Pentingnya meminta Maaf Pada Anak

Ilustrasi anak
Sumber :
  • Pixabay/unsplash

VIVA.co.id – Setiap orang pasti punya kesalahan. Tapi, yang terpenting adalah kita mau mengakuinya dan meminta maaf. Begitu pula orangtua, meski orangtua memegang kendali dalam kehidupan anak-anak, tetap saja akan lebih bijak jika kita mau meminta maaf pada mereka.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Berikut adalah beberapa alasan kenapa meminta maaf pada buah hati penting dilakukan seperti dikutip laman The Asian Parent.

Meminta maaf sama dengan mendidik

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Membangun keluarga yang penuh cinta dan kasih sayang butuh waktu dan usaha. Untuk itu, Anda perlu mendidik buah hati Anda dan meminta maaf ketika Anda berbuat salah adalah salah satu caranya.

Pekerja sosial di Attachment and Bonding Center di Ohio, Amerika Serikat, Regina Kupecky memberikan resep sederhana dalam mendidik buah hati yakni 'lebih banyak mengajarkan, dan lebih sedikit mengatur'. Artinya, meski Anda tengah menegakkan disiplin, mintalah maaf secara tulus ketika Anda kehilangan kesabaran. Penting untuk tidak meluapkan emosi Anda di awal.

Ajak Si Kecil Main Berkualitas di Akhir Pekan, Coba 4 Trik Ini Moms

Meminta maaf memberikan contoh yang baik

Meminta maaf juga menjadi cara yang baik untuk membangun perilaku baik pada buah hati. Anak-anak umumnya mudah dipengaruhi, jadi ketika Anda memberinya contoh dan menunjukkan pentingnya meminta maaf maka mereka akan mengamalkan kebiasaan itu di pergaulannya. Anak yang bisa memahami bahwa tidak ada manusia yang sempurna dan setiap orang bisa berbuat salah akan lebih mudah belajar dari kesalahannya.

Meminta maaf bukan berarti kehilangan wibawa

Ini adalah konsepsi salah yang umum terjadi pada orangtua, bahwa meminta maaf pada buah hati akan membuatnya terlihat lemah dan terlalu fleksibel. Itu sama sekali tidak benar. Jika buah hati Anda menghormati Anda dan mendengarkan ketika Anda bicara, maka meminta maaf ketika Anda salah atau memarahinya tidak akan menghilangkan wibawa Anda. Meminta maaf justru membuat buah hati Anda lebih menghormati Anda.

Minta maaf membuat saling menghormati

Orangtua pasti ingin membesarkan anaknya menjadi orang yang hormat dan pengertian, meminta maaf adalah salah satu caranya. Anak-anak sebenarnya sangat pemaaf dan pengertian. Jadi, jika Anda meminta maaf saat harus meminta maaf, maka buah hati Anda kemungkinan besar akan melakukan hal yang sama.

Minta maaf adalah prilaku yang baik

Meminta maaf karena kesalahan atau sikap buruk yang sudah dilakukan adalah hal yang harus dilakukan. Pemahaman inilah yang Anda teruskan kepada buah hati. Meminta maaf membuat hati menjadi lebih tenang dan dapat memperkuat ikatan Anda dan buah hati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya