Demam Anak Indikasi Penyakit Serius atau Bukan? Ini Tandanya

Infeksi Saluran Pernapasan Atas atau ISPA kerap kali diderita anak-anak.
Sumber :
  • Pixabay/unsplash

VIVA.co.id – Cuaca yang cenderung berubah-ubah, membuat si kecil rentan terserang penyakit. Namun, banyak orangtua yang belum memahami tingkat keseriusan penyakit yang memengaruhi kondisi tubuh si kecil.

Yang Harus Dilakukan Orang Tua Saat Anak Mulai Sakit, Dokter: Jangan Diajak ke Mall!

Sebenarnya, tubuh si kecil memang masih rentan dengan kehadiran virus dan bakteri. Namun, orangtua cenderung sulit membedakan kapan kondisinya baik-baik saja atau justru membutuhkan penanganan serius. Karena beberapa jenis penyakit terkadang menunjukkan gejala yang serupa dengan demam ringan.

Dilansir dari laman Today's parent, berikut ini beberapa gejala umum yang bisa membantu orangtua membedakan kondisi tubuh anak ketika sakit.

Moana Sakit, Ria Ricis dan Teuku Ryan Kompak Menjaga

1. Muntah

Terkadang, muntah bukan berarti si kecil dalam kondisi berbahaya. Usai muntah, tunggu selama 30 menit hingga satu jam, apakah terulang kembali atau tidak. Sebab, muntah biasanya tidak hanya disebabkan kondisi sakit, melainkan paparan sinar matahari yang terlalu berlebihan. Bahkan, menangis yang tiada henti, bisa memicu si kecil untuk muntah.

Inara Rusli Nangis, Kecewa Virgoun Tak Bawa Kedua Anaknya yang Sakit ke RS

2. Flu

Jika si kecil mengalami demam disertai flu, mungkin tidak perlu terlalu waspada. Mungkin saja, hal itu tanda-tanda si kecil mengalami alergi pada cuaca yang sedang terjadi.

3. Diare

Kadang, diare memang pertanda berbahaya, karena si kecil bisa kekurangan cairan tubuh. Tapi, coba ingat kembali apa yang sudah dikonsumsi si kecil sebelumnya. Sebab, beberapa jus buah, memiliki serat yang cukup banyak dan membuat si kecil diare tanpa henti.

4. Demam

Banyak virus yang bisa picu perubahan suhu tubuh si kecil. Jika demamnya masih kurang dari 38,5 C dan si kecil tidak merasa terlalu lemas, tidak perlu diwaspadai. Namun, jika demamnya di atas derajat tersebut dan disertai rasa lemas luar biasa, segera awasi terus perubahan pada tubuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya