Gadget Dominasi Permainan Anak Era Sekarang

Ilustrasi bermain ponsel.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Kemajuan teknologi saat ini memengaruhi permainan anak-anak di masa sekarang. Jika dahulu anak-anak masih senang bermain boneka, kartu, atau mobil-mobilan di lantai rumah, sekarang anak-anak cenderung asyik menatap layar gadget.

Jangan Sampai Terlewat Ramadan Sale di Blibli, Promo Spesial Smartphone iPhone, Samsung dan Oppo

"Dahulu kita main tahu bagaimana rasa atau tekstur rumput, pasir, tanah, dan lainnya. Sekarang, anak hanya tahu lewat gadget. Mereka tahu rumput itu berwarna hijau, tanah berwarna cokelat, tapi mereka tidak tahu bagaimana teksturnya," ujar Psikolog Annelia Saei Sani saat konferensi pers HiLo School Drawing Competition di Wyl's Kitchen, Jakarta, Kamis, 26 Januari 2017.

Anne juga mengungkapkan, dari data tahun 2013 diketahui 70 persen anak usia 11-12 adalah pengguna smartphone. Sementara anak usia 14 tahun 90 persen. Dan, pada dua tahun terakhir, 56 persen anak usia 10-13 tahun memiliki ponsel.

Rekomendasi Sandal Stylish dan Nyaman untuk Hari Raya Lebaran

Yang lebih mengejutkan, saat ini 25 persen anak usia 2-5 tahun sudah dibelikan gadget. Bahkan mereka sudah mengenal simbol dalam game terlebih dahulu sebelum mengenal huruf.

Kalau begitu, manakah yang lebih baik antara permainan dahuludengan sekarang?

Jokowi Lihat Langsung Panen Raya di Sigi: Bagus Hasilnya Capai 6 Ton per Hektare

Menurut Anne, sebenarnya teknologi pun tidak buruk bagi anak. Jika diibaratkan, teknologi sama seperti mata pisau. Bagaimana itu bisa berguna, tergantung pada bagaimana kita memanfaatkannya.

Sebelum kita memanfaatkannya, sebaiknya kita kenali betul teknologi itu. Ketahui secara menyeluruh apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Jika menilik lagi ke belakang, dahulu pun kita juga sudah mengenal gadget seperti televisi, komputer pribadi, dan internet. Jika mau dibandingkan antara gadget dahulu dan sekarang, Anne mengungkap, secara mengejutkan gadget dahulu ternyata lebih buruk dampaknya dibanding gadget modern

"Kenapa? Televisi, komputer pribadi, dan internet membuat anak menjadi lebih pasif. Kalau sekarang gadget bisa dibawa oleh anak sehingga kita bisa memanipulasi mereka untuk belajar selain hiburan," kata Anne.

Itulah kenapa gadget juga dinilai memiliki sisi baik. Tergantung bagaimana kita menyelami sisi baik dan buruknya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya