Efek Negatif Manjakan Anak Sakit

Infeksi Saluran Pernapasan Atas atau ISPA kerap kali diderita anak-anak.
Sumber :
  • Pixabay/unsplash

VIVA.co.id – Setiap orangtua pasti merasa syok bahkan sedih ketika anaknya divonis dengan penyakit mematikan. Tak jarang para orangtua langsung memberikan upaya yang terbaik untuk sang buah hati, dengan harapan bisa segera sembuh. Tak jarang pula para orangtua, menjadi sangat kasihan pada buah hatinya, hingga seringkali memberikan kasih sayang yang berlebihan dan selalu memanjakan.

Yang Harus Dilakukan Orang Tua Saat Anak Mulai Sakit, Dokter: Jangan Diajak ke Mall!

Tapi tahukah Anda, memanjakan anak saat mereka sedang sakit, apapun sakitnya, atau dalam situasi apapun, seperti karena orangtua sibuk bekerja, kemudian di akhir pekan menghabiskan waktu seharian untuk anak bukanlah tindakan yang bisa dibenarkan.

Terlebih jika hal tersebut dilakukan melebihi kemampuan. Mungkin orangtua berpikir dengan memberikan yang terbaik, apapun yang diminta oleh anak adalah bentuk kasih sayang mereka pada anak, padahal hal tersebut merupakan upaya menebus kesalahan, penyesalan pada anak.

Moana Sakit, Ria Ricis dan Teuku Ryan Kompak Menjaga

"Bukan menjadi alasan untuk mengasihani atau manjakan anak, tapi kasih tahu beban kesulitan yang akan dihadapi," kata Psikolog anak, Astrid Wen saat ditemui di Kebayoran Baru,  Jakarta Selatan, Jumat, 17 Februari 2017.

Menurutnya, memanjakan anak secara berlebihan justru berarti menganggap anak sebagai korban. Anak akan mendapat kesan bahwa mereka tidak disayang dengan tulus.

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

"Memanjakan dianggap kasih sayang pada anak. Tapi biasanya ada kelemahan, memanjakan anak berarti menganggap anak kita korban. Yang tadinya berharap anak berpikir positif, kuat, jadinya anak enggak mendapat kesan disayang dengan tulus," ujarnya menjelaskan.

Astrid pun memberikan contoh tentang hal ini. "Sama seperti sibuk bekerja, lalu weekend manjain anak. Itu rasa bersalah kita. Kalau memang anak mau mainan, kita bisa (sesuai kemampuan) kita tulus untuk menyenangkan anak, berikan. Tapi kalau anak enggak butuh, rewel (saat minta), mungkin berontak, itu yang perlu kita cek. Berikan kasih sayang yang lebih menyentuh hati anak, sebenarnya dan sewajarnya."

Nagita Slavina

Pose Menyentuh Nagita Slavina Gendong Baby Lily di Tempat Tidur, Raffi Ahmad: Buah Hati

Nagita Slavina yang menggendong Lily terlihat tersenyum ke arah kamera.

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024