada ikan gabus sangat efektif dalam membantu regenerasi jaringan tubuh atau proses penyembuhan luka. 

Di Tengah Gugatan Cerai, Tengku Dewi Gelar Tasyakuran 7 Bulan Kehamilan Tanpa Andrew Andika

"Karena itulah ikan gabus sangat bermanfaat bagi ibu pasca persalinan, terutama yang menjalani operasi caesar," ujar dokter Mulyadi dalam keterangannya, dikutip Sabtu 25 Mei 2024. 

Ikan Gabus (Channa striata)

Photo :
  • Pixabay/pexels
Viral, Foto Syahrini Diduga Sudah Melahirkan di Singapura

Berikut beberapa manfaat lain konsumsi ikan gabus, pasca persalinan caesar. 

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Ikan gabus juga mengandung vitamin B kompleks, zinc, dan zat besi yang penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini penting bagi ibu pasca melahirkan caesar untuk mencegah infeksi dan membantu pemulihan secara keseluruhan.

Meningkatkan produksi ASI
Protein dalam ikan gabus juga membantu meningkatkan produksi ASI. Hal ini penting bagi ibu menyusui untuk memastikan bayinya mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.

Mencegah anemia
Ikan gabus kaya akan zat besi yang membantu mencegah anemia. Anemia adalah kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah atau hemoglobin, yang dapat menyebabkan kelelahan dan kelemahan.

Meningkatkan energi
Ikan gabus juga mengandung vitamin B12 yang penting untuk metabolisme energi dan membantu tubuh merasa lebih berenergi.

Namun, mengolah ikan gabus membutuhkan waktu dan keterampilan memasak yang baik untuk memastikan manfaat nutrisinya tetap terjaga. Selain itu, tidak semua orang terbiasa dengan rasa dan tekstur dari ikan tersebut.

Oleh karena itu, produk olahan dari ikan gabus menjadi solusi praktis dan efektif untuk mengakses manfaat kesehatan ikan gabus tanpa harus menghadapi kendala-kendala tersebut, salah satunya Kapsul Kutuk Channamix.

Kapsul tersebut merupakan produk olahan dari ikan gabus dengan tambahan ekstrak royal jelly yang dapat mempercepat penyembuhan luka pasca persalinan, baik secara normal maupun caesar, diklaim hingga 7 kali lebih cepat.

Kapsul Channamix mengandung ekstrak ikan gabus yang kaya akan asam amino esensial seperti glisin, asam arakidonat, dan asam lemak tak jenuh. Kandungan ini bekerja bersama untuk memberikan efek antiinflamasi dan meningkatkan sintesis prostaglandin, yang membantu tubuh memperbaiki jaringan yang rusak.

Selain itu, Channamix juga mengandung ekstrak royal jelly yang dapat mempercepat penyembuhan luka, menyamarkan bekas luka, dan mengurangi peradangan. Royal jelly ini juga kaya akan asam amino, antioksidan, vitamin, dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Berkat kandungan nutrisinya, Kapsul Channamix juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, yang sangat penting bagi ibu pasca persalinan untuk cepat pulih dan kembali beraktivitas. Kapsul Channamix sudah memiliki izin edar dari BPOM dan sertifikasi halal MUI. Produk ini dibuat dari ikan gabus berkualitas tinggi dan 100 persen bahan herbal alami.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya